Sukses


Liga Champions: Gawang Bayern Munchen Terselamatkan, Yann Sommer Bakal Bawa 1 Truk Cokelat untuk Matthijs de Ligt

Bola.com, Jakarta - Kiper Bayern Munchen, Yann Sommer, merasa ucapan terima kasih saja tidak cukup untuk jasa rekan setimnya, Matthijs de Ligt, yang menyelamatkan gawangnya saat menghadapi Paris Saint-Germain (PSG) pada leg kedua 16 besar Liga Champions, Kamis (9/3/2023) dini hari WIB. Sommer merasa harus memberikan satu truk cokelat Swiss kepada De Ligt.

Tanpa sapuan yang dilakukan Matthijs de Ligt, Bayern Munchen mungkin tidak akan bisa mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 2-0 atas PSG. Beruntung gawang Sommer terselamatkan dan tetap mencatatkan clean sheet.

Sommer melakukan blunder yang nyaris berujung gol pada menit ke-38. Kiper asal Swiss itu mendapatkan gangguan dari Achraf Hakimi saat hendak membangun serangan dari belakang.

Melewati Hakimi, umpannya ke depan malah dipotong dengan cepat oleh Vitinha. Gelandang PSG itu lantas menendang bola ke gawang kosong.

Namun, Matthijs de Ligt membaca situasi krusial tersebut. Pemain asal Belanda itu pun berlari menutup jalur tendangan Vitinha dan menggagalkan gol PSG dengan sapuan bola persis di garis gawang Bayern Munchen.

2 dari 4 halaman

Salah Perhitungan

Menurut Sommer, kesalahannya itu terjadi karena salah perhitungan. Saat sudah melewati Hakimi, ia hendak mengumpan ke Josip Stanisic, tetapi bolanya direbut oleh Vitinha.

"Saya punya solusi untuk memberikan umpan ke Stanisic, tetapi jalur umpan itu tertutup. Lalu saya tidak punya opsi lainnya," katanya kepada DAZN.

Kiper Bayern Munchen berterima kasih kepada De Ligt yang berhasil melakukan sapuan tepat di detik terakhir sebelum masuk ke gawang. "Saya akan memberinya truk yang penuh dengan cokelat Swiss di depan rumahnya!" ucap dia.

3 dari 4 halaman

Bisa Berbeda Situasi

Apabila PSG bisa mencuri gol dari kesalahan itu, Sommer yakin jalannya pertandingan bisa berbeda. Sebab, Bayern Munchen cuma unggul agregat dengan margin satu gol kala itu.

"Sungguh tidak bisa dipercaya soal apa yang dilakukan de Ligt di sana. Tentunya saya tidak senang dengan apa yang telah saya lakukan," jelas dia.

"Luar biasa bagaimana cara dia berpikir dan menyelamatkan saya. Jika saja itu gagal diselamatkan, pertandingan ini bakal sangat berbeda," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Rekor Clean Sheet

Amannya gawang Bayern Munchen dari kebobolan memperpanjang rekor nirbobol mereka di Liga Champions musim ini.

Dari total delapan pertandingan yang sudah dimainkan, Die Rotten telah mencatatkan tujuh kali nirbobol.

Tidak hanya itu, Munchen baru kebobolan dua kali dari delapan laga itu. Dan dua gol itu dicetak oleh Viktoria Plzen.

Sumber: DAZN

Disadur dari: Bola.net (Abdi Rafi Akmal, published 9/3/2023)

Video Populer

Foto Populer