Sukses


Duka untuk Sang Legenda: Sebelum Pele, Sepak Bola Hanyalah Olahraga

Bola.com, Jakarta - Superstar Timnas Brasil dan PSG, Neymar, berduka mendalam atas meninggalnya legenda sepak bola dunia, Pele. Pele meninggal pada usia 82 di Sao Paolo, Jumat (30/12/2022) dini hari WIB. 

Kepergian Pele menjadi kehilangan besar bagi sepak bola dunia. Dia merupakan satu di antara sedikit pesepak bola terbaik sepanjang masa. 

Bahkan, Pele punya rekor yang hingga kini belum bisa disaingi pemain mana pun, termasuk Diego Maradona hingga Lionel Messi. Ia merupakan satu-satunya pemain yang mengoleksi tiga trofi Piala Dunia. 

Ya, Pele berhasil membawa Tim Samba merengkuh gelar juara dunia pada 1958, 1962, dan 1970. Sayangnya, pada 1966 Brasil gagal lolos dari fase grup. 

Sepak bola dunia pun berduka atas kepergian Pele. Tak sedikit yang syok dan berduka mendalam, satu di antaranya Neymar. 

Menurut Neymar, Pele adalah sosok yang mengubah sepak bola menjadi seni. Bukan hanya sekadar olahraga biasa. 

 

2 dari 4 halaman

Ucapan Menyentuh Neymar untuk Pele

 

Ucapan duka cita dan penghargaan tinggi untuk Pele disampaikan Neymar melalui unggahan di media sosial miliknya.  Dijuluki O Rei alias Sang Raja), Pele mencetak lebih dari 1.000 gol sebelum pensiun di ajang resmi dan uji coba pada 1977.

"Sebelum Pele, 10 hanyalah angka," tulis pewaris nomor punggung Pele yang terkenal itu di Instagram, seperti dikutip AFP.

"Tapi kalimat indah itu tidak lengkap. Saya bisa mengatakan sebelum Pele, sepak bola hanyalah olahraga."

"Dia mengubah sepak bola menjadi seni, menjadi hiburan. Sepak bola dan Brazil memperoleh status berkat sang Raja. Dia telah pergi, tetapi keajaibannya akan tetap ada. Pele adalah Abadi!" imbuh Neymar. 

 

3 dari 4 halaman

Duka Lionel Messi

Bintang Argentina, Lionel Messi, juga mengirim ucapan duka cita. "Beristirahatlah dengan tenang, Pele," tulis Messi melalui akun media sosial miliknya. 

Hubungan Messi dan Pele selama ini harmoni, dan saling mendukung. Bahkan, Pele mengirim pesan menyentuh setelah Lionel Messi memimpin Timnas Argentina merengkuh trofi Piala Dunia 2022. Dalam pesannya itu, Pele menyebut nama Diego Maradona. 

Argentina menjadi kampiun Piala Dunia 2022 setelah menaklukkan Prancis pada final Piala Dunia 2022, Senin (19/12/2022) dini hari WIB, melalui adu penalti dengan skor 4-2. Pertandingan harus diakhiri dengan adu tos-tosan setelah hingga 120 menit skor masih 3-3. 

Pada laga tersebut Messi mencetak brace alias dua gol. Adapun tiga gol Prancis diborong sang superstar Kylian Mbappe. 

Banyak yang menyebut final Piala Dunia 2022 merupakan yang terbaik sepanjang sejarah. Pele juga mengamini klaim tersebut. 

"Hari ini sepak bola kembali menyuguhkan kisahnya, selalu seperti itu, dengan cara yang luar biasa," kata Pele melalui akun Instagramnya. 

 

4 dari 4 halaman

Beri Selamat ke Messi

Menurut Pele, Messi sangat layak mendapatkan gelar Piala Dunia 2022. Ini merupakan titel pertamanya di ajang Piala Dunia, dan yang perdana bagi Argentina sejak 1986. 

"Leo Messi memenangi Piala Dunia untuk kali pertama, yang layak untuk kariernya. Teman saya, Kylian Mbappe, mencetak empat gol di final (termasuk penalti). Sungguh suatu anugerah melihat tontonan ini untuk masa depan olahraga kita," tutur Pele. 

"Saya tidak bisa berhenti memberi selamat kepada Maroko atas petualangan yang luar biasa. Sangat luar biasa melihat Afrika bersinar." 

"Selamat, Argentia! Diego (Maradona) pasti tersenyum sekarang," imbuhnya.

Sumber: Independent, Sportbible 

Video Populer

Foto Populer