Sukses


Cristiano Ronaldo Dibilang Mirip Diego Maradona, Lho Kok Bisa?

Bola.com, Jakarta - Perdebatan tentang Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo terus terjadi selama lebih dari satu dekade terakhir. Bahkan, kedua pemain juga dibandingkan dengan legenda sepak bola lainnya seperti Pele dan Diego Maradona.

Namun, mantan manajer Benfica Jorge Jesus memiliki pendekatan yang agak tidak biasa terhadap perdebatan tidak berujung itu. Lantaran berasal dari Portugal, Jorge Jesus mengatakan Ronaldo lebih baik daripada Messi.

Pada 2020, Jorge menyebut Ronaldo, alias bukan messi, yang lebih mirip dengan Maradona karena semangat yang ditunjukkannya. Dia juga menobatkan juara Piala Dunia 1986 tersebut sebagai pemain terhebat dalam sejarah, begitu juga Pele.

"Maradona adalah pemain terbaik yang pernah ada, bersama Pele. Pele masih di sini, dia masih hidup (wawancara dilakukan sebelum kematian Pele pada Desember 2022]," kata Jorge.

Lalu menurut Jorge, siapakah di antara Pele, Maradona, Cristiano Ronaldo dan Messi yang paling hebat? Simak ceritanya lebih lanjut berikut ini.

 

2 dari 5 halaman

Maradona Lebih Hebat

Jika membandingkan antara Pele dan Maradona, Jorge tanpa ragu menjatuhkan pilihan. Dia menyebut Maradona yang paling hebat meski Pele menjuarai tiga edisi Piala Dunia.

"Maradona lebih hebat, bukan hanya karena genius tetapi karena cara dia menunjukkannya," ungkapnya.

"Bagi saya itu membuat perbedaan. Dia benar-benar berkelas dunia tetapi memiliki hasrat untuk sepak bola. Dia dilahirkan untuk menjadi pesepak bola, dengan segalanya," lanjutnya.

 

3 dari 5 halaman

Ronaldo Mirip Maradona

Lalu jika membandingkan antara Ronaldo atau Messi yang mendekati Maradona, Jorge menyebut nama Ronaldo. "Di antara dua yang terbaik di dunia, Cristiano Ronaldo agak mirip Maradona," ujar Jorge.

"Messi tidak punya apa-apa. Dia tidak memiliki gairah apa pun. Messi adalah pemain hebat. Tapi kita berbicara tentang kehidupan dan perasaan, memiliki hasrat untuk permainan dan sepak bola. Saya pikir Maradona berada di atas siapa pun dalam hal itu," sambungnya.

 

4 dari 5 halaman

Masih Berpengaruh

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo mungkin semakin mendekati akhir karier masing-masing. Namun, mereka mereka tetap berpengaruh dalam sepak bola.

Messi menang mengawali kariernya di PSG dengan lambat, tetapi perlahan menunjukkan tajinya. Dia mencatatkan 18 gol dan 16 assist dalam 29 pertandingan PSG musim ini. 

Sementara itu, bintang Portugal, Cristiano Ronaldo telah mengantongi delapan gol dan dua assist untuk Al-Nassr dalam dua pertandingan sejak bergabung pada musim dingin. Dia masih menikmati karier sepak bola meski sudah berusia 38 tahun.

 

5 dari 5 halaman

Messi GOAT Sejati

Banyak penggemar sepak bola menyebut Lionel Messi telah menyelesaikan debat GOAT dengan Cristiano Ronaldo menyusul kemenangan Argentina di Piala Dunia 2022. Pakar sepak bola Paul Merson mengklaim penyerang PSG itu akhirnya mengungguli Ronaldo selepas kemenangan di Qatar.

"Bagi saya, Messi telah menyelesaikan perdebatan dari Cristiano Ronaldo. Saya dulu terpecah di tengah tetapi Messi dan Maradona memiliki bakat paling alami yang pernah saya lihat sepanjang hidup saya," ungkapnya.

Sumber: SportsKeeda

Video Populer

Foto Populer