Sukses


6 Klub Paling Sering ke Perempat Final Liga Champions: Bayern Munchen Teratas, tapi Trofi Juara Lebih Banyak Real Madrid

Bola.com, Jakarta - Leg kedua 16 besar Liga Champions akan segera rampung pada pekan ini, di mana masih akan ada empat klub lagi yang akan lolos ke perempat final.

Setelah empat tim memastikan diri melangkah ke perempat final pada tengah pekan lalu, kini delapan tim masih akan memperebutkan empat slot tersisa di perempat final Liga Champions, dan tak satu pun sudah terjamin mendapatkan satu di antara empat slot itu.

Sejauh ini empat tim yang sudah lolos ke perempat final adalah Chelsea, Bayern Munchen, AC Milan, dan Benfica.

Chelsea ke perempat final setelah menang agregat 2-1 atas Borussia Dortmund, kemudian Benfica menang 7-1 secara agregat atas Club Brugge, Bayern Munchen menang 3-0 secara agregat ats PSG, dan AC Milan menang agregat 1-0 atas Tottenham Hotspur.

Sementara itu, empat tiket lain akan diperebutkan oleh RB Leipzig dan Man City, Liverpool dan Real Madrid, Eintracht Frankfurt dan Napoli, serta Inter Milan dan Porto. Keempat laga itu akan digelar pada Rabu dan Kamis, 15 dan 16 Maret dini hari WIB.

Satu hal yang pasti, ketika sampai di perempat final, jalan menuju tangga juara sudah tak jauh lagi. Delapan tim yang sampai di fase perempat final adalah tim-tim terbaik yang sudah sulit diprediksi siapa yang akan menang dan lolos ke babak selanjutnya.

Biasanya, tim-tim yang langganan sampai ke perempat final, pernah merasakan bagaimana semakin ketatnya laga semifinal dan final Liga Champions. Berikut tim-tim yang terkenal menjadi langganan dan paling sering melangkah hingga ke perempat final di Liga Champions:

 

2 dari 7 halaman

6. Juventus (12 kali)

Juventus merupakan satu di antara wakil Italia yang dalam sejarahnya kerap melaju jauh di Liga Champions. Tercatat Bianconeri pernah 12 kali mencapai perempat final kompetisi elite Eropa itu.

Juventus gagal lolos dari fase grup pada musim ini, dan mereka pun menargetkan bisa mencapai perempat final ke-13 pada musim depan.

Namun, mengingat mereka baru saja kehilangan 15 poin karena hukuman dari FIGC, yang membuat mereka terperosok ke papan tengah, tampaknya Juventus akan sulit untuk bisa menembus Liga Champions musim depan.

3 dari 7 halaman

5. Chelsea (12 kali)

 

Terakhir kali Chelsea menjadi juara Liga Champions adalah pada musim 2020/2021. The Blues juga masuk dalam jajaran klub yang paling sering berlaga di perempat final Liga Champions.

Keberhasilan Chelsea mengalahkan Borussia Dortmund dengan agregat 2-1 membuat tim asuhan Graham Potter ini melangkah ke perempat final untuk ke-12 kalinya.

4 dari 7 halaman

4. Manchester United (14 kali)

Manchester United belakangan seperti kehilangan tempatnya di Liga Champions. Namun, mereka masih menjadi satu di antara kompetitor yang sangat sering tampil di perempat final dalam sejarah Liga Champions.

Manchester United tercatat sudah 14 kali sampai di perempat final, di mana mereka juga tercatat empat kali sampai final dan tiga kali menjadi juara.

Setelah gagal pada musim ini, MU kini punya kans untuk mencatatkan perempat final ke-15 pada musim depan. Itupun jika mereka bisa konsisten untuk tampil apik di fase grup musim depan.

5 dari 7 halaman

3. Barcelona (18 kali)

 

Dengan performa yang mengecewakan di fase grup saat ini, Barcelona tak lagi ada di persaingan memperebutkan gelar juara Liga Champions. Bahkan mereka juga sudah tersingkir dari Liga Europa.

Padahal dalam sejarahnya, Barcelona tercatat 18 kali mencapai perempat final, di mana delapan di antarnya mencapai final dan meraih 5 trofi juara.

Setelah ditinggalkan Lionel Messi, Barcelona memang belum pernah sekalipun lolos ke fase knockout Liga Champions dalam dua musim terakhir.

Mampukah mereka melakukannya pada musim depan? Mengingat mereka kini berada di puncak klasemen La Liga Spanyol dan berpeluang besar kembali ke Liga Champions musim depan.

6 dari 7 halaman

2. Real Madrid (18 kali)

 

Real Madrid adalah satu lagi tim Spanyol yang sangat dominan di Liga Champions. Los Blancos, julukannya, dikenal menjadi langganan juara.

Mereka tercatat 18 kali lolos ke perempat final dan sudah 14 kali meraih trofi juara.

Jika berhasil menyingkirkan Liverpool pada 16 besar Liga Champions musim ini, artinya Real Madrid akan tercatat 19 kali mencapai perempat final Liga Champions.

7 dari 7 halaman

1. Bayern Munchen (21 kali)

 

Bayern Munchen berhasil mengalahkan PSG dengan agregat 3-0 pada 16 besar Liga Champions musim ini dan berhasil lolos ke perempat final.

Perempat final Liga Champions musim ini menjadi yang ke-21 kalinya bagi Bayern Munchen, membuat mereka menjadi tim yang paling sering menjadi langganan mencapai perempat final Liga Champions.

Bayern Munchen pun tengah mengincar gelar juara Liga Champions ketujuh mereka pada musim ini. Bayern Munchen tercatat 11 kali mencapai final, di mana enam di antaranya menjadi juara.

Sumber: Khel Now

Video Populer

Foto Populer