Sukses


Persaingan Klub Liga Italia Menuju Eropa: Slot Liga Champions Tersegel, Juventus ke Liga Europa atau Conference League?

Bola.com, Jakarta - Persaingan klub-klub papan atas Serie A Liga Italia hampir rampung, di mana giornata terakhir atau 38, tengah berlangsung sejak Sabtu (3/6/2023) dini hari WIB hingga Senin (4/6/2023) dini hari WIB. Empat tim sudah memastikan diri lolos ke Liga Champions, perebutan sengit masih terjadi untuk Liga Europa dan UEFA Conference League.

Empat tim Serie A Liga Italia sudah memastikan diri bakal tampil di Liga Champions musim depan. Keempatnya adalah Napoli, Lazio, Inter Milan, dan AC Milan.

Setelah Napoli dan Lazio yang berada di posisi dua teratas di klasemen Serie A, memastikan diri tampil di Liga Champions musim depan, Inter Milan menyelesaikan musim ini dengan mengamankan posisi ketiga dalam klasemen akhir Serie A.

Nerazzurri tak akan bisa dikejar lagi oleh AC Milan yang berada di peringkat keempat meski baru akan memainkan pertandingan terakhirnya pada Senin (5/6/2023).

Meski masih akan menghadapi Hellas Verona, AC Milan pun sudah mengamankan slot ke Liga Champions. Rossoneri unggul enam poin dari Atalanta yang berada di posisi kelima, di mana kedua tim sama-sama hanya menyisakan satu laga lagi di Serie A Liga Italia musim ini.

2 dari 5 halaman

Sengit Menuju Liga Europa

 

Pertarungan lebih sengit justru terjadi pada posisi kelima hingga ketujuh klasemen Serie A Liga Italia, di mana itu artinya adalah dua tiket slot Liga Europa dan satu slot ke play-off Conference League.

Ketiga posisi tersebut saat ini ditempati oleh Atalanta, AS Roma, dan Juventus, yang sama-sama baru akan memainkan laga terakhirnya di Serie A pada Senin dini hari WIB. Satu yang menarik, ketiga tim sama-sama terpaut satu poin.

Atalanta berada di posisi kelima dengan 61 poin, AS Roma di posisi keenam dengan 60 poin, dan Juventus berada di posisi ketujuh dengan 59 poin.

Ketiganya sudah aman ke Eropa musim depan mengingat Fiorentina yang berada di posisi kedelapan hanya memiliki 56 poin dan sudah tidak akan bertanding lagi.

Artinya tiga klub Italia itu hanya bersaing untuk memastikan di kompetisi Eropa yang mana mereka akan tampil pada musim depan.

Juventus yang hanya terpaut dua poin di belakang Atalanta juga masih berpotensi untuk melangkah ke Liga Europa.

 

3 dari 5 halaman

Siapa Paling Berpeluang?

Tentu ketiga tim Liga Italia ini akan berusaha untuk memastikan diri tampil di Liga Europa yang lebih bergengsi ketimbang Conference League yang baru dimulai pada musim lalu.

Namun, siapa yang paling berpotensi untuk bisa mendapatkan tiket ke Liga Europa? Menariknya ketiga tim punya peluang yang sama besar.

Atalanta menjamu Monza dalam laga terakhirnya, sementara AS Roma menghadapi Spezia. Kedua tim lawan itu di atas kertas jelas ada di bawah Atalanta dan AS Roma, sehingga kedua tim itu berpeluang besar ke Liga Europa.

Namun, bukan berarti Juventus tidak punya potensi. Meski harus bertandang ke markas Udinese pada laga terakhir musim ini, Bianconeri masih punya peluang meraih tiga poin sembari berharap satu di antara dua pesaingnya terpeleset saat menjamu lawan di kandang sendiri.

4 dari 5 halaman

Jadwal dan Hasil Giornata 38 Serie A Liga Italia

Hasil

Sabtu, 3 Juni 2023

  • Sassuolo 1-3 Fiorentina
  • Torino 0-1 Inter Milan

Minggu, 4 Juni 2023

  • Cremonese 2-0 Salernitana
  • Empoli 0-2 Lazio

 

Jadwal

Minggu, 4 Juni 2023

  • 23:30 WIB - Napoli vs Sampdoria

Senin, 5 Juni 2023

  • 02:00 WIB - Atalanta vs Monza
  • 02:00 WIB - AS Roma vs Spezia
  • 02:00 WIB - Lecce vs Bologna
  • 02:00 WIB - AC Milan vs Hellas Verona
  • 02:00 WIB - Udinese vs Juventus
5 dari 5 halaman

Persaingan di Serie A

Video Populer

Foto Populer