Sukses


Urawa Red Diamonds dan Impian Meraih Trofi Ketiga di Liga Champions Asia

Bola.com, Jakarta - Sejauh ini baru ada enam klub asal Jepang yang pernah jadi tim terbaik di Asia. Tercatat lima klub di antaranya pernah sekali menjadi juara Asia.

JEF United Chiba, Tokyo Verdy, dan Jubilo Iwata pernah sekali menjadi juara Asian Club Championship. Sementara itu, Gamba Osaka dan Kashima Antlers sama-sama berhasil meraih satu trofi Liga Champions Asia yang mulai bergulir pada 2002 lalu.

Adapun satu-satunya tim asal Negeri Sakura yang pernah menjadi juara Asia sebanyak dua kali adalah Urawa Red Diamonds. Tim yang dijuluki Rezzu tersebut mampu menjadi kampiun Liga Champions Asia edisi 2007 dan 2017.

Mereka juga pernah menjadi runner-up Liga Champions Asia pada 2019. Urawa Red Diamonds gagal meraih titel juara setelah kalah agregat 0-3 dari Al Hilal dalam dua leg partai final.

Pada Liga Champions Asia 2022, Urawa Red Diamonds mampu melenggeng ke final. Pada laga puncak, mereka bakal kembali bersua Al Hilal dalam dua leg pertandingan, yakni 29 April dan 6 Mei 2023.

 

2 dari 4 halaman

Klub Jepang Pertama

Pencapaian tersebut terasa spesial bagi Urawa Red Diamonds. Mereka menjadi klub asal Jepang pertama yang masuk final kompetisi tertinggi Asia empat kali.

Pada 2007, Urawa Reds menjadi juara dengan mengalahkan tim asal Iran, Sepahan, di partai puncak. Imbang 1-1 di kandang Sepahan, lalu Urawa menang 2-0 di kandang sendiri pada leg kedua final.

Lalu pada 2017, tim yang juga dijuluki Setan Merah tersebut menang melawan wakil Arab Saudi, Al-Hilal, dengan skor imbang 1-1 pada legpertama dan menang 1-0 dalam pertemuan kedua.

Tak hanya menjadi juara, pemain Urawa Reds, Yosuke Kashiwagi, juga terpilih jadi MVP Liga Champions Asia 2017.

 

3 dari 4 halaman

Perjalanan Urawa Red ke Final

Sementara itu pada 2019, Urawa Red harus rela mengakui keunggulan Al-Hilal, kalah 0-1 saat tandang dan takluk 0-2 di kandang sendiri dalam laga puncak.

Pada musim 2022, Urawa Red lolos ke Liga Champions Asia berkat gelar juara Piala Kaisar Jepang 2021. Mereka berhasil lolos ke fase gugur sebagai runner-up Grup F, di bawah Daegu FC (Korea Selatan) yang finis di urutan teratas

Urawa Reds lalu menyingkirkan Johor Darul Ta'zim (Malaysia), BG Pathum United (Thailand), dan Jeonbuk Hyundai Motors (Korea Selatan) pada fase gugur untuk bisa melaju ke partai final.

 

4 dari 4 halaman

Kembali Bersua Al Hilal

Di final, mereka sudah ditunggu sang rival yang sudah bertemu dua kali di partai puncak Liga Champions Asia, Al-Hilal.

Partai leg pertama final akan dihelat pada Minggu (30/4/2023) pukul 00.30 WIB di kandang Al-Hilal, King Fahd International Stadium. Lalu pada Sabtu (6/5/2023) sore WIB di kandang Urawa Reds, Saitama Stadium 2002.

Andai bisa melewati hadangan sang rival, Urawa Red Diamonds akan mendapatkan bintang ketiga di Asia. Apakah tim asal Saitama ini mampu melakukannya? Kita tunggu saja!

Video Populer

Foto Populer