Sukses


Cristiano Ronaldo Pernah Janji Bakal Pensiun Jika Messi Menang Ballon d'Or 2019, Lah Kok Masih Lanjut?

Bola.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo secara mengejutkan mengklaim dia akan pensiun dari sepak bola jika rivalnya, Lionel Messi, memenangkan Ballon d'Or 2019. Informasi ini tertuang pada biografinya yang dirilis.

Sang penulis, Thierry Marchand, duduk bersama Cristiano Ronaldo pada tahun 2019 untuk merumuskan ide-ide untuk buku tersebut. Mayoritas isi buku itu menceritakan tentang masa kecil pemenang Ballon d'Or lima kali itu, keluarganya, dan teman-temannya.

Namun demikian, ada beberapa bab di mana Cristiano Ronaldo menyinggung soal Lionel Messi. Satu di antaranya ketika dia berujar bahwa pemain Argentina itu pengecut dan tidak mau keluar dari zona nyaman.

"Sangat mudah untuk tetap berada di tempat di mana Anda meraih sukses. Saya mengambil risiko datang ke Turin. Saya berganti klub, liga, budaya sepak bola, saya mengambil risiko dan risiko itulah yang, saya yakin, membuat saya tidak memenangkan Ballon d'Or pada 2018," tulis Cristiano Ronaldo di biografinya seperti dilaporkan L'Equipe.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pensiun Kalau Messi Menang Ballon d'Or 2019

Selain itu, Cristiano Ronaldo juga sesumbar bahwa dirinya akan pensiun kalau Messi meraih gelar Ballon d'Or 2019.

"Jika Messi memenangkan Ballon d'Or tahun ini, saya akan meninggalkan sepak bola."

Messi memang memenangkan Ballon d'Or pada 2019, mengalahkan bek tengah Liverpool Virgil van Dijk. Ronaldo finis ketiga saat saingannya dari Argentina mengklaim Ballon d'Or keenam.

Dua tahun setelah kritik Ronaldo, Messi kemudian meninggalkan Nou Camp pada 2021 untuk bergabung dengan Paris Saint-Germain. Beberapa bulan kemudian, ia memenangkan Ballon d'Or ketujuhnya dan kemenangan Copa America bersama Argentina.

Jadi, terbukti kalau Lionel Messi masih bisa berprestasi di luar Barcelona, kan? Kok Ronaldo masih lanjut berkarier ya?

 

3 dari 5 halaman

Tak Pernah Menang Ballon d'Or Sejak 2017

Sementara itu, Ronaldo belum pernah memenangkan penghargaan tersebut sejak menjadi pemain Real Madrid pada 2017 lalu. Tetapi, mdia tidak berakhir gantung sepatu seperti yang diklaimnya jika Messi memenangkan Ballon d'Or 2019.

Sebaliknya, ia meninggalkan Juventus untuk kembali ke Manchester United tahun lalu. CR7 mencetak 24 gol di musim pertamanya di Inggris, dibandingkan dengan 11 gol Messi untuk PSG.

Namun, situasinya berbalik saat ini, dengan Messi menyumbangkan 12 gol dan 14 assist, dibandingkan dengan tiga gol dan dua assist Ronaldo.

 

4 dari 5 halaman

Padahal Messi Tidak Pernah Menyinggung Ronaldo

Musim lalu, Messi ditanya tentang kritik yang diterima Ronaldo, tetapi pemain Amerika Selatan itu menolak untuk menyerang musuh lamanya.

"Manchester United adalah tim yang sangat kuat dengan pemain hebat. Cristiano sudah mengenal klub, tapi itu di tahap lain dan sekarang dia telah beradaptasi dengan cara yang mengesankan."

"Sejak awal, dia selalu mencetak gol dan tidak ada masalah beradaptasi. Di Premier League, Manchester United tidak sebagus yang kita semua pikirkan, tapi ini adalah kompetisi yang sangat sulit dan bahkan banyak hal yang berubah."

Sumber: The Sun

5 dari 5 halaman

Cara Nonton Liga Inggris Legal dan Aman

Selama tiga tahun ke depan Elang Mahkota Teknologi (Emtek) Group menjadi pemegang hak siar English Premier League (EPL). Kompetisi bergengsi ini akan ditayangkan secara gratis di stasiun televisi SCTV dan bisa dinikmati secara live streaming dengan berlangganan di Vidio. Sobat Bola.com mau tahu detailnya? Klik tautan ini.

 

Video Populer

Foto Populer