Sukses


Efek Besar Kepindahan Cristiano Ronaldo bagi Liga Arab Saudi: Kepakkan Sayap ke 36 Negara, termasuk Indonesia

Bola.com, Jakarta - Kepindahan Cristiano Ronaldo ke Al-Nassr sudah memecahkan rekor di dalam dan luar lapangan. Efek kedatangan Ronaldo ke Arab Saudi terasa hingga seluruh dunia bahkan Indonesia.

Menurut laporan dari media Spanyol AS, kedatangan para pemain di Liga Pro Saudi telah membantu negara Timur Tengah itu menyiarkan liga mereka ke 36 negara baru. Negara tersebut tersebar dari Asia, hingga Eropa.

Saudi Pro League (SPL) menunjuk IMG untuk menjual hak siar liga Arab Saudi ke berbagai negara Eropa dan negara lain di seluruh dunia. Pada kenyataannya, perusahaan manajemen olahraga itu telah melakukan pekerjaan yang luar biasa.

IMG berhasil menjual hak siaran langsung ke negara-negara seperti Prancis, Portugal, Jerman, Meksiko, dan banyak lagi. Turki, Italia, Inggris, Irlandia bahkan Indonesia termasuk di antara negara-negara lainnya.

Namun bukan berarti kesuksesaan hak siar siaran langsung Liga Arab Saudi ini berkat kecerdikan manajemen pemasaran IMG. Akan tetapi, faktor penentunya adalah Cristiano Ronaldo.

 

2 dari 3 halaman

Ironi Ronaldo

Sebanyak 36 negara baru yang membeli hak siar siaran langsung Saudi Pro League ini tentu saja ingin melihat aksi Cristiano Ronaldo. Namun, ada hal ironisyang terjadi dalam bintang asal Portugal ini.

Mantan bintang Manchester United ini telah memainkan empat laga bagi Al Nassr, di mana tiga di SPL dan satu laga semifinal Piala Super Saudi. Tetapi, Ronaldo baru mencetak satu gol dan gagal mengantar Al-Nassr ke final Piala Super Saudi.

 

3 dari 3 halaman

Pendapat Kaka soal Ronaldo

Sebelumnya, mantan rekan Ronaldo di Real Madrid, Kaka, sempat mengomentari kepindaah temannya itu ke Arab Saudi. Mantan bintang sepak bola Brasil itu yakin Ronaldo belum akan pensiun di Al-Nassr.

Kaka menambahkan pemain spesial seperti Ronaldo membawa mentalitas pemenang ke tim mana pun. "Jika mereka menang, itu bagus, jika tidak, itu tidak masalah," kata Kaka.

Sumber: SportsKeeda

Video Populer

Foto Populer