Sukses


5 Kiper Terhebat Musim Ini, Maaf Penjaga Gawang MU Minggir Dulu

Bola.com, Jakarta - Atribut apa yang harus dimiliki penjaga gawang terbaik di dunia? Peran kiper memang tidak seperti pemain lain.

Kiper menjadi pemain awal yang membangun serangan ketika mendapatkan tendangan gawang. Selain itu, kiper juga menjadi pemain terakhir di garis pertahanan supaya lawan tidak membobol gawang mereka.

Banyak orang berpendapat sebuah tim hebat tidak hanya butuh memiliki striker tajam yang mencetak banyak gol, tetapi juga harus memiliki kiper hebat. Dengan kiper hebat ini, tim tidak akan mudah kebobolan .

Di era modern, bahkan kiper tidak hanya berdiam diri di bawah gawangnya. Penjaga gawang juga dituntut bisa membangun serangan dari belakang dengan mengalirkan bola ke setiap lini melalui umpan yang akurat dan terukur.

Berikut lima penjaga gawang terbaik di dunia musim ini. Catatan ini berdasarkan kriteria kiper serba bisa dengan statistik yang mumpuni serta sangat hebat di momen krusial.

 

2 dari 6 halaman

5. Ederson (Manchester City)

Banyak orang menyebut Ederson sebagai penjaga gawang paling berpengaruh di Premier League sejak Petr Cech. Penjaga gawang yang tidak takut untuk memainkan bola di kakinya yang membuat strategi Pep Guardiola untuk mempertahankan bola sebanyak mungkin menjadi sukses.

Tidak hanya jitu mengirimkan umpan ke setiap rekannya, Ederson juga memiliki refleks yang bagus saat menyelamatkan gawang. Itu yang membuatnya meraih tiga Sarung Tangan Emas Premier League dalam tiga musim terakhir.

 

3 dari 6 halaman

4. Nick Pope (Newcastle United)

Dia bahkan bukan hanya penjaga gawang nomor satu Timnas Inggris, Nick Pope bisa dibilang kiper terbaik Premier League musim ini. Berkat penampilan gemilangnya Newcastle hanya kemasukan 17 gol, alias menjadi klub dengan jumlah kebobolan paling sedikit musim ini.

Newcastle memiliki pertahanan yang sangat baik tetapi Pope tampil dengan sejumlah penyelamatan yang luar biasa dalam beberapa laga. Namanya tidak hanya melejit di Inggris tetapi juga di Eropa kerena jumlah clean sheet-nya menjadi nomor dua di Benua Biru musim ini.

 

4 dari 6 halaman

3. Marc-Andre Ter Stegen (Barcelona)

Nick Pope hanya kalah dari Marc-Andre Ter Stegen untuk urusan paling banyak melakukan clean sheet di liga top Eropa. Berkat kehebatan kiper asal Jerman ini, Barcelona baru kebobolan delapan gol musim ini.

Prestasi Ter Stegen bisa dibilang karena racikan Xavi Hernandez yang membuat Barcelona unggul penguasaan bola dan mengurangi lawan menciptakan peluang. Akan tetapi, dari statistik, ada lima penyelamatan emas yang dilakukan Ter Stegen musim ini.

 

5 dari 6 halaman

2. Thibaut Courtois (Real Madrid)

Real Madrid tengah terpuruk musim ini bahkan kebobolan 18 gol di La Liga. Meski demikian Thibaut Courtois masih menjadi yang terhebat di Eropa dengan jumlah upaya menghentikan tembakan lawan yang mengarah ke gawangnya.

Kemampuannya melepaskan umpan juga semakin matang. Selain itu kemampuannya sebagai seorang pemimpin juga sering dia tunjukkan kala menenangkan rekan-rekannya yang begitu menghormatinya.

 

6 dari 6 halaman

1. Alisson (Liverpool)

Tidak hanya Ederson yang berperan sebagai kiper dengan skill hebat menggiring bola dan memberikan umpan. Alisson juga hebat saat menggiring bola, memberikan umpan, dan menghentikan tembakan lawan.

Liverpool tidak terlalu dalam terpuruk karena kemampuan hebat Alisson yang bahkan sukses melakukan sembilan penyelamatan ketika menghadapi situasi satu lawan satu. Bisa dibilang, Alisson satu-satunya pemain yang bermain secara konsisten di Liverpool musim ini.

Sumber: Four Four Two

Video Populer

Foto Populer