Sukses


Sebelum Drawing 16 Besar Liga Champions, Cek Dulu Nih Hal-Hal yang Wajib Kamu Tahu

Bola.com, Jakarta - Drawing 16 besar Liga Champions akan dilaksanakan pada Senin (7/11/2022) mulai pukul 18.00 WIB. Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum undian tersebut.

Selain Liga Champions, UEFA selaku induk sepak bola Eropa juga akan menggelar drawing Liga Europa dan Conference League. Ketiganya dilaksanakan di tempat yang sama, yakni Nyon, Swiss.

Empat tim Liga Inggris dipastikan lolos ke 16 besar Liga Champions. Tottenham Hotspur, Man City, dan Chelsea berstatus juara grup sehingga akan masuk pot seeded.

Sementara Liverpoool, runner-up Grup A Liga Champions 2022/2023, harap-harap cemas karena bakal berjumpa juara grup, termasuk di antaranya yakni FC Porto, Bayern Munchen, hingga Real Madrid.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kapan Leg Pertama dan Kedua 16 Besar Liga Champions 2022/2023?

Tim yang memenangkan grup mereka akan diundi melawan tim yang menempati posisi kedua di grup. Mereka tidak dapat saling bertemu tim dari negara yang sama atau dari grup yang sama.

Leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2022/2023 akan berlangsung pada 14-15 dan 21-22 Februari, dengan leg kedua pada 7-8 dan 14-15 Maret (waktu setempat).

  • Seeded: Bayern Munchen, Benfica, Chelsea, Man City, Napoli, Porto, Real Madrid, Tottenham.
  • Unseeded: AC Milan, Borussia Dortmund, Club Bruges, Eintracht Frankfurt, Inter Milan, Leipzig, Liverpool, PSG.
3 dari 5 halaman

Skenario

Chelsea, City dan Spurs akan menghadapi salah satu dari AC Milan, Borussia Dortmund, Club Brugge, Eintracht Frankfurt, Inter Milan, Leipzig dan PSG, kecuali tim yang menempati posisi kedua dalam grup mereka (Milan untuk Chelsea, Dortmund untuk City dan Frankfurt untuk Spurs).

Liverpool kemungkinan bersua Bayern Munchen, Benfica, Porto atau Real Madrid - karena tiga dari delapan tim unggulan adalah tim Inggris dan Napoli berstatus juara grup.

The Reds finis kedua meski finis dengan rekor terbaik ketiga di seluruh babak grup Liga Champions 2022/2023 dengan 15 poin.

4 dari 5 halaman

Teruskan Kejutan?

Ada beberapa klub yang sedikit mengejutkan di antara para unggulan, dua di antaranya adalah Napoli dan Benfica.

Bayern Munchen, juara Jerman selama 10 tahun terakhir, dan juara bertahan Liga Champions Real Madrid, satu-satunya tim Spanyol di babak 16 besar masih jadi unggulan terkuat.

Tajuk utama layak disematkan kepada Napoli, yang kekalahannya dari Liverpool pada pertandingan terakhir grup adalah satu-satunya kekalahan mereka sepanjang musim.

Mereka tetap tak terkalahkan dan unggul lima poin di puncak Serie A, dengan beberapa pemain terbaik di Eropa termasuk pemain sensasional Georgia, Khvicha Kvaratskhelia, dan striker Nigeria Victor Osimhen.

Benfica, yang belum pernah kalah dalam pertandingan kompetitif sepanjang musim ini, menyelinap ke unggulan teratas dengan selisih tipis dalam sejarah Liga Champions.

5 dari 5 halaman

Runner-Up Mengerikan

Semua tim pastinya berharap untuk menghindari menghadapi Mbappe, Lionel Messi dan Neymar di PSG.

Tidak banyak tim peringkat kedua lainnya yang menarik perhatian, dengan AC Milan, Inter Milan, Eintracht Frankfurt dan Leipzig semuanya kalah dua kali.

Namun, Inter menyingkirkan Barcelona dan Leipzig hanya finis satu poin di belakang Real Madrid.

Kejutan besar dari babak grup adalah Club Brugge, yang berstatus 'tim terbawah' saat pengundian grup dilakukan, tetapi mencapai babak sistem gugur untuk pertama kalinya sepanjang sejarah keikutsertaan mereka di Liga Champions.

Video Populer

Foto Populer