Sukses


Daftar Pemain Top yang Mencari Rezeki di Liga Arab Saudi, Lionel Messi Menyusul?

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi dikabarkan telah memutuskan untuk angkat kaki dari Paris Saint-Germain pada musim panas 2023. Sejumlah klub disebut bakal menjadi tujuan Messi berikutnya, termasuk tim di Arab Saudi.

Kapten Timnas Argentina itu bergabung dengan PSG pada musim panas 2021. Les Parisiens mendapatkan Lionel Messi secara cuma-cuma setelah Barcelona gagal memperpanjang kontraknya yang berakhir pada 30 Juni 2021.

Selama dua musim berseragam Paris Saint-Germain, performa Messi tak terlalu moncer dibandingkan ketika masih membela El Barca. La Pulga tercatat mencetak 31 gol dan 34 assist dari 71 laga yang sudah dijalani bersama PSG.

Dia juga hanya mempersembahkan dua trofi buat Paris Saint-Germain, yakni Ligue 1 dan Trophee des Champions.

Meski tak terlalu memperlihatkan penampilan terbaiknya, Lionel Messi tetap disodorkan kontrak baru oleh Les Parisiens. Namun, Messi tak kunjung menandatangani kontrak tersebut.

 

2 dari 8 halaman

Putuskan Cabut

Pemain berusia 35 tahun tersebut akhirnya memutuskan untuk cabung dari Paris Saint-Germain setelah durasi kerjanya berakhir pada 30 Juni 2023. Messi disebut tak cocok dengan proyek yang dikerjakan PSG.

Selain itu, sang megabintang juga merasa geram karena dijatuhi sanksi dua pekan oleh Paris Saint-Germain gara-gara melancong ke Arab Saudi.

Situasi tersebut membuat Lionel Messi diincar sejumlah klub, termasuk Barcelona. Selain itu, klub-klub Arab Saudi juga kepincut memakai jasa Messi, satu di antaranya adalah Al Hilal.

Andai menerima tawaran Al Hilal, Lionel Messi bakal menyusul sejumlah pemain top yang telah lebih dulu mencari rezeki di Arab Saudi. Siapa saja mereka? Berikut ini ulasannya.

 

3 dari 8 halaman

Cristiano Ronaldo

Setelah memutuskan berpisah dengan Manchester United pada 22 November 2022, Ronaldo menerima pinangan dari Al Nassr pada Desember tahun lalu. Resmi bergabung pada 1 Januari 2023, CR7 sepakat menandatangani kontrak hingga 2025.

Dia juga disebut menerima bayaran hingga 200 juta euro per tahun. Angka itu membuat Cristiano Ronaldo menjadi pesepak bola dengan gaji termahal di dunia.

Mendapatkan bayaran yang fantastis, pemain berusia 38 tahun tersebut mampu menebusnya dengan performa gemilang di lapangan. Cristiano Ronaldo sukses mencetak 12 gol plus dua assist dari 15 pertandingan di seluruh ajang.

Namun, dia dikabarkan tak kerasan menjalani karier di Arab Saudi. Ronaldo disebut ingin angkat kaki dari kembali ke Real Madrid.

 

4 dari 8 halaman

Ever Banega

Ever Banega punya nama besar di sepak bola Argentina dan Spanyol. Banega pernah jadi bagian dari Timnas Argentina. Selain itu, dia adalah bagian penting dari sejarah Sevilla dan Valencia.

Ever Banega punya tiga medali juara Liga Europa, ketiganya diraih bersama Sevilla.

Banega pindah ke Al Shabab mulai musim 2020/2021. Dia langsung menjadi pemain yang tampil menonjol setiap musimnya.

 

5 dari 8 halaman

David Ospina

Nama Ospina pertama kali mencuat di Piala Dunia 2014, setelah tampil gemilang bersama Kolombia. Selepas itu, Ospina pindah ke Arsenal, tetapi tak selalu menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang.

Ospina lantas membela Napoli mulai musim 2018/2019 hingga 2021/2022. Setelah itu, kiper 34 tahun pindah ke Al Nassr. Ospina menjadi pilihan utama di Al Nassr dan sejauh ini menunjukkan performa yang cukup bagus.

 

6 dari 8 halaman

Luiz Gustavo

Sebelum Ronaldo, sudah ada Luiz Gustavo yang bermain di Al Nassr. Gustavo membela Al Nassr mulai awal musim 2022/2023, selepas merampungkan empat tahun kontraknya bersama Fenerbache.

Gustavo sempat punya karier mentereng di Bundesliga. Dia merasakan gelar juara Bundesliga bersama Bayern Munchen pada musim 2012/2013. Ketika membela Die Roten, Gustavo juga merasakan gelar juara Liga Champions.

 

7 dari 8 halaman

Santi Mina

Santi Mina sejatinya punya karier yang cukup gemilang di La Liga. Dia pernah bermain secara reguler untuk Valencia dan Cetla Vigo. Namun, pada usia 27 tahun, Santi Mina pindah ke Arab Saudi pada musim 2022/2023.

Santi Mina pindah ke Al Shabab dengan status pemain pinjaman. Dia akan kembali ke Celta Vigo pada Juli 2023 nanti. Saat ini, dari tujuh laga bersama Al Shabab, Santi Mina baru mampu mencetak dua gol.

8 dari 8 halaman

Odion Ighalo

Ighalo sempat membuat kehebohan ketika pindah ke Manchester United pada bursa transfer Januari 2020. MU tertarik pada jasa Ighalo lantaran performa apik bersama Shanghai Shenhua di China.

Ighalo punya karier cukup bagus di Arab Saudi. Pada musim 2021/2022, dia membantu Al Hilal menjadi juara dengan catatan 12 gol dari 13 laga. Sang striker juga meraih gelar juara pada ajang King's Cup.

Video Populer

Foto Populer