Sukses


FIFA Batalkan Duel Korea Utara Vs Jepang di Kualifikasi Piala Dunia 2016: Bukan Laga Tunda dan Tidak Dijadwalkan Ulang

Bola.com, Jakarta - FIFA membatalkan pertandingan antara Korea Utara dan Jepang untuk putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Utara dan Tengah yang semula diadakan di Pyongyang, Korea Utara.

FIFA memutuskan bahwa pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia tersebut tidak akan dimainkan atau dijadwal ulang karena Korea Utara tidak dapat menemukan tempat dan tanggal pengganti.

“Pertandingan antara Korea Utara dan Jepang semula dijadwalkan pada Senin (25/3/2024) waktu setempat. Namun, pertandingan tersebut batal digelar karena Korea Utara tidak dapat menemukan tempat dan tanggal pengganti," ungkap FIFA dalam pengumumannya seperti dilansir The Dong-A pada Minggu  (24/3/2024).

FIFA memproses Korea Utara ke komite disiplin dan memutuskan Korea Utara mengundurkan diri dari pertandingan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 itu.

Selain itu, federasi sepak bola dunia itu juga telah mengeluarkan keputusan bahwa Korea Utara kalah dalam pertandingan dengan skor 0-3.

2 dari 3 halaman

3 Poin Gratis untuk Jepang

Situasi ini membuat Jepang mendapatkan tiga poin gratis dan tercatat meraih empat kemenangan dengan mengumpulkan 12 poin di Grup B putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Tim Samurai Biru itu pun berhasil memastikan satu tempat di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, terlepas dari hasil dua pertandingan tersisa.

Hasil satu kemenangan dan tiga kekalahan dengan tiga poin membuat Korea Utara berada di posisi ketiga di Grup B. Namun, berpotensi lengser ke posisi paling bawah, tergantung hasil pertandingan antara Suriah dan Myanmar pada Rabu (27/3/2024) dini hari WIB.

3 dari 3 halaman

Korea Utara Masih Punya Peluang?

Sebelumnya, Korea Utara kalah 0-1 dalam pertandingan ketiga di Grup B melawan Jepang di Tokyo, Kamis (21/3/2024). Pada hari berikutnya, AFC mengumumkan laga di Pyongyang yang dijadwalkan pada hari Selasa (26/3/2024) tidak akan diadakan.

“Korea Utara memberitahu kami dua hari yang lalu bahwa pertandingan harus dimainkan di tempat netral karena keadaan yang tak terhindarkan," ungkap pihak AFC.

Meskipun begitu, Korea Utara masih memiliki dua pertandingan kandang yang tersisa di Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Juni 2024. Laga itu bisa dimanfaatkan Korea Utara untuk mencoba lolos ke putaran berikutnya.

Namun, laga tersebut tidak akan berlangsung mudah, bukan hanya karena melawan Suriah dan Myanmar, tetapi juga terkait ketersediaan tempat yang aman untuk pertandingan. (Rayhan Nur Hakim)

Sumber: The Dong-A

Video Populer

Foto Populer