Sukses


5 Pemain di Liga Inggris yang Diprediksi Bakal Jadi Manajer Suatu Hari Nanti: Dari Kevin De Bruyne hingga Virgil van Dijk

Bola.com, Jakarta - Pemain-pemain seperti Kevin De Bruyne hingga Virgil van Dijk telah dilatih oleh manajer kelas dunia. Tidak akan mengherankan jika ilmu kepelatihan yang mereka dapat bisa tertular dan menjadikannya juru taktik suatu hari nanti.

Usia seorang pesepak bola memang tidak bisa serta merta ditebak. Biasanya mereka akan pensiun pada pengujung 30-an, meski tak sedikit yang tetap berkarier sampai di angka 40-an.

Setelah itu, banyak dari pesepak bola yang memilih jalan menjadi manajer. Ada yang sukses, tak jarang pula yang gagal.

Nah, berikut ini Bola.com mengulas beberapa pesepak bola yang diprediksi bisa menjadi manajer andal suatu hari nanti.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Virgil van Dijk

Perawakan fisik bukanlah prasyarat untuk menjadi manajer tingkat atas, namun memiliki sikap yang mengesankan tentu akan sangat membantu dalam menjaga ruang ganti tetap terkendali.

Ketenangan yang menyandingkan fisiknya yang mengintimidasi, kepiawaiannya dalam membangun permainan yang halus, dan pengalaman bersama Groningen dan Celtic memberinya pandangan yang lebih realistis tentang pemain dengan kemampuan terbatas, semuanya memperkuat dugaan bek Liverpool menjadi pelatih elite di masa depan.

Perlu dicatat pula, Van Dijk pernah dilatih Louis van Gaal dan Ronald Koeman, dan saat ini masih dilatih oleh Jurgen Klopp di Liverpool.

 

3 dari 7 halaman

Kevin De Bruyne

Seringkali pesepak bola paling berbakat mengalami kesulitan sebagai manajer, karena mereka tidak dapat berempati dengan fakta sederhana bahwa orang-orang yang bekerja di bawah mereka tidak mampu memenuhi standar mereka sendiri.

Namun Kevin De Bruyne jelas mengincar manajemen dan dianugerahi lisensi kepelatihan UEFA A pada musim panas 2022, tidak lama setelah Manchester City memenangkan gelar Liga Inggris.

Bermain di bawah asuhan Pep Guardiola adalah pendidikan sepak bola terbaik yang bisa diterima pemain mana pun dan tidak diragukan lagi De Bruyne akan meneruskan etos dan praktik pemain Spanyol itu begitu dia berada di ruang istirahat.

Namun jangan lupa bahwa pemain Belgia ini memiliki pemikiran taktis yang hebat - lihat saja posisi yang dia ambil dan pergerakannya saat tidak menguasai bola di setiap pertandingan.

Sayangnya karena mulai terus-menerus berjuang melawan cedera saat ia berusia 30-an, KDB adalah salah satu pemain yang mungkin akan memulai transisinya ke dunia manajemen dalam beberapa tahun ke depan.

 

4 dari 7 halaman

James Milner

Sangat dihormati di seluruh sepak bola Inggris dan secara luas dianggap sebagai profesional paling sempurna dalam sejarah Liga Inggris, James Milner pasti akan menggunakan pengalamannya yang tak tertandingi dalam kompetisi ini untuk digunakan sebagai manajer begitu ia akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu. Lagi pula, apa gunanya memainkan lebih dari 600 pertandingan Premier League dan mewakili banyak klub besar Inggris jika Anda tidak ingin mewariskannya kepada generasi berikutnya?

Fakta bahwa Milner telah bermain di hampir semua posisi di lapangan, memenangkan hampir semua trofi, dan bekerja di bawah bimbingan sejumlah manajer yang menonjol dengan gaya yang sangat bervariasi, yaitu Jurgen Klopp, Roberto Mancini, Martin O'Neill, Manuel Pellegrini, Brendan Rodgers, Sam Allardyce, Terry Venables, Kevin Keegan dan Sir Bobby Robson, dan pengetahuan langsungnya mengenai praktik taktis dan manajemen manusia akan sangat lengkap.

 

5 dari 7 halaman

Thiago Silva

Satu-satunya hal yang tampaknya menghentikan Silva untuk mengambil pekerjaan sebagai manajer adalah kenyataan bahwa dia masih bermain sepak bola secara reguler di level paling atas pada usia 39 tahun, yang dengan sendirinya merupakan bukti fakta bahwa dia mungkin akan menjadi ahli taktik yang luar biasa.

Memang benar, Silva tak setangguh seperti bertahun-tahun yang lalu, namun secara mental dia masih menjadi salah satu pemain paling tajam di lapangan dan kemampuan penempatan dan antisipasi kelas dunia telah membuatnya tetap menjadi bagian penting dari skuad Chelsea.

Tidak asing dengan ban kapten, pemenang Liga Champions, dan mantan murid dari beberapa manajer elite seperti Felipe Scolari, Carlo Ancelotti, Massimo Allegri dan Thomas Tuchel, Silva memiliki otak sepak bola, kepemimpinan, pengalaman dan rekam jejak kesuksesan untuk berkembang sebagai pelatih.

 

6 dari 7 halaman

Casemiro

Kapten timnas Brasil, Casemiro sudah menjadi pemimpin di antara rekan-rekannya. Namun bukan sekadar membangkitkan semangat pasukan dan mengawasi rekan satu tim, gelandang Manchester United ini juga memiliki reputasi memahami detail permainan yang lebih baik.

Dilaporkan pada tahun 2023 bahwa Casemiro datang ke pertandingan dengan berbekal statistik dan fakta tentang lawan dan bahkan memiliki akun Wyscout pribadi untuk melakukan analisisnya sendiri, contoh utama adalah pola yang dia lihat dalam permainan Kylian Mbappe, yang dia manfaatkan dalam permainan.

Dia seorang obsesif terhadap sepak bola yang menonton setidaknya satu pertandingan sehari dan telah dipuji sebagai manajer masa depan oleh Carlo Ancelotti, yang membawa kita ke aspek berikutnya dari kredibilitas Casemiro, yakni fakta bahwa dia memenangkan lima gelar Liga Champions yang luar biasa di Real Madrid. memainkan peran yang sangat penting dalam empat pertandingan tersebut sebagai jangkar di belakang Toni Kroos dan Luka Modric di lini tengah.

Casemiro adalah pekerja tanpa tanda jasa di Los Blancos, tidak pernah keluar dari posisinya, selalu membuat keputusan yang tepat dan bersedia membiarkan orang lain berkembang dengan mengorbankan permainannya sendiri. Pola pikir itu pasti akan mempersiapkannya dengan sempurna untuk mencoba menjadi manajer puncak.

7 dari 7 halaman

Persaingan di Liga Inggris 2023/2024

Video Populer

Foto Populer