Sukses


Wow! Kekayaan Petenis Ini Jauh Ungguli Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi

Bola.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi menjadi atlet dengan kekayaan yang terbesar di dunia. Tidak hanya di cabang sepak bola tetapi juga keseluruhan cabang olahraga.

Kekayaan yang Cristiano Ronaldo dan Messi didapatkan lantaran popularitas yang mereka bangun selama dua dekade ini. Popularitas ini mereka dapatkan juga karena prestasi luar biasa  selama berkarier di lapangan hijau.

Bandingkan dengan para petenis yang berlaga di Prancis Open 2023 yang berlangsung dari Mei hingga 11 Juni. Pundi-pundi aset petenis yang berlaga hingga sang juara Novak Djokovic belum mampu menandingi kekayaan Ronaldo maupun Messi.

Namun kekayaan Ronaldo dan Messi ternyata justru kalah dari seorang mantan atlet tenis. Petenis ini merupakan seorang miliader yang bahkan aset Ronaldo dan Messi belum apa-apa dibandingkan miliknya.

Penasaran dengan nama petenis tersebut? Tanpa basa-basi lagi, mari simak profil dari Ion Tiriac dan bagaimana dia bisa mendapatkan kekayaannya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Juara 1970

Ion Tiriac adalah petenis asal Rumania yang memutuskan gantung raket pada 1979. Saat menjadi petenis, Tiriac memang tidak menghasilkan uang yang besar seperti Ronaldo dan Messi, lantaran hanya mendapatkan 200 ribu pounds sekitar Rp3,8 miliar selama berkarier.

Dua pencapaian terbesar Tiriac datang pada 1970. Saat itu, dia menjuarai Prancis Terbuka nomor ganda dan mencapai semifinal Wimbledon hanya dalam waktu beberapa bulan.

 

3 dari 5 halaman

Kaya Setelah Pensiun

Setelah pensiun, petenis Rumania itu memulai karier kepelatihan. Tiriac bekerja dengan rekan senegaranya yakni Ilie Nastase dan Boris Becker di bidang kepelatihan.

Beberapa dekade sejak itu, Tiriac merambah ke dunia bisnis dan membuktikan kegeniusan dengan sejumlah keputusan investasinya. Hasil dari investasinya saat itu membuat kekayaannya kini mencapai lebih dari 1 miliar pounds (lebih dari Rp19 triliun).

 

4 dari 5 halaman

Perbandingan Kekayaan dengan Ronaldo dan Messi

Sebagai perbandingan, harta Ion Tiriac yang lebih dari 1 miliar pounds bahkan lebih besar meskipun kekayaan Messi dan Ronaldo digabungkan. Menurut perkiraan pada Juni 2023, kekayaan Messi yakni 482 juta pounds, sedangkan Ronaldo yakni 402 juta pounds.

Kekayaan Messi dan Ronaldo ini berasal dari gaji serta sejumlah kesepakatan sponsor. Lalu bagaimana Ion Tiriac mendapatkan kekayaannya dan investasi apa saja yang dia lakukan?

Menjelang akhir Perang Dingin, Tiriac memanfaatkan memudarnya komunisme di negara asalnya Rumania untuk menjadi orang pertama yang membuka bank swasta. Bank Tiriac telah sukses besar secara finansial.

Di bawah perusahaan Tiriac Holdings Ltd, dia telah berkembang menjadi bisnis ritel, asuransi, dan maskapai penerbangan. Bahkan pada 2007, dia dinobatkan oleh Forbes sebagai miliarder pertama Rumania.

 

5 dari 5 halaman

Koleksi Mewah

Sebelum merambah dunia tenis, Tiriac sempat mencoba olahraga tenis meja ketika masih kecil. Dia kemudian beralih ke hoki es dan sempat berlaga di Olimpiade musim dingin 1964 sebelum fokus ke tenis.

Pria yang kini berusia 82 tahun itu juga mempunyai koleksi barang-barang mewah. Tiriac memiliki 500 mobil termasuk mobil klasik berusia 100 tahun, jet pribadi, hingga apartemen mewah hingga satu-satunya orang di dunia yang secara pribadi memiliki dua Rolls-Royce Phantom IV.

Sumber: Daily Star

Video Populer

Foto Populer