Sukses


Kisah Mateo Retegui, Striker Gli Azzurri yang Tidak Bisa Berbahasa Italia

Bola.com, Jakarta - Timnas Italia memiliki striker baru yakni Mateo Retegui yang mencetak gol pada laga debutnya. Tetapi, ada fakta unik yakni Mateo Retegui tidak bisa berbahasa Italia dan tidak pernah tinggal di Negeri Pizza.

Mateo Retegui muncul saat Italia mengalami kekalahan 1-2 dari Inggris pada 24 Maret 2023. Skuad besutan Roberto Mancini mengalami krisis striker lantaran Ciro Immobile cedera.

Mancini akhirnya memberikan kepercayaan kepada Mateo Retegui untuk menjalani debut pertamanya bagi Italia melawan Inggris. Dia akhirnya mencetak gol pada debut pertamanya untuk Timnas Italia.

Berlanjut beberapa hari kemudian, Retegui mencetak satu gol lagi saat Timnas Italia menang 2-0 atas Malta. Roberto Mancini tampaknya bakal memanggilnya di sejumlah kesempatan lagi.

 

2 dari 4 halaman

Lahir di Argentina

Mateo Retegui yang berusia 23 tahun lahir di San Fernando, sekitar 12 mil dari ibu kota Argentina, Buenos Aires. Ayahnya, Carlos, bermain hoki untuk Argentina di tiga edisi Olimpiade.

Retegui pernah bermain untuk Argentina di level U-19 dan U-20. Sang striker memenuhi syarat untuk bermain bagi Italia melalui kakek dari pihak ibu, Angelo Dimarco, yang berasal dari Sisilia dan pindah ke Argentina.

 

3 dari 4 halaman

Tak Bisa Bahasa Italia

CBS Sports mengatakan Retegui tidak bisa berbahasa Italia, tetapi tidak ada kendala baginya untuk bergabung dengan rekan satu timnya di Gli Azzurri. Retegui menjadi pemain keempat yang mencetak gol dalam dua pertandingan pertamanya untuk Italia.

Retegui bermain untuk Boca Juniors tetapi saat ini sedang melakukan masa peminjaman di klub Atletico Tigre. Bersama Tiger, dia telah mencetak 29 gol dalam 51 pertandingan di semua kompetisi.

Mancini mengubah pandangannya karena sebelumnya sempat mengatakan mereka yang lahir di Italia yang boleh bermain untuk negara. "Tapi dunia telah berubah," kata mantan manajer Manchester City itu seperti dikutip The Times.

"Setiap tim nasional di Eropa dan di dunia umumnya memiliki pemain yang berasal dari luar negeri atau dari negara lain. Ada pemain yang bermain bersama kami di tim junior tetapi akhirnya dipilih oleh negara mereka di tim senior," lanjut Mancini.

 

4 dari 4 halaman

Dilirik Tim Eropa

Penampilan apik Mateo Retegui ternyata membuat sejumlah tim Eropa meliriknya. Beberapa klub Serie A bahkan Premier League mencoba mendapatkan sang striker pada musim panas nanti.

Menurut Corriere dello Sport, sudah ada dua tim Premier League yang serius menghubunginya. Keduanya yakni Brighton dan Crystal Palace yang berharap keberuntungan memboyong Retegui.

Sumber: SportBible

Video Populer

Foto Populer