Sukses


8 GOAT Versi Ronaldo Nazario: Tidak Ada Cristiano Ronaldo

Bola.com, Jakarta - Siapa GOAT (greatest of all time) alias pemain terhebat sepanjang masa? Ronaldo Nazario telah menyebutkan delapan nama dalam grup yang sangat spesial.

Pertanyaan tersebut sebenarnya telah ditanyakan selama bertahun-tahun. Jawabannya cenderung Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo, dengan dua superstar tersebut memenangkan 12 Ballon d'Or. Mereka telah mendominasi sepak bola selama satu generasi.

Sebelum mereka, ada Pele dan Diego Maradona. Kedua figur tenar bAmerika Selatan itu mendominasi olahraga di era mereka dan masih menjadi perbincangan GOAT meski Messi dan Ronaldo sudah muncul.

Namun, Ronaldo Nazario menyebutkan delapan pemain yang menurutnya berada dalam grup 'sangat spesial' di antara pemain terhebat sepanjang masa. Menariknya, dia tidak menyebut Cristiano dalam hal itu.

“Saya pikir ada grup yang sangat, sangat spesial di mana Anda memiliki Maradona, Messi, Cruyff, Beckenbauer, Pelé, Van Basten, Ronaldinho," katanya kepada Guardian pada 2022.

"Saya akan memasukkan diri saya sendiri. Biarkan para penggemar berkata, biarkan mereka memperdebatkannya di bar. Tetapi Anda tidak bisa memeringkat mereka, tidak bisa membandingkan generasi," ujar Ronaldo Nazario lagi.

Nah, berikut ini delapan pemain yang mendapatkan status GOAT versi Ronaldo Nazario.

2 dari 4 halaman

Maradona, Messi, Cruyff

Diego Maradona secara luas dianggap sebagai salah satu yang terhebat di dunian sepak bola. Pemain Argentina itu bermain di empat Piala Dunia dan memimpin negaranya meraih kemenangan pada 1986.

Pencapaian terbesarnya di level klub adalah di Napoli, di mana ia menginspirasi mereka meraih gelar Serie A pertama mereka pada 1986/1987. Mereka memenangkan yang kedua beberapa tahun kemudian. Jika Anda berjalan-jalan di Naples, Anda akan melihat merchandise Maradona dan grafiti di hampir setiap jalan. Dia dikenang sebagai dewa di kota dan untuk setiap alasan.

Sementara Maradona dianggap sebagai salah satu yang terbaik, Messi mungkin saja yang terbaik. Pemain Inter Miami itu telah memenangkan tujuh Ballons d'Or, dan kemenangannya di Piala Dunia 2022 mungkin telah mengamankan status GOAT-nya.

Ada terlalu banyak rekor dan penghargaan untuk dibicarakan, tetapi 672 gol dalam 778 penampilan untuk Barcelona cukup menjelaskan kecemerlangannya. Tetapi Messi bukan tentang gol. Ya, dia mungkin menjadi pencetak gol terhebat sepanjang masa, tetapi dia juga akan menjadi playmaker terhebat, penggiring bola terhebat, dan tentunya pemain terhebat sepanjang masa.

Meski mungkin bukan yang terbaik, Johan Cruyff jelas merupakan pesepak bola paling berpengaruh dan revolusioner yang pernah ada. Pelatih asal Belanda itu memenangkan tiga Ballons D'or pada tahun 1971, 1973, dan 1974 menjadikan dirinya sebagai legenda Ajax dan Barcelona.

Dia juga bertanggung jawab untuk menciptakan Cruyff Turn, sebuah skill yang masih banyak digunakan dalam sepak bola modern sebagai cara untuk mengalahkan pemain bertahan dengan terampil.

3 dari 4 halaman

Franz Beckenbauer, Pele, Marco van Basten

Bek terbaik sepanjang masa? Yah, Ronaldo tampaknya berpikir demikian dengan Beckenbauer menjadi satu-satunya pemain defensif yang masuk dalam daftar tujuh pemainnya. Akan tetapi, pria asal Jerman itu sepenuhnya layak mendapatkan tempatnya.

Beckenbauer dipuja karena menciptakan peran modern sweeper dan merupakan satu dari hanya sembilan pemain yang memenangkan Piala Dunia, Piala Champions, dan Ballon d'Or. Dia bermain hampir 600 kali untuk Bayern Munchen, memenangkan segalanya untuk dimenangkan.

Seperti yang dikatakan Ronaldo, Anda "tidak dapat membandingkan generasi". Dan dia benar. Seberapa baik Pele? Tidak terlalu banyak orang yang hidup yang dapat mengatakan bahwa mereka menonton Pele di masa jayanya dan mengingat betapa bagusnya dia.

Bola.com bahkan tidak tahu berapa gol yang dia cetak. Angka tersebut sering diperdebatkan tetapi FIFA menyatakan pemain Brasil itu mencetak 1.281 gol dalam 1.363 pertandingan. Yang Bola.com tahu adalah dia memenangkan tiga Piala Dunia untuk Brasil dan merupakan legenda Santos.

Marco van Basten dianggap sebagai salah satu striker terbaik yang pernah ada. Dia memenangkan Ballon d'Or tiga kali, yakni pada 1988, 1989 dan 1992. Dia juga memenangkan tiga gelar Eredivisie dan Piala Winners bersama Ajax, serta empat gelar Serie A dan tiga Piala Eropa bersama Milan.

Untuk Belanda, dia mencetak 24 gol dan membantu mereka memenangkan Euro 1988 di turnamen di mana dia mencetak lima gol, termasuk tendangan voli melawan Uni Soviet di final.

4 dari 4 halaman

Ronaldinho dan Ronaldo Nazario

Ronaldinho jarang disebutkan dalam debat GOAT tetapi tidak dapat disangkal betapa briliannya pemain Brasil itu. Pada puncaknya, dia adalah yang terbaik di dunia, memenangkan Ballon d'Or pada tahun 2005.

Sungguh menyenangkan menyaksikan Ronaldinho selama musim 2005/2006 dan 2006/2007 di Barcelona. Tersenyum melalui performa kelas dunia dan momen kemenangan pertandingan. Salah satu pemain paling terampil dalam sejarah.

Sementara itu, Ronaldo juga menyebut dirinya sebagai salah satu dari tujuh pemain terbesar sepanjang masa. Dia adalah superstar nyata pertama dalam sepak bola dengan Nike Mercurial Vapors itu dan kecepatannya yang luar biasa, Ronaldo hampir tidak mungkin dihentikan. Itu sampai cedera lutut parah yang mengancam akan menggagalkan kariernya.

Pada usia 20, Ronaldo menguasai dunia setelah pindah dari PSV ke Barcelona dengan biaya rekor dunia. Dia dinobatkan sebagai FIFA Player of the Year. Setahun kemudian, dia memecahkan rekor transfer lagi ketika Inter mengontraknya dan dia menjadi penerima Ballon d'Or termuda ketika dia mengklaimnya pada usia 21 tahun.

Lima puluh sembilan gol dalam 99 penampilan untuk Inter Milan membuatnya pindah ke Real Madrid, dimana 104 gol lainnya dicetak. Dia menyelesaikan kariernya di AC Milan dan Corinthians sebelum cedera akhirnya menyudahi segelanya.

Sumber: Guardian

Video Populer

Foto Populer