Sukses


Fakta-Fakta Jelang Drawing Perempat Final Liga Champions: Jadwal, Tata Cara, hingga Aturan

Bola.com, Nyon - Pengundian babak perempat final Liga Champions 2023/2024 akan digelar di Nyon, Swiss, pada Jumat (15/3/2024) pukul 18.00 WIB. Apa saja yang menarik jelang drawing tersebut?

Delapan klub akan diundi untuk delapan besar Liga Champions yang meliputi Arsenal, Atletico Madrid, Barcelona, Bayern Munchen, Borussia Dortmund, Manchester City, PSG, dan Real Madrid.

Bisakah wakil dari negara yang sama saling berhadapan di perempat final Liga Champions? Jawabannya ya. Tidak ada pembatasan dari UEFA, bahkan melawan tim yang pernah dilawan di penyisihan grup sekalipun.

"Delapan bola berisi nama perempat finalis ditempatkan di mangkuk besar di tengah dan dikocok," tulis UEFA terkait mekanisme pengocokan delapan besar Liga Champions.

-

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Penjelasan UEFA

"Tim pertama yang ditarik memainkan pertandingan pertamanya di kandang, melawan tim kedua yang ditarik. Prosedur ini diulangi dengan sisa bola di dalam pot untuk menyelesaikan lawan di perempat final," ujar UEFA.

Selain perempat final, UEFA juga akan sekalian membuat panduan untuk semifinal dan final Liga Champions. Istilah sederhananya adalah bagan.

"Untuk pengundian semifinal, empat bola berisi secarik kertas bertanda '[emenang perempat final 1' hingga 'pemenang perempat final 4' ditempatkan di mangkuk tengah yang besar dan dikocok," kata UEFA.

3 dari 3 halaman

Final di Wembley

"Pengundian bola pertama dan kedua menentukan lawan di semifinal pertama, pengundian bola pertama mewakili tim tuan rumah untuk leg pertama. Prosedur ini diulangi dengan sisa bola di dalam mangkuk untuk menyelesaikan pasangan semifinal," ungkap UEFA.

Partai puncak Liga Champions bakal berlangsung di Wembley Stadium, London, pada 1 Juni 2024. Sebelumnya, arena berkapasitas 87 ribu itu telah tujuh kali menjadi tuan rumah final turnamen antarklub Eropa, lebih banyak dari stadion lainnya.

Drawing perempat final Liga Champions dapat disaksikan di laman UEFA. Sementara, babak delapan besar akan bergulir pada 9-17 April 2024 dan semifinal pada 30 April-8 Mei 2024.

Sumber: UEFA

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer