Sukses


6 Klub di Liga Top Eropa yang Punya Pertahanan Terdahsyat: Wakil Italia Ada 2, Tak Ada Tim Inggris

Bola.com, Jakarta - Mantan manajer Manchester United (MU), Sir Alex Ferguson, pernah melontarkan kalimat legendaris. Menurutnya, bermain menyerang akan membuat tim memenangi pertandingan, sedangkan pertahanan yang tangguh akan membuat tim menyabet gelar. 

Banyak tim yang memiliki barisan serang produktif, tetapi gagal mengamankan gelar. Pemyebabnya, tim terlalu rapuh dalam bertahan. 

Siapa tim yang memiliki pertahanan terbaik di lima liga teratas Eropa pada musim ini? Klub-klub ini yang berlaga di Premier League, Ligue 1, Bundesliga, Serie A, dan La Liga. 

Berikut ini lima tim yang paling sedikit kebobolan di lima liga top Eropa pada musim 2023/2024. 

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

6. Bayern Munchen: 9 Gol

Bayern Munchen bukan hanya memiliki pertahanan terbaik, namun juga menjadi tim dengan pencetak gol terbanyak di Eropa. Mereka mencatatkan selisih gol terbaik.

Tim Bavaria ini juga memiliki ekspektasi gol kebobolan terendah (8,5xGA) di lima liga top Eropa.

Leverkusen harus bekerja keras jika ingin merebut mahkota Bundesliga, serta  semakin terlihat sebagai pesaing kuat untuk Liga Champions.

 

3 dari 6 halaman

5. Real Madrid: 9 Gol

Real Madrid dipusingkan dengan badai cedera musim ini, termasuk Thibaut Courtois dan bek tengah Eder Militao mengalami cedera ACL menjelang musim baru. 

Carlo Ancelotti diberkahi dengan opsi pemain-pemain kelas dunia dan skuad yang dalam. El Real masih tampil mengesankan dengan mencatatkan rekor pertahanan terbaik di La Liga tanpa dua pemain terpenting.

 

4 dari 6 halaman

3. Juventus: 8 Gol

Juventus tidak tampil di kancah Eropa musim ini dan menunjukkan diri ahli dalam meraih kemenangan tipis dengan cara apa pun. Mereka bukan tim yang menghibur, tapi terorganisir dengan baik dan sulit ditembus.

Kombinasi tersebut mungkin akan menjadikan mereka penantang terdekat Inter Milan di Serie A musim ini. Bek mereka juga cukup pandai dalam mencetak gol.

 

5 dari 6 halaman

2. Inter Milan: 7 Gol

Juventus sebenarnya tidak memiliki rekor pertahanan terbaik di Serie A. Mereka masih kalah tangguh dari Inter Milan. 

Inter baru kebobolan tujuh gol dalam 13 pertandingan, mencatatkan delapan clean sheet dalam prosesnya.

Mereka juga sama kuatnya di sisi penyerangan. Lautaro Martinez, yang sedang dalam performa terbaik, menjadi salah satu pencetak gol paling produktif di sepak bola Eropa.

6 dari 6 halaman

1. Nice: 4 Gol

Nice menempati peringkat kedua di Ligue 1, satu poin di belakang PSG. Mereka menjadi salah satu dari tiga tim yang masih belum terkalahkan di liga-liga besar Eropa.

Fakta paling luar biasa tentang Nice musim ini adalah rekor pertahanan yang sangat bagus. Mereka saat ini mencatatkan delapan clean sheet berturut-turut di Ligue 1, serta berhasil mengalahkan lawan dalam 10 dari 13 pertandingan mereka musim ini, hanya kebobolan empat gol. Memalukan.

 

 

Video Populer

Foto Populer