Sukses


5 Deretan Alumni Piala Dunia U-17 2017 yang Namanya Meroket: Ada Pemain MU dan Man City

Bola.com, Jakarta - Gelaran Piala Dunia U-17 2017 yang berlangsung di India tercatat menghasilkan deretan pesepak bola muda yang kini namanya jadi bintang.

Kejuaraan serupa yang akan digelar di Indonesia pada tahun ini tentu punya potensi yang sama. Sebab, Piala Dunia U-17 2023 akan diikuti negara-negara yang dikenal sebagai penyumbang pemain bintang.

Dari kawasan Eropa, lima wakilnya ialah Inggris, Prancis, Jerman, Polandia, dan Spanyol. Sementara untuk wakil Amerika Selatan, Piala Dunia U-17 edisi kali ini bakal melibatkan Argentina, Brasil, Ekuador, hingga Venezuela.

Kontestan-kontestan inilah yang patut dinantikan talentanya. Tentu saja, para pemain yang nantinya tergabung bersama Timnas Indonesia U-17 akan mendapat kesempatan yang sama untuk membuktikan potensinya di Piala Dunia U-17 2023.

Apalagi, sudah ada banyak pemain muda yang namanya melesat setelah tampil di kejuaraan ini. Beberapa di antaranya bahkan kini sudah tergabung dengan klub-klub elite Eropa. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Jadon Sancho

Bintang Manchester United, Jadon Sancho, juga sempat merasakan panggung Piala Dunia U-17 2017 bersama Timnas Inggris U-17 saat masih berusia muda. Ketika itu, kontribusi tiga golnya sukses mengantarkan timnya merah juara.

Pencapaian ini terasa istimewa karena dia sebelumnya gagal membawa Inggris menjuarai Euro U-17 2019 karena kalah dari Spanyol di final. Setelah final Piala Dunia U-17, Sancho direkrut Borussia Dortmund.

Dari sanalah kariernya terus menanjak, terutama sejak promosi ke tim senior klub kasta tertinggi Liga Jerman itu. Namun, kini performanya bersama Man United justru mengalami penurunan.

 

3 dari 6 halaman

Phil Foden

Selain Jadon Sancho, pemain andalan Timnas Inggris U-17 di Piala Dunia U-17 2017 yang sukses menjadi bintang di Eropa saat menapaki level senior ialah Phil Foden. Sama seperti Sancho, Foden juga sukses mencetak tiga gol di kejuaraan ini.

Bedanya, Foden berhasil mendapatkan penghargaan individu berupa Golden Ball sebagai Pemain Terbaik Piala Dunia U-17 2017. Pencapaian inilah yang melambungkan nama Foden di dunia.

Sejak menimba ilmu bersama Manchester City, gelandang berusia 23 tahun ini pun mencatatkan kiprah di level senior bersama klub yang sama. Dia juga sukses menembus Timnas Inggris sejak debut pada September 2020.

 

4 dari 6 halaman

Ferran Torres

Dari skuad Timnas Spanyol U-17, salah satu pemain muda yang saat ini sukses menjadi pemain bintang dan bergabung dengan klub elite setelah tampil di Piala Dunia U-17 2017 ialah Ferran Torres.

Penampilan pemain jebolan akademi Valencia ini memang cukup penting di balik keberhasilan Spanyol U-17 menembus partai final Piala Dunia U-17 2017. Sepanjang kejuaraan, ia sukses mencetak dua gol.

Ketika memasuki jenjang senior, penyerang berusia 23 tahun ini tak hanya menjadi andalan Timnas Spanyol, tetapi juga bermain bersama sejumlah klub besar seperti Manchester City (2020-2022) hingga Barcelona (2022-sekarang).

 

5 dari 6 halaman

Aurelien Tchouameni

Gelandang Real Madrid, Aurélien Tchouaméni, juga berstatus sebagai alumnus Piala Dunia U-17 2017. Ketika tampil di kejuaraan itu, Tchouaméni menjadi tumpuan Timnas Prancis U-17 di sektor tengah.

Sayangnya, pasukan muda Les Bleus ketika itu gagal melaju jauh di kejuaraan ini. Langkah mereka terhenti di fase 16 besar setelah ditaklukkan Timnas Spanyol U-17 dengan skor tipis 1-2.

Setelah meninggalkan Bordeaux pada 2020, Aurélien Tchouaméni kemudian melanjutkan kariernya bersama sejumlah klub elite, seperti Monaco (2020-2022) hingga Real Madrid (2022-sekarang).

 

6 dari 6 halaman

Timothy Weah

Yang terakhir, ada nama pemain bintang Timnas Amerika Serikat, Timothy Weah. Winger kelahiran 22 Februari 2000 ini menjadi salah satu kunci keberhasilan Amerika Serikat U-17 lolos ke fase perempat final

Pada Piala Dunia U-17 2017, Timothy Weah sukses menyumbangkan tiga gol. Sayangnya, langkah Amerika Serikat harus kandas di fase delapan besar setelah digasak Inggris dengan skor 1-4.

Kiprah Weah memang lebih banyak dihabiskan bersama sejumlah klub asal Prancis. Setelah sempat bermain bersama Paris Saint-Germain (PSG), dia kemudian bergeser ke Lille pada 2019.

Video Populer

Foto Populer