Sukses


6 Pemain Muda Berbakat yang Dipuji Pep Guardiola, Jadi Apa Mereka Sekarang?

Bola.com, Jakarta - Manajer Manchester City, Pep Guardiola, tidak pernah pelit memuji pemain muda yang tampil cemerlang.

Pep Guardiola adalah penilai bakat yang jitu setelah 15 tahun berpengalaman sebagai manajer. Guardiola mengawasi perkembangan beberapa pemain terbaik era modern selama bertugas di Barcelona, Bayern Munchen, dan Manchester City.

Dia telah membantu pemain seperti Lionel Messi, David Alaba, dan Kevin De Bruyne menjadi salah satu pemain terbaik dunia. "Dia terlihat kurus, tidak kuat, tapi dia sangat hebat. Dia pemain muda yang luar biasa, saya pikir Inggris beruntung memilikinya," kata Pep untuk Phil Foden, Desember 2018 saat sang pemain berusia 18 tahun.

Mengembangkan pemain muda bukan proses mudah, karena akan mengalami pasang surut. Namun, pendapat seseorang yang berpengalaman dan berpengaruh seperti Guardiola tentu saja diperhitungkan.

Berikut enam pemain muda yang mendapatkan perhatian Pep Guardiola. Kata-kata dari Pep Guardiola ini bisa saja mengubah karier mereka jadi makin cemerlang.

 

2 dari 7 halaman

1. Alex Scott

Guardiola berada di Bristol pada 1 Maret 2023 untuk pertandingan putaran kelima Piala FA Manchester City melawan Bristol City. The Citizen menang 3-0 berkat dua gol dari Foden dan satu gol dari De Bruyne, tetapi ia tetap terkesan dengan tim asuhan Nigel Pearson yang dalam 12 laganya tidak terkalahkan.

Guardiola menaruh perhatian pada gelandang berusia 19, Alex Scott. "Scott adalah pemain yang sangat bagus. Pemain yang luar biasa dan Scott masih muda yang berbakat," ujar Pep mengomentari pemain Timnas Inggris U-20 tersebut.

 

3 dari 7 halaman

2. Gabriel Martinelli

Martinelli membukukan 116 penampilan untuk Arsenal meski masih berusia 21 tahun dan mengoleksi 27 gol serta 16 assist untuk klub musim ini. Guardiola juga mengomentari Martinelli kala City menang 3-1 atas Arsenal bulan lalu.

"Ya bagus, tapi Martinelli adalah senjata yang luar biasa," kata Guardiola. Ucapan Pep ternyata memang terbukti, kecepatan Martinelli merupakan ancaman nyata bagi setiap lawan seperti yang dia lakukan saat menghadapi Aston Villa bulan lalu.

 

4 dari 7 halaman

3. Rico Lewis

Beberapa bulan terakhir Lewis memantapkan diri sebagai pemain reguler Manchester City. Lulusan akademi Man City tersebut baru berusia 18 tahun, tetapi telah mendapatkan kepercayaan Guardiola yang membuat sang manajer bahkan berani meminjamkan Joao Cancelo ke Bayern Munchen.

"Rico membantu kami bermain lebih baik dan memiliki kemampuan. Dia anak muda. Dia membuat permainan menjadi lebih baik. Setiap gerakan dan pengambilan posisi bagus. Dia adalah Philipp Lahm kecil kami," kata Pep.

 

5 dari 7 halaman

4. Jude Bellingham

Bellingham sudah mapan sebagai salah satu pemain muda terbaik di dunia, jadi tidak membutuhkan pujian Guardiola. Namun, pemain berusia 19 tahun itu juga mendapatkan pujian dari Guardiola.

"Dia mampu bertahan mengikuti Ilkay Gundogan atau Kevin De Bruyne di tengah dan memenangi duel. Transisinya cepat, punya insting untuk masuk ke kotak penalti demi gol. Pemain yang luar biasa," kata Pep.

 

6 dari 7 halaman

5. Maximo Perrone

Perrone adalah pemain tambahan untuk skuad Man City Januari setelah didatangkan dari Velez Sarsfield dengan transfer 8 juta dolar AS. Gelandang berusia 20 tahun itu tampil pertama kali di sepak bola Inggris saat menjadi pengganti pada menit ke-72. City menang 4-1 atas Bournemouth pada laga itu.

"Wow, dia bergerak dengan baik," kata Guardiola. "Kualitas individu benar-benar ada. Dia akan tumbuh bersama kami, untuk ritme, untuk fisik. Kami memang mencari pemain yang bermain di ruang kecil, dia sangat, sangat bagus," ungkap Pep.

 

7 dari 7 halaman

6. Samuel Edozie

Edozie, winger yang sekarang berusia 20 tahun, dipinjamkan dari Man City ke Southampton yang terancam degradasi. Pada pramusim awal musim ini, Edozie menjalani tur pramusim bersama Manchester City dan membuat Pep Guardiola terpukau.

"Sebagai talenta muda, dia memiliki kualitas spesial. Dia pemain yang masuk ke kotak penalti dengan niat untuk mencetak gol, ini sangat penting bagi pemain sayap. Dia pemain muda yang luar biasa dengan kecepatan yang bagus dan tunggu waktunya dia bersinar," ungkap Guardiola.

Sumber: Mirror

 

Video Populer

Foto Populer