Sukses


Fakta Arab Saudi Tuan Rumah Piala Dunia 2034: Tak Ada Lawan, Gebrakan Baru Negara Teluk

Bola.com, Jakarta Arab Saudi akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 setelah FIFA mengonfirmasi bahwa mereka adalah satu-satunya penawar untuk turnamen tersebut.

Australia memutuskan untuk tidak mengajukan penawaran untuk menyelenggarakan turnamen tersebut beberapa jam sebelum batas waktu deklarasi ketertarikan FIFA pada hari Selasa.

Maroko, Portugal dan Spanyol adalah satu-satunya penawar untuk edisi 2030, dengan pertandingan juga dimainkan di Argentina, Paraguay dan Uruguay.

Kongres FIFA akan mengonfirmasi tuan rumah pada akhir tahun 2024.

“Tiga edisi, lima benua, dan 10 negara terlibat dalam pementasan pertandingan di turnamen ini – itulah yang membuat sepak bola benar-benar mendunia,” tulis presiden FIFA Gianni Infantino di Instagram.

“Saat kita hidup di dunia yang semakin terpecah dan agresif, kami sekali lagi menunjukkan bahwa sepak bola, olahraga global terkemuka, bersatu dengan cara yang tiada duanya.”

Football Australia fokus untuk menjadi tuan rumah Piala Asia Wanita pada tahun 2026 dan Piala Dunia Antarklub pada tahun 2029.

2 dari 3 halaman

Gebrakan

Arab Saudi telah menjadi tuan rumah beberapa acara olahraga besar sejak 2018, termasuk sepak bola, Formula 1, golf, dan tinju, dan akan menggelar Piala Dunia Antarklub pada bulan Desember.

Menjadi tuan rumah Piala Dunia akan mewakili tonggak sejarah olahraga penting lainnya.

Pangeran Abdulaziz, menteri olahraga Arab Saudi, mengatakan tawaran tersebut merupakan langkah penting dan alami dalam perjalanan mereka sebagai negara yang bersemangat terhadap sepak bola.

PIF telah mengambil alih empat klub top negara, Al-Ahli, Al-Hilal, Al-Ittihad dan Al-Nassr di Liga Pro Saudi. Cristiano Ronaldo, Karim Benzema dan Neymar termasuk di antara pemain-pemain terkenal yang akan di sana.

3 dari 3 halaman

Formula 1, Tenis hingga WBC

 

Formula 1 mengadakan balapan perdananya di Arab Saudi pada tahun 2021 sebagai bagian dari kesepakatan jangka panjang.

Juara dunia tujuh kali asal Inggris Lewis Hamilton mengatakan dia tidak merasa nyaman membalap di sana dan meminta Arab Saudi untuk memperbaiki catatan hak asasi manusianya sebelum grand prix 2022.

Perebutan gelar juara dunia tinju juga pernah digelar di Arab Saudi. Anthony Joshua dari Inggris, yang mengalahkan Andy Ruiz di Riyadh pada tahun 2019.

Tenis akan mengadakan acara profesional di Arab Saudi untuk pertama kalinya pada bulan November setelah kontrak lima tahun disepakati bagi Jeddah untuk menjadi tuan rumah Final ATP Generasi Berikutnya.

Arab Saudi juga telah mengadakan pembicaraan dengan tur putri tentang menjadi tuan rumah Final WTA akhir musim.

Video Populer

Foto Populer