Sukses


4 Bintang U-21 Terdahsyat di Kancah Sepak Bola Musim Ini: Jude Bellingham Bikin Sensasi

Bola.com, Jakarta - Sepak bola selalu diwarnai dengan melejitnya pemain-pemain muda bertalenta. Mereka terus berkembang dan menjelma menjadi tumpuan klub serta timnas masing-masing.

Waktu memang cepat berpacu. Ketika lagu Rihanna berjudul "Umbrella" meledak di pasaran pada 2007, Lamine Yamal baru lahir. Yamal, wonderkid Barcelona dan aset Timnas Spanyol, lahir pada 22 Januari 2007.

Begitu juga begitu dengan rekan setimnya di Camp Nou dan Timnas Spanyol, Pau Cubarsí, masih berusia enam bulan saat itu.

Seiring dengan berjalannya waktu, Yamal dan Cubarsi terus berproses ke arah yang positif. Artinya, performa duo remaja ajaib ini mengalami peningkatan yang signifikan.

Di timnas misalnya, keduanya kemungkinan akan melakoni debutnya bareng La Furia Roja dalam laga persahabatan melawan Kolombia serta Brasil pekan depan.

Menariknya, baik Yamal dan Cubarsi juga berpotensi bersua pemain muda Real Madrid asal Brasil yakni Endrick (17) dan dua pilar Girona yaitu Sávio (19) dan Yan Couto (21).

Di Timnas Jerman, pemain muda yang juga bakal mendapat kesempatan unjuk gigi adalah Florian Wirtz (20, Bayer Leverkusen) dan Jamal Musala (21, Bayern Munchen).

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Kriteria Penilaian

Selain Spanyol, Brasil, dan Jerman, Prancis serta Inggris juga sudah lebih dulu memberikan kesempatan bagi pemain mudanya. Warren Zaïre-Emery (18, Paris Saint-Germain) melakukan debut tim nasionalnya untuk Prancis pada November 2023 dan sukses mencetak gol.

Bintang Real Madrid, Jude Bellingham, sudah mencatatkan lebih dari 25 penampilan untuk Timnas Inggris. Padahal, dia baru akan berusia 21 tahun pada akhir Juni 2024.

Luar biasa. Di bawah usia 21 tahun, mereka telah mengguncang dunia. Layak diacungi jempol. Top. Di banyak belahan dunia, khususnya Eropa, generasi mudalah yang mengambil alih.

Perjalanan mereka masih panjang dan sarat tantangan. Pertanyaan kemudian mencuat: siapa yang paling ganas pada musim 2023/2024?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ESPN menggunakan sepasang statistik lanjutan, xG dan xPVA, dan menerapkannya pada pemain berusia 21 tahun ke bawah saat ini.

Perlu diketahui lagi xG, atau gol yang diharapkan, berasal dari model StatsPerform tentang seberapa besar kemungkinan upaya tembakan masuk ke gawang.

Kemungkinan penaltinya sekitar 79%, jadi nilainya 0,79 xG sementara gol jarak jauh dengan setengah pertahanan di depan Anda lebih seperti 1%, atau 0,01.

Ukuran lainnya, xPVA, belum tersebar luas. Berdasarkan StatsPerform, model ini melihat nilai tambah yang diharapkan untuk penguasaan bola tertentu melalui tindakan pemain apa pun, seperti operan, 1v1, dll.

Ini memberi penghargaan pada perkembangan bola, pada dasarnya adalah upaya untuk mengukur segala sesuatu yang terjadi sebelum tembakan, dan memberikan penghargaan kepada pemain seperti Jérémy Doku yang mendominasi dribel Manchester City (+8,9 xPVA, terbanyak di liga top Lima Besar Eropa) dan pemain bola ekstrem seperti Bukayo Saka dari Arsenal (+8,0), Kieran Trippier dari Newcastle (+7,1) dan Wirtz (+7.0).

Gabungkan dengan nilai pukulan itu sendiri, dan Anda mendapatkan ukuran nilai yang layak, ya?

Daftar papan atas xG+xPVA di lima liga besar Eropa pada 2023/2024 pada dasarnya adalah daftar "pemain terbaik di dunia". Harry Kane dari Bayern saat ini memimpin dengan 28,6 gabungan xG dan xPVA, diikuti oleh Kylian Mbappé (22,6), Erling Haaland (22.0), Mohamed Salah (21.5), Loïs Openda (20.4), Bukayo Saka (19.6) dan Lautaro Martínez (17.9).

Berikut empat dari delapan pemain U-21 terbaik di dunia menurut kriteria di atas. 

 

3 dari 6 halaman

Penyerang Tengah: Maximilian Beier, Hoffenheim (12,5 xG+xPVA)

Beier bukanlah pemain yang tidak dikenal menjelang musim 2023/2024. Pada usia 18 tahun, dia mencetak sepasang gol melawan Gent selama pertandingan Hoffenheim di Liga Europa 2020/2021.

Ia mengoleksi 15 gol selama dua tahun masa pinjamannya bersama Hannover 96 di musim 2023/2024 divisi dua Jerman.

Namun cukup adil untuk mengatakan bahwa proyeksi paling optimis pun tidak menunjukkan bahwa dia berpotensi mencetak lebih dari 15 gol di musim penuh pertamanya di Bundesliga.

Dalam 1.799 menit liga musim ini, Beier yang berusia 21 tahun telah mengemas 12 gol dan mendapat panggilan ke Timnas Jerman.

Dia sudah menjadi salah satu pemain dengan serangan balik terbaik di Eropa. Hanya lima pemain dari Lima Besar Eropa dari segala usia yang telah mencetak setidaknya empat gol dari serangan balik musim ini: Harry Kane, Kylian Mbappe, Samu Omorodion (Deportivo Alaves), dan Akor Adams (Montpellier) yang mencetak empat gol, dan hanya Beier yang menceploskan lima gol.

Dua gol terjadi dalam comeback menakjubkan dan kemenangan 3-2 atas Borussia Dortmund pada akhir Februari.

Jumlah gol Beier kemungkinan akan sedikit meningkat. Sebanyak 12 gol tersebut berasal dari tembakan bernilai 9,2 xG, dan saat ini dia adalah penyerang yang hanya melakukan tembakan saja.

Dari lima pemain berusia 21 tahun ke bawah yang mencetak setidaknya 10 gol di liga musim ini, ia mencatatkan assist paling sedikit (satu) dan menciptakan peluang paling sedikit (14).

Namun kehadirannya di daftar ini memberi tahu Anda bahwa dia masih tampil pada level yang cukup spesial untuk pemain berusia 21 tahun di liga besar.

Cadangan: Samu Omorodion, Deportivo Alaves (11.5)

 

4 dari 6 halaman

Pemain Sayap Kiri: Florian Wirtz, Bayer Leverkusen (13,8)

Kombinasi xG dan xPVA dibuat untuk Florian Wirtz. Sejujurnya, mengejutkan dia tidak berada di urutan pertama secara keseluruhan di departemen berusia 21 tahun ke bawah.

Pengambilan keputusannya sangat sempurna selama laju Bayer Leverkusen yang sedang memburu treble (Bundesliga, Liga Europa, DFB-Pokal) dan musim tak terkalahkan.

Dia mencetak 11 gol dan 17 assist dari 87 peluang yang tercipta di semua kompetisi. Di Bundesliga Wirtz berada di urutan pertama dalam xPVA (7.0), kedua dalam xPVA dari passing, keenam dalam xPVA dari take-ons, dan dia juga berada di urutan ketiga dalam assist (10), dan keempat dalam carry progresif (255).

Wirtz sama baiknya dengan siapa pun dalam membawa bola ke area berbahaya. Sungguh unik menemukan seseorang yang begitu produktif di departemen carry progresif dan juga elite dalam mencetak gol dan assist aktual.

Setelah keterpurukan baru-baru ini, kesuksesan tim nasional Jerman mungkin sepenuhnya ditentukan oleh peran Wirtz di level internasional.

Sejak kembali dari cedera ACL, dia bermain 555 menit dalam 10 pertandingan untuk Jerman. Dia tidak berhasil mencetak gol dan hanya membuat dua assist dari 12 peluang yang tercipta.

Namun ketika ia on fire, Jerman cenderung tampil hebat. Ia telah menghasilkan lebih dari 0,25 gabungan xG dan xA (assist yang diharapkan) tiga kali dalam rentang waktu ini, dan Jerman tidak terkalahkan dalam tiga laga (kemenangan atas Prancis dan Peru dan satu hasil imbang dengan Meksiko).

Dalam tujuh penampilannya yang kurang produktif, mereka hanya berhasil meraih satu kemenangan, satu kali imbang, dan lima kekalahan.

Jika Wirtz versi Leverkusen muncul di Euro 2024, Jerman bisa bersaing.

Cadangan: Xavi Simons, RB Leipzig (11.5)

 

5 dari 6 halaman

Sayap Kanan: Matias Soule, Frosinone (14,9)

Hanya tiga pemain di liga Lima Besar terbaik Eropa yang telah menggabungkan setidaknya 10 gol dengan setidaknya 150 umpan progresif musim ini.

Salah satunya adalah Jude Bellingham, mungkin pemain berusia 21 tahun ke bawah terbaik di dunia. Pemain lain adalah Phil Foden, yang baru-baru ini dipuji oleh Pep Guardiola sebagai pemain terbaik di Liga Inggris. Ketiga? Matias Soule.

Itu pernyataan yang cukup fantastis jika Anda seorang penyerang.

Sementara itu, hanya enam pemain di Lima Besar Liga Terbaik Eropa yang telah menggabungkan setidaknya 240 serangan progresif dan 170 umpan progresif, dengan setidaknya 11 gabungan gol dan assist. Mereka adalah Declan Rice dari Arsenal, Rodri dari Manchester City, dan Ilkay Gündogan dari Barcelona, ditambah pemain Brighton Pascal Gross, Wirtz, dan Soule.

Ketika statistik dapat menghubungkan dengan Rodri dan Bellingham, Anda sedang mengalami salah satu musim paling unik dan mengagumkan yang pernah tercatat.

Dan bagi Soule, itu terjadi saat pemain berusia 20 tahun bermain di klub Serie A yang terancam degradasi.

Dengan kata lain, Soule telah mengalahkan Wirtz musim ini, dengan kombinasi xG+xPVA tertinggi dari pemain berusia 21 tahun ke bawah di liga Lima Besar Eropa.

Dia memimpin Frosinone dalam catatan gol, percobaan tembakan, tembakan ke gawang dan xG, ditambah peluang yang diciptakan, assist yang diharapkan, umpan progresif, dan umpan progresif.

Oh ya, dan dia berada di urutan kedua dalam perolehan bola dan posisi kedua dalam total sentuhan. Sepertinya dia mengambil bola dari tim lain, membawa ke depan sendiri, mengoper bola ke dirinya sendiri, dan mencetak gol.

Setelah mencatatkan 420 menit liga untuk Juventus musim lalu, Soule menjadi bintang yang bersinar di Piala Dunia U-20 2023 dan dipinjamkan ke Frosinone yang baru dipromosikan.

Dia memanfaatkan peluang tersebut sebaik-baiknya. Semua orang mulai dari Newcastle United dan Aston Villa di Premier League hingga Al-Ittihad di Arab Saudi hingga semua tim Bundesliga yang bagus telah dikaitkan dengan dirinya di masa depan.

Di mana pun bermain, dia akan menjadi pemain paling berbahaya di lapangan.

Cadangan: Cole Palmer, Chelsea (13,6, ketiga secara keseluruhan)

 

6 dari 6 halaman

Gelandang Serang Tengah: Jude Bellingham, Real Madrid (12,2)

Ketika memulai karier di Borussia Dortmund pada usia 17 tahun, Bellingham langsung menjadi salah satu pemain paling penting dan tenang di lapangan untuk salah satu dari 10-12 klub terbaik di dunia.

Dia adalah seorang ahli bola elite dan vital. Tapi dia belum melakukan pekerjaan elite di sepertiga penyerangan.

Seperti yang dikatakan pelatih muda BVB Otto Addo kepada ESPN sebelum musim 2022/2023.

"Mungkin kedengarannya lucu, tapi masih ada ruang untuk perbaikan. Secara defensif, dia melakukannya dengan sangat, sangat baik. Secara ofensif, kami menunjukkan kepadanya banyak klip yang bisa dia lakukan seperti mencetak gol, tapi dia pemain brilian," kata Addo. 

"Tentu saja dia terkadang bisa lebih efisien di lini depan, tapi bagi seorang gelandang untuk menciptakan peluang sebanyak itu sangatlah besar".

Musim itu, segalanya mulai berjalan dengan baik di lini depan. Setelah menggabungkan enam gol dan 13 assist di semua kompetisi pada 2021/2022, Bellingham meningkatkannya menjadi 14 gol dan enam assist pada 2022/2023.

Pada musim pertamanya di Real Madrid, ia sudah mencetak 20 gol dan sembilan assist. Perkembangan produktivitas Bellingham sangat mengejutkan.

Bellingham terus mengumpulkan keterampilan. Dia sekarang menjadi gelandang dan penyerang elite. Dia baru akan berusia 21 tahun sampai Euro 2024 berlangsung.

Cadangan: Jamal Musala, Bayern Munich (11.2)

Sumber: ESPN

Video Populer

Foto Populer