Sukses


Liga Italia Kembali Mengaum di Kompetisi Eropa: 6 Tim Tembus Perempat Final!

Bola.com, Jakarta - klu-klub Liga Italia menunjukkan momen kebangkitan di kompetisi Eropa. Total, ada enam tim Serie A yang menembus perempat final pada tiga kompetisi berbeda di Benua Biru musim ini. 

Selama lebih dari satu dekade terakhir, klub-klub Liga Italia sulit berjaya di Eropa. Mereka tenggelam di balik bayang-bayang klub-klub Liga Spanyol dan Liga Inggris.

Di Liga Champions, klub Italia yang terakhir juara adalah Inter Milan pada 2010 dengan menumbangkan Bayern Munchen di final. Setelah itu hanya Juventus yang sempat bertaji. 

Namun, prestasi terbaik Bianconeri hanyalah menjadi runner di Liga Champions, pada 2015 dan 2017. Setelah itu, prestasi klub-klub Italia di Liga Champions melempem. 

Di Liga Europa, klub-klub Italia juga kering gelar. Hanya AS Roma yang bisa berbicara di kompetisi Eropa setelah menjuarai edisi pertama Europa Conference League pada musim lalu. 

Musim ini, klub-klub Liga Italia kompak bangkit di kompetisi Eropa. 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

3 Wakil di Liga Champions

Di Liga Champions, Serie A meloloskan tiga wakil ke perempat final. Perinciannya adalah AC Milan, Napoli, dan AC Milan. Hanya Juventus yang gagal melenggang karena tersingkir di fase grup dan turun ke Liga Europa. 

Menurut Squawka, ini untuk kali pertama Liga Italia meloloskan tiga wakil ke perempat final Liga Champions sejak musim 2005/2006. Italia mulai menunjukkan tajinya. 

 

3 dari 4 halaman

Wakil di Liga Europa dan Europa Conderence League

Serie A juga mengirimkan dua wakil ke perempat final Liga Europa 2022/2023. Dua klub tersebut adalah Juventus dan AS Roma 

Satu perempat finalis lain asal Italia adalah di ajang Europa Conference League. Fiorentina melaju ke perempat final setelah mendepak Sivasspor dengan agregat 5-1. 

Serie A menjadi liga dengan wakil terbanyak di perempat final kompetisi antarklub Eropa, yakni enam. Liga Inggris bahkan hanya meloloskan empat klub, sedangkan Liga Spanyol dua. 

 

4 dari 4 halaman

Wakil Liga Italia di Perempat Final

Liga Champions

  • AC Milan
  • Napoli
  • Inter Milan

Liga Europa

  • AS Roma
  • Juventus

Europa Conference League

  • Fiorentina

Sumber: UEFA, Squawka 

Video Populer

Foto Populer