Sukses


Penantian Barcelona Lolos ke Perempat Final Liga Champions Selama 4 Tahun Berakhir, Xavi: Kami Menikmatinya!

Bola.com, Jakarta - Barcelona berhasil melangkah ke perempat final Liga Champions 2023/2024 setelah menyingkirkan Napoli dengan agregat 4-2. Blaugrana melangkah ke delapan besar kompetisi elite Eropa itu setelah empat tahun penantian.

Barcelona meraih kemenangan 3-1 atas Napoli dalam laga leg kedua 16 Besar Liga Champions 2023/2024 di Estadio Olimpic Lluis Companys, Rabu (13/3/2024) dini hari WIB.

Tiga gol Barcelona dicetak oleh Fermin Lopez pada menit ke-15, Joao Cancelo pada menit 17', dan Robert Lewandowski pada menit ke-83. Sementara satu-satunya gol Napoli dicetak Amir Rrahmani pada menit ke-30.

Dengan hasil imbang 1-1 di Naples pada leg pertama 16 besar Liga Champions, Barcelona pun lolos ke perempat final dengan agregat 4-2.

Ini pun menjadi momen membahagiakan bagi Barcelona yang sudah menunggu empat tahun untuk bisa melaju ke babak delapan besar Liga Champions.

2 dari 4 halaman

Menikmati Momentum

Xavi Hernandez pun merasa puas dengan kemenangan Barcelona di leg kedua 16 Besar Liga Champions. Menurutnya, ini menjadi momen yang sangat dinikmati oleh Barcelona.

"Kami memainkan pertandingan yang hebat. Tim saya mengerahkan segalanya di sana. Kami mendominasi permainan dan saya sangat bangga terhadap mereka. Ini adalah momen yang sangat kami nikmati!" ujar Xavi.

"Tujuan kami adalah bermain agresif, dengan atau tanpa bola. Kami terus memenangkan penguasaan bola. Napoli sampai jarang membuat serangan balik! Saya pikir kami tampil luar biasa dengan menang 3-1 atas rival yang bagus," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Kompetitif

Kemenangan Barcelona dan keberhasilannya melangkah ke perempat final Liga Champions setelah penantian selama empat tahun jelas menjadi pencapaian yang sangat baik bagi Xavi, di mana sang pelatih akan mundur dari posisinya pada akhir musim nanti.

Xavi pun menegaskan bahwa keputusannya membuat pengumuman pengunduran diri untuk akhir musim ini telah membantu para pemain Barcelona untuk bermain lebih lepas dan memperlihatkan potensi yang bagus, termasuk di Liga Champions.

"Saya rasa orang-orang tidak mempercayai saya ketika saya mengatakan bahwa saya yakin pengumuman saya akan membuat pemain lebih bebas. Sekarang kami telah memperlihatkan bahwa kami kompetitif di Eropa," ujar Xavi.

 
4 dari 4 halaman

Pujian untuk Cubarsi

Memainkan Lamine Yamal dan Pau Cubarsi sebagai starter di pertandingan Liga Champions kali ini benar-benar istimewa bagi Xavi. Memainkan dua pemain di bawah usia 18 tahun sebagai starter dalam sebuah laga penentuan tentu tidak mudah.

Pau Cubarsi pun menjawab kepercayaan Xavi dengan sangat baik, bermain sangat lepas dan bahkan menjadi man of the match dalam pertandingan kontra Napoli ini. Pujian pun mengalir dari Xavi.

"Cubarsi tidak pernah gugup, selalu menemukan posisi sebagai pemain bebas. Ia menciptakan momen untuk dirinya sendiri. ia mendikte tempo permainan, benar-benar spektakuler melihatnya bermain!" ujar Xavi.

"Pau Cubarsi adalah letusan talenta untuk Barcelona dan sepak bola Spanyol. Ia secara konstan bertanya kepada kami untuk mendapatkan video demi belajar agar membantunya berkembang. Ia adalah pemain yang terorganisasi dengan sangat baik dan memiliki pemikiran yang jernih. Ia rendah hati, pekerja keras," lanjut pelatih Barcelona ini.

Sumber: UEFA.com

Video Populer

Foto Populer