Sukses


5 Winger Kiri Paling Mentereng di Dunia Saat Ini: Kualitasnya Tak Kaleng-kaleng

Bola.com, Jakarta - Ada apa dengan Liverpool? Tahun baru bukannya semangat baru, malah loyo saat bentrok kontra Brentford, Selasa (3/1/2023) dini hari WIB. Bertandang ke Gtech Community Stadium dalam lanjutan Premier League 2022/2203, The Reds dihajar 1-3.

Kekalahan yang tak masuk akal, mengingat armada Jurgen Klopp jauh mendominasi permainan dengan 75 persen penguasaan bola. Hasil negatif ini membuat Liverpool masih tertatih-tatih di posisi keenam klasemen sementara dengan torehan 28 poin.

Apakah kekalahan ini lantaran winger kiri anyar mereka, Cody Gakpo, tidak tampil? Bisa jadi.

Dalam sepak bola, menang tidaknya tim sangat bergantung kepada kekuatan serbuan dari sisi kiri. Oleh karena itulah, seperti halnya gelandang atau striker, winger kiri punya peran vital.

Wajar kemudian mengapa klub-klub beken Eropa seperti Liverpool rela mengeluarkan dana berkarung-karung demi mendapatkan seorang winger tokcer. Gakpo misalnya, didaratkan ke Anfield belum lama ini dari PSV Eindhoven dengan nilai transfer 37 juta pound atau sekitar Rp 694 miliar.

Klopp, sang pelatih, menyatakan bahwa sang Gakpo belum bisa dimainkan. Jika tak ada aral melintang, bintang berusia 23 tahun itu baru bisa diturunkan saat bertanding melawan Wolves di ajang Piala FA pekan depan.

"Kami belum mau terburu-buru. Kemungkinan besar saat melawan Wolves," kata Klopp, dilansir laman resmi Liverpool.

Fans, bahkan seluruh penikmat Premier League di seluruh dunia pastinya sudah tak sabar ingin menyaksikan aksi Gakpo. Jika bisa tampil ciamik sepanjang tahun ini, maka Gakpo bakal kembali masuk daftar bek kiri terbaik 2023.

Lantas, siapa gerangan winger terbaik dunia 2022? Mari kita sambut dengan dua jempol ke atas. 

 

2 dari 6 halaman

1. Rafael Leao (Portugal, AC Milan)

Jagoan berusia 23 tahun itu kini jadi idola baru Milanisti. Diboyong dari Lille pada 2019, Leao langsung tancap gas.

Aksi gilanya di sisi kiri membuat Milan menjadi yang terhebat di Serie A 2021/2202. Sepanjang musim yang indah itu, Leao mengoleksi 11 gol dan 10 assist dalam 34 laga.

Musim ini, Leao juga maknyus. Sejauh ini dia sudah mengepak tujuh gol dan delapan assist dalam 19 duel.

Di Piala Dunia 2022 yang baru saja berlalu, si jangkung sangar itu juga memukau bersama Timnas Portugal. Walau akhirnya tersingkir di babak perempat final, namun Leao memukau dalam empat laga bersama Seleccao das Quinas.

 

3 dari 6 halaman

2. Cody Gakpo (Belanda, PSV Eindhoven/Liverpool)

Banyak klub kecele, terlebih Manchester United. Jauh-jauh hari sudah pendekatan dan lobi-lobi, eh Gakpo malah merapat ke Anfield.

Gakpo menjalani tahun 2022 yang luar biasa. Dia pertama kali mengumumkan dirinya kepada dunia dengan penampilannya untuk PSV Eindhoven.

Selama Piala Dunia 2022, dia membuktikan dirinya layak dipuji setinggi langit. Hebatnya, Gakpo tak cuma mumpuni di sayap kiri tapi juga bisa diandalkan di lini tengah sebagai gelandang.

Sebelum ke Liverpool, Gakpo mencetak enam gol dan dua assist dalam 14 pertandingan Eredivisie di paruh kedua musim 2021/2022.

 

4 dari 6 halaman

3. Neymar (Brasil, Paris Saint-Germain)

Meski gagal bersama Timnas Brasil di Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar, Neymar tetap sosok yang luar biasa sepanjang tahun lalu.

Dalam 12 pertandingan Ligue 1 di paruh kedua musim 2021/2022, Neymar mencetak 10 gol dan tiga assist.

Dia tampil di pertandingan babak 16 besar Liga Champions 2021/2022 melawan Real Madrid yang berakir dengan kalah agregat 2-3. Musim ini, pemain sayap kiri berusia 30 tahun itu tampil maksimal di Ligue 1 dan Liga Champions 2022/2023.

Eks Barcelona itu sudah mencetak 11 gol dan 10 assist dalam 15 pertandingan liga. Di Eropa, Neymar mengantongi dua gol dan tiga assist dalam lima pertandingan.

 

5 dari 6 halaman

4. Sadio Mane (Senegal, Liverpool/Bayern Munich)

Mantan tukan gedor Liverpool yang kini memperkuat Bayern Munchen itu merupakan pemain sayap kiri yang memiliki kecepatan dan kegigihan.

Di fase gugur Liga Champions 2021/202, Mane mencetak tiga gol dan memberikan assist dalam tujuh pertandingan. Sayang, di final, The Merseysiders 0-1 dari Real Madrid.

Sebelum cabut ke Jerman, Mane mencetak sembilan gol dan dua assist dalam 16 pertandingan.

Di semifinal Piala FA, Mane mencetak dua gol untuk membawa timnya menang 3-2 atas Manchester City. Di partai puncak, Mane cs. mengalahkan Chelsea via adu penalti. Mane juga bermain di final Piala EFL dan mereka kembali mengalahkan Chelsea dalam drama adu penalti.

Winger berusia 30 tahun itu lalu bergabung dengan Die Roten pada musim panas 2022 dan sejauh ini telah mencetak 11 gol serta empat assist dalam 23 pertandingan di semua kompetisi.

Sial, Mane harus absen di Piala Dunia 2022. Cedera yang tak kunjung membaik membuatnya harus jadi penonton setia Timnas Senegal.

 

6 dari 6 halaman

5. Vinicius Junior (Brasil, Real Madrid)

Seperti rekan senegaranya, Neymar di PSG, Vinicius Junior juga menikmati tahun yang luar biasa di Real Madrid.

Talenta muda Brasil ini berkembang pesat di bawah asuhan Carlo Ancelotti. Pilar berusia 22 tahun itu memainkan peran penting saat Los Blancos mengantongi treble yakni Liga Champions, La Liga, serta Piala Super Spanyol 2021/2022 .

Musim ini, Vinicius menjelma sebagai pencetak gol terbanyak Madrid di semua kompetisi. Di La Liga, ia telah membukukan enam gol dan tiga assist dalam 15 pertandingan serta empat gol dan satu assist dalam enam pertandingan Liga Champions 2022/2023.

Kapan ya Indonesia punya winger kiri berkelas kayak mereka ini?

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer