Sukses


Hasil Lengkap Liga Champions Tadi Malam: Barcelona Menang Meyakinkan, Arsenal Harus Jalani Adu Penalti untuk Lolos ke Perempat Final

Bola.com, Jakarta - Barcelona dan Arsenal melangkah ke perempat final Liga Champions 2023/2024. Bertanding pada Rabu (13/3/2024), Barcelona meraih kemenangan meyakinkan 3-1 atas Napoli, sementara Arsenal harus melalui drama adu penalti untuk menyingkirkan Porto.

Barcelona membuka keunggulan melalui gol pemain muda, Fermin, yang memaksimalkan umpan dari Raphinha pada menit ke-15. Dan dalam rentang dua menit, tim Catalan menggandakan keunggulan melalui gol Joao Cancelo.

Namun, Napoli mampu membalas satu gol sebelum babak pertama berakhir. Memaksimalkan umpan dari Matteo Politano, Amir Rrahmani berhasil menjebol gawang Marc-Andre ter Stegen.

Setelah kedudukan 2-1 bertahan hingga babak pertama berakhir, Barcelona dan Napoli saling jual beli serangan pada awal babak kedua. Namun, sejumlah peluang tak berhasil dimaksimalkan.

Baru pada menit ke-83, Barcelona menambah keunggulan menjadi 3-1. Robert Lewandowski mencetak gol setelah memaksimalkan umpan dari Sergi Roberto.

Keunggulan 3-1 yang dimiliki Barcelona pun bertahan hingga laga usai. Tim asuhan Xavi Hernandez itu pun berhasil melangkah ke perempat final Liga Champions dengan kemenangan agregat 4-2 atas Napoli.

2 dari 3 halaman

Arsenal Lolos Berkat Kemenangan Drama Adu Penalti

Arsenal berhasil melangkah ke perempat final Liga Champions setelah harus melalui laga hingga drama adu penalti. Arsenal menang 1-0 dalam waktu 90 menit tetapi harus melanjutkan pertandingan karena agregat imbang 1-1.

Arsenal berhasil membuat publik Emirates Stadium bergemuruh pada menit ke-41. Leandro Trossard berhasil mencetak gol yang memaksimalkan umpan dari Martin Odegaard.

Keunggulan 1-0 ini bertahan hingga 90 menit pertandingan berakhir. Skor ini membuat agregat menjadi imbang 1-1, mengingat The Gunners kalah 0-1 dari Porto pada leg pertama 16 besar.

Situasi tersebut membuat pertandingan harus berlanjut dengan babak extra time. Pada babak tambahan itu, baik Arsenal maupun Porto tetap tidak bisa mencetak gol lagi, sehingga akhirnya adu penalti pun tidak terhindarkan.

Kapten Arsenal, Martin Odegaard, menjadi eksekutor pertama dalam drama adu penalti ini, melakukan tugasnya dengan baik dengan mengecoh kiper Porto, Diogo Costa. Sementara hal yang sama juga dilakukan oleh Pepe Aquino yang menjadi eksekutor pertama Porto.

Kai Havertz yang menjadi eksekutor kedua Arsenal juga melakukan tugasnya dengan baik. Namun, sial bagi bek Porto, Wendell, yang eksekusinya berhasil ditepis oleh David Raya.

Bukayo Saka yang menjadi eksekutor ketiga Arsenal pun melakukan tugasnya dengan baik lewat sepakan yang sangat keras dan membuat Diogo Costa mati langkah. Marko Grujic yang jadi eksekutor ketiga Porto juga melakukan tugasnya dengan baik walau tembakannya bisa terbaca oleh David Raya.

Declan Rice yang maju sebagai eksekutor keempat Arsenal juga mampu mengecoh Diogo Costa dengan sangat baik. Sementara eksekutor keempat Porto, Galeno, berhasil dihentikan oleh David Raya, sekaligus memastikan Arsenal lolos ke perempat final Liga Champions berkat kemenangan 4-2 dalam drama adu penalti.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Arsenal vs Porto

  • Arsenal (4-3-3): David Raya; Ben White, William Saliba, Gabriel Magalhaes, Jakub Kiwior; Martin Odegaard, Jorginho, Declan Rice; Bukayo Saka, Kai Havertz, Leandro Trossard
  • Pelatih: Mikel Arteta
  • Porto (4-2-3-1): Diogo Costa; Joao Mario, Pepe, Otavio, Wendell; Alan Varela, Nico Gonzalez; Francisco Conceicao, Pepe Aquino, Galeno, Evanilson
  • Pelatih: Sergio Conceicao

Barcelona vs Napoli

  • Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Jules Kounde, Ronald Araujo, Pau Cubarsi, Joao Cancelo; Fermin, Andreas Christensen, Ilkay Gundogan; Lamine Yamal, Robert Lewandowski, Raphinha
  • Pelatih: Xavi
  • Napoli (4-3-3): Alex Meret; Giovanni di Lorenzo, Amir Rrahmani, Juan Jesus, Mario Rui; Franck Anguissa, Stanislav Lobotka, Hamed Traore; Matteo Politano, Victor Osimhen, Khvicha Kvaratskhelia
  • Pelatih: Francesco Calzona

Video Populer

Foto Populer