Sukses


Dapat Masukan dari Arsene Wenger, FIFA Bakal Uji Coba Aturan Baru Terkait Offside

Bola.com, Jakarta - FIFA dikabarkan Mirror bakal melakukan uji coba aturan baru terkait offside. Perubahan aturan tersebut setelah FIFA mendapat masukan dari eks manajer Arsenal, Arsene Wenger.

Sejak pensiun sebagai manajer The Gunners pada 2018, Wenger bertugas sebagai Kepala Pengembangan Sepak Bola di FIFA. Arsene Wenger mengajukan perubahan terkait offside.

Berdasarkan aturan law of the game, seorang pemain berada dalam posisi offside ketika sedikit saja bagian tubuh sudah melebihi garis pertahanan lawan.

Situasi tersebut membuat offside kerap menimbulkan kontroversi. Pasalnya, pemain dinyatakan offside ketika lengan bahkan lutut yang melewati garis pertahanan lawan.

2 dari 4 halaman

FIFA Bakal Uji Coba

Sementara itu, dalm aturan baru yang diajukan Arsene Wenger, pemain takkan dianggap offside selama masih ada bagian tubuhnya yang sejajar dengan pemain lawan yang paling belakang.

Dengan kata lain, posisi seorang pemain benar-benar harus melebihi pemain lawan saat operan dilepaskan untuk dianggap offside. Jika masih ada bagian tubuhnya yang sejajar dengan pemain lawan, hal tersebut akan dianggap onside.

ย 

3 dari 4 halaman

Dicoba di 3 Negara

Aturan ini bakal membuat pemain depan jadi lebih leluasa. Sebaliknya, para pemain belakang harus lebih berhati-hati dalam mengawasi pergerakan mereka.

Regulasi ini masih bakal diuji coba oleh FIFA di Belanda, Swedia, dan Italia. Meski masih akan dijajal, aturan offside yang baru ini memicu beragam reaksi.

ย 

4 dari 4 halaman

Gambaran Aturan Offside Baru

Sumber: Mirror

Video Populer

Foto Populer