Sukses


Comeback Setelah 4 Bulan Menghilang, Jorginho Siap Mati-matian Bantu Timnas Italia Lolos ke Euro 2024

Bola.com, Roma - Timnas Italia akan melakoni pertandingan ke-7 Grup C babak Kualifikasi Euro 2024 menjamu Makedonia Utara di Stadion Olimpico, Roma, Sabtu (18/11/2023) dini hari WIB.

Kemenangan akan membantu Timnas Italia demi bisa lolos ke putaran final Euro 2024 menemani Inggris sebagai wakil dari Grup C. Inggris sudah memastikan lolos, sementara Gli Azzurri bersaing dengan Ukraina dan Makedonia Utara.

Ada hal menarik menjelang laga Italia versus Makedonia Utara. Yaitu kembalinya Jorginho ke skuad Azzurri setelah absen empat bulan lamanya.

Pelatih Luciano Spalletti memanggil gelandang Arsenal itu ke skuadnya. Jorginho absen sejak Juni lalu, atau setelah ia bermain 61 menit dalam kekalahan Italia dari Spanyol di semifinal UEFA Nations League.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Bangkit

Jorginho disiapkan Luciano Spalletti untuk dua laga Italia selama jeda Internasional bulan November 2023. Sosoknya sempat tak diskuai para penggemar Azzurri meski Jorginho ikut menjadi pahlawan Italia menjuarai Euro 2020.

Menariknya Jorginho pernah gagal dalam mengeksekusi dua penalti penting di kualifikasi Piala Dunia 2022. Akibat kegagalannya, timnas terpaksa harus melalui babak play-off, di mana mereka kalah dari Makedonia Utara.

“Saya senang Spalletti menelepon saya kembali. Kami sangat termotivasi untuk pertandingan ini, untuk mencapai tujuan yang kami inginkan,” terang Jorginho seperti dikutip dari Football Italia.

“Dia hanya bertanya kepada saya tentang hal-hal di lapangan, apa yang dia harapkan dari saya dan apa yang harus saya lakukan demi kebaikan tim, yaitu mengendalikannya, memberikan arahan, dan memainkan permainan proaktif yang ingin kami mainkan.”

3 dari 5 halaman

Comeback

Jorginho juga berbicara tentang kabar ia mempertimbangkan untuk meninggalkan Italia setelah kekalahan di semifinal Nations League pada bulan Juni lalu.

“Tidak, sejujurnya tidak. Saya merasa masih banyak yang harus dilakukan di timnas, saya akan selalu berusaha melakukan segalanya untuk membantu timnas dan pelatih.

“Saya ingin merasakan apa yang saya rasakan selama Kejuaraan Eropa, bagi saya penting untuk memberikan kegembiraan kepada masyarakat.”

4 dari 5 halaman

Siap Ambil Penalti Lagi

Italia untuk sementara berada di urutan ketiga Grup C dengan nilai 10 dari enam laga. Jika berhasil menggasak Makedonia Utara, Azzurri akan menggeser Ukraina meski bakal punya nilai yang sama.

Eks pemain Napoli mengaku tidak akan trauma untuk menendang penalti kembali jika diberikan mandat.

“Soal penalti, jika itu terjadi dan terserah saya, saya pasti tidak akan menahan diri, saya siap membantu. Bukan saya yang memutuskan, tapi kalau terserah saya ya, tidak masalah,” beber gelandang Arsenal.

“Banyak pemain muda yang bermunculan dan pasti akan ada yang muncul.”

5 dari 5 halaman

Era Baru Gli Azzurri

Jorginho turut mengomentari era baru Timnas Italia di bawah naungan Luciano Spalletti. Jorginho melihat banyak pemimpin baru di skuad Azzurri.

“Ya, menurutku begitu. Setiap ada perubahan, ketika pemain baru lainnya datang, mereka harus berkembang.”

“Ada pemain dengan kepribadian hebat yang bisa meninggalkan jejaknya di timnas dengan melakukan banyak hal baik. Di Lorenzo, Cristante, Locatelli, mereka adalah pemain-pemain yang muncul dengan kepribadian yang hebat,” tegas mantan gelandang Chelsea.

Sumber: Football Italia

Video Populer

Foto Populer