Sukses


Eks Pelatih Timnas Spanyol dan Real Madrid Mengakui Lionel Messi Lebih GOAT daripada Cristiano Ronaldo

Bola.com, Jakarta - Keberhasilan Lionel Messi menyabet gelar juara Piala Dunia 2022 bersama Timnas Argentina membuat perdebatan siapa yang lebih layak mendapatkan sebutan Greatest of all Time (GOAT) antara dirinya dan Cristiano Ronaldo makin ramai.

Eks pelatih Timnas Spanyol dan Real Madrid, Vicente del Bosque, pun mengakui Lionel Messi sebagai GOAT yang sebenarnya.

Hampir dalam dua dekade terakhir, perdebatan mengenai siapa yang layak menjadi pemain terbaik mengerucut kepada dua nama saja, yaitu Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Performa keduanya di lapangan hijau memang luar biasa. Setiap musim keduanya berlomba untuk mencetak puluhan gol dan mengoleksi trofi juara sebanyak mungkin.

Entah di level klub maupun tim nasional, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo juga bersaing meraih penghargaan individu, satu di antaranya tentu saja Ballon d'Or yang menjadi lambang supremasi pesepak bola terbaik dunia.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Perdebatan GOAT Berakhir?

Perdebatan mengenai GOAT sendiri diklaim telah berakhir pada tahun ini. Lionel Messi disebut banyak pihak sebagai sosok yang lebih pantas menyandang predikat tersebut ketimbang Cristiano Ronaldo.

Tentu saja pendapat itu datang setelah Lionel Messi berhasil membawa Argentina menjuarai Piala Dunia 2022. Dengan demikian koleksi gelar juaranya pun menjadi lengkap.

Cristiano Ronaldo disebut hampir mustahil menyapai prestasi Messi. Apalagi sekarang ia sudah berusia 37 tahun dan karier di Timnas Portugal tampakknya akan segera berakhir.

3 dari 4 halaman

Vicente Del Bosque Pilih Lionel Messi Ketimbang Cristiano Ronaldo

Perdebatan mengenai siapa yang lebih layak menyandang gelar GOAT antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo ini lantas ditanyakan kepada Vicente del Bosque. Ia ternyata lebih memilih nama Lionel Messi.

Pasalnya, Lionel Messi dinilai lebih unggul dalam dua hal ketimbang Cristiano Ronaldo. Pertama dalam urusan konsistensi dan yang kedua soal kualitas.

"Pemain terbaik yang pernah saya lihat adalah Messi. Dari antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, saya akan memilih Messi," tegasnya kepada Radio Marca.

"Dari semua pemain yang saya kenal selama bertahun-tahun di sepak bola, Lionel Messi, untuk konsistensi dan kualitasnya sebagai pemain, sangat mengesankan bagi saya. Ia memiliki beberapa musim yang fantastis dan selalu memimpin timnya untuk berkembang," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Beda Nasib Messi dan Cristiano di Piala Dunia 2022

Lionel Messi meraih sukses besar bersama Argentina di Piala Dunia 2022. La Pulga selalu menjadi andalan lini serang Tim Tango.

Ini berbeda dengan Cristiano Ronaldo. Ia memang menjadi starter di tiga laga Portugal pada fase grup. Namiun, ia tidak pernah bermain penuh selama 90 menit.

Ketika Portugal bermain di fase knockout, Cristiano Ronaldo pun menjadi pemain cadangan. Selecao akhirnya tersingkir pada perempat final setelah kalah dari Maroko.

Sumber: Radio Marca

Disadur dari: Bola.net (Dimas Ardi Prasetya, published 28/12/2022)

Video Populer

Foto Populer