Sukses


4 Catatan Menarik Timnas Inggris Vs Belgia: Spesial bagi Declan Rice, Ivan Toney, dan Kobbie Mainoo

Bola.com, Jakarta - Timnas Inggris harus puas bermain imbang 2-2 dengan Belgia dalam laga uji coba internasional yang digelar di Wembley, Rabu (27/3/2024) dini hari WIB. Sejumlah catatan menarik dibuat oleh pemain The Three Lions.

Publik Wembley sempat dibuat terdiam lebih dulu setelah Youri Tielemans mencetak gol pembuka yang membawa Belgia unggul 1-0 pada menit ke-11. Eksekusi penalti Ivan Toney pada menit ke-17 membuat Timnas Inggris menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Youri Tielemans yang punya pengalaman bermain di Inggris benar-benar memperlihatkan kualitasnya dengan mencetak gol kedua pada menit ke-36. Belgia pun unggul 2-1 hingga babak pertama berakhir.

Tak ada gol tambahan selama 45 menit babak kedua, Timnas Inggris akhirnya selamat dari kekalahan berkat gol yang dicetak oleh Jude Bellingham pada menit kelima masa injury time. Pemain Real Madrid ini memaksimalkan umpan dari James Maddison untuk membuat kedudukan berakhir imbang 2-2.

Berikut empat catatan menarik yang hadir setelah Timnas Inggris dan Belgia bermain imbang di Wembley:

2 dari 5 halaman

Declan Rice Jadi Penerus Sol Campbell dan Tony Adams

Dalam pertandingan melawan Belgia ini, Declan Rice sejak awal ditunjuk menjadi kapten. Pertandingan ini istimewa bagi Rice yang juga mendapatkan cap ke-50 bersama The Three Lions.

Mengenakan ban kapten di lengan, Declan Rice menjadi pemain Arsenal pertama yang menjadi kapten Timnas Inggris sejak terakhir kalinya dijabat Sol Campbell pada 2005.

Bicara bermain di Wembley, Declan Rice juga menjadi kapten Timnas Inggris pertama yang bermain di Wembley sejak terakhir kalinya Tony Adams menjadi kapten ketika The Three Lions menghadapi Jerman di Wembley pada 2000.

3 dari 5 halaman

Gol Pertama Ivan Toney di Timnas Inggris dari Titik Putih

 

Ivan Toney mencetak gol untuk Timnas Inggris dalam laga kontra Belgia. Ini menjadi gol pertama Toney bersama The Three Lions.

Menariknya, Ivan Toney juga menjadi pemain pertama yang mencetak gol dari titik putih dalam penampilan pertamanya bersama Timnas Inggris sejak terakhir kalinya dilakukan Allan Clarke ketika menghadapi Cekoslovakia di Piala Dunia 1970.

4 dari 5 halaman

Ivan Toney Butuh Setahun untuk Main Lagi di Timnas Inggris

 

Laga kontra Belgia juga menjadi pertandingan kedua Ivan Toney bersama Timnas Inggris. Menariknya, cap kedua di timnas Inggris ini didapatkan Toney setahun setelah yang perdana.

Ivan Toney mendapatkan debutnya bersama Timnas Inggris saat menghadapi Ukraina pada 26 Maret 2023. Ia menjadi pemain Inggris ketiga yang mendapatkan cap kedua setelah setahun dari yang pertama.

Sebelumnya ada Tom Cooper yang mendapatkan cap pertama pada 22 Oktobe 1927 dan mendapatkan cap kedua pada 1928. Selain itu ada pula Ralph Coates yang mendapatkan debut pada 21 April 1970 dan baru mendapatkan cap kedua pada 1971.

5 dari 5 halaman

Kobbie Mainoo Ikuti Jejak Marcus Rashford

Setelah masuk lapangan sebagai pemain pengganti saat Timnas Inggris menghadapi Brasil pada pekan lalu, kini Kobbie Mainoo menjadi starter untuk kali pertama di Timnas Inggris.

Kobbie Mainoo tampil sebagai starter untuk kali pertama dalam usia 18 tahun dan 342 hari. Ia menjadi pemain termuda ketiga dari Manchester United yang mendapatkan kesempatan starter di Timnas Inggris.

Sebelumnya ada Duncan Edwards yang mendapatkannya pada usia 18 tahun 183 hari dan Marcus Rashford yang mendapatkan kesempatan menjadi starter The Three Lions saat berusia 18 tahun 209 hari.

Sumber: Squawka, OptaJoe

Video Populer

Foto Populer