Sukses


5 Kehebatan Jose Mourinho di Kompetisi Eropa: Jaminan AS Roma Juara Liga Europa Musim Ini?

Bola.com, Jakarta - Jose Mourinho membuktikan dirinya masih belum habis. Pada musim 2022/20023, Mou berhasil membawa AS Roma melaju ke babak final Liga Europa.

Ini adalah final kompetisi Eropa kedua secara beruntun bagi AS Roma. Pada musim 2021/2022, I Lupi juga melaju ke babak final UEFA Conference League. Laga final itu berhasil mereka menangkan.

Pada final Liga Europa musim ini, AS Roma asuhan Jose Mourinho mendapatkan lawan berat. Ada pemegang rekor juara terbanyak, Sevilla, yang akan menjadi lawan mereka.

Laga final Liga Europa musim ini akan berlangsung Kamis (1/6/2023) dini hari WIB. Puskas Arena di Hungaria akan menjadi arena berlaga kedua tim.

Sebelum menyaksikan laga final itu, Bola.com memiliki lima fakta kehebatan Jose Mourinho di kompetisi Eropa. Apa saja kehebatan itu?

2 dari 6 halaman

Satu Pelatih, Tiga Gelar Juara

Jose Mourinho memegang satu rekor prestisius sampai saat ini. Ia menjadi satu-satunya pelatih yang punya tiga gelar juara di kompetisi Eropa.

Jose Mourinho pernah menjadi juara Liga Champions bersama FC Porto dan Inter Milan. Ia juga pernah menjuarai Liga Europa bersama FC Porto dan Manchester United.

Selain itu, AS Roma juga bisa dibawa Mou meraih gelar Conference League pada musim lalu. Gelar juara Eropa milik AS Roma pun bisa bertambah musim ini.

3 dari 6 halaman

Tak Pernah Kalah

Jose Mourinho sudah lima kali berlaga di final kompetisi Eropa. Dengan perincian dua final Liga Champions, dua final Liga Europa, dan satu final Conference League.

Hebatnya, dari lima laga final itu, tim yang ditukangi Jose Mourinho selalu meraih kemenangan. Mental juara tim asuhan Mou memang layak diacungi jempol.

Menariknya, Sevilla yang akan menjadi lawan AS Roma pada final Liga Europa musim ini pun punya rekor serupa. Mereka selalu menang dalam enam kesempatan bermain di final Liga Europa.

4 dari 6 halaman

Spesialias Pembuat Kecewa

Jose Mourinho juga dikenal sebagai pakarnya sepak bola negatif. Pria Portugal ini tak peduli tim asuhannya diserang sepanjang laga. Yang paling penting bagi Mou adalah kemenangan.

Beberapa kali tim asuhan Mou memperlihatkan mental seperti itu. Kita tahu apa yang terjadi di leg kedua semifinal Liga Champions 2009/2010 antara Barcelona kontra Inter Milan.

Leg kedua semifinal Liga Europa musim 2022/2023 juga menjadi pembuktian lain kapabilitas Mou mengenai sepak bola negatif. Pada laga itu, Roma bahkan hanya melepaskan satu kali upaya tembakan.

5 dari 6 halaman

Hanya Kalah 11 Kali

Sudah 53 kali Jose Mourinho memimpin tim asuhannya berlaga di babak utama Liga Europa. Namun, rekor eks pelatih Real Madrid ini cukup baik.

Ia mampu membawa timnya meraih 32 kemenangan dari 53 laga itu. Selama ini Mou juga hanya 11 kali menderita kekalahan di ajang Liga Europa.

Laju AS Roma ke babak final Liga Europa musim ini sebenarnya tak terlalu mulus. Mereka sudah menderita empat kekalahan sejak babak grup.

6 dari 6 halaman

Motivator Andal

Satu lagi kemampuan hebat yang dimiliki Jose Mourinho adalah kemampuannya sebagai motivator andal. Mou tampak selalu punya cara untuk memotivasi pemain asuhannya.

Beberapa eks pemain asuhan Jose Mourinho mengakui betul hal ini. Misalnya Zlatan Ibrahimovic.

Ibra merasa banyak pemain yang rela melakukan apa saja demi Jose Mourinho. Sesuatu yang tak ia lihat ada dalam diri Pep Guardiola.

 

Video Populer

Foto Populer