Sukses


Messi dan Ronaldo Sudah Pergi dari Eropa, Bintang Muda Bayern Munchen: Generasi Baru Telah Tiba

Bola.com, Jakarta - Sepak bola Eropa kini sudah tidak lagi menjadi panggung bagi duo pesepak bola terbaik dunia, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Kedua pemain sudah berkiprah di luar benua biru.

Diawali dari Cristiano Ronaldo yang untuk pertama kalinya meninggalkan Eropa pada pertengahan musim 2022/2023. Ia cabut dari Manchester United dan bermain di Liga Arab Saudi bersama klub Al-Nassr.

Ronaldo total bermain sebanyak 19 kali bersama Al-Nassr dan mencetak 14 gol serta dua assist di semua kompetisi. Sementara Messi menyudahi kontraknya di PSG untuk berlabuh ke Amerika Serikat.

Lionel Messi memutuskan bergabung dengan klub Liga Amerika Serikat (MLS), Inter Miami. Ia batal menyusul Ronaldo di Arab Saudi setelah sempat ditawar Al Hilal.

2 dari 4 halaman

Zaman Berubah

Pemain muda berbakat Bayern Munchen, Jamal Musiala ikut menanggapi fenomena itu. Ya, saat sepak bola Eropa sudah ditinggalkan duo GOAT.

Baik Messi dan Ronaldo disebut-sebut sebagai pemain terbaik sepanjang masa. Messi dengan torehan tujuh kali penghargaan Ballon d’Or, sedangkan Ronaldo memiliki 5 trofi.

“Saya pikir ini semacam perubahan zaman,” kata gelandang Jerman berusia 20 tahun itu dalam wawancara dengan Sport Bild via Bavarian Football Works.

3 dari 4 halaman

Generasi Baru

Dengan sudah tidak ada lagi Ronaldo dan Messi di Eropa, membuat pemain muda Bersiap menjadi penerusnya. Banyak pemain muda berbakat yang disebut-sebut bakal menjadi penerus Ronaldo dan Messi.

Kylian Mbappe, Erling Haaland, Jude Bellingham, bahkan Jamal Musiala juga bisa menjadi calonnya. Mbappe misalnya yang menjadi top scorer Piala Dunia 2022 bersama Timnas Prancis di usia sangat muda.

Atau Erling Haaland yang menjalani musim debut fantastis di Manchester City. Ia menjadi pencetak gol terbanyak dan membawa timnya meraih treble winner.

“Generasi baru sekarang sudah ada. Kedua GOAT telah berhasil dan Itu membuka begitu pintu lebar-lebar bagi banyak pemain,” jelas Musiala.

4 dari 4 halaman

Kiprah Jamal Musiala

Jamal Musiala menjadi wonderkid terbaik yang dimiliki Jerman saat ini. Tidak hanya melakono debut bersama Der Panzer di Piala Dunia 2022, ia juga menjadi satu di antara kunci Bayern Munchen musim ini.

Total Musiala mencetak 16 gol dan 16 assist dari 47 pertandingan di semua kompetisi bersama Die Rothen. Ia ikut mempersembahkan gelar Bundesliga dalam persaingan sengit dengan Borussia Dortmund.

Sumber: Bavarian Football Works

Video Populer

Foto Populer