Sukses


3 Catatan Kemenangan Timnas Indonesia U-23 Vs Australia: Eksperimen Sukses Nathan Tjoe-A-On

Bola.com, Jakarta - Sejumlah fakta menarik tersaji saat Timnas Indonesia U-23 menumbangkan perlawanan Australia U-23 pada pertandingan lanjutan fase penyisihan Grup A Piala Asia U-23 2024.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis (18/4/2024) malam WIB itu, Timnas Indonesia U-23 sukses menang tipis dengan skor 1-0 lewat gol Komang Teguh Trisnanda (45’).

Kemenangan ini tentu menjadi modal berharga bagi skuad Garuda Muda. Peluang skuad asuhan Shin Tae-yong untuk melaju ke fase gugur Piala Asia U-23 2024 masih tetap terbuka.

Di balik catatan positif ini, terselip sejumlah fakta menarik yang mengiringi perjuangan Timnas Indonesia U-23. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

--- 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

1. Kembali Dihukum Penalti

Timnas Indonesia U-23 lagi-lagi harus mendapatkan hukuman penalti pada pertandingan ini. Momen itu terjadi pada pertengahan babak pertama, tepatnya ketika laga baru menginjak menit ke-21.

Hukuman ini bermula dari tembakan penyerang Timnas Australia U-23, Mohamed Toure, dari luar kotak penalti. Namun, sepakan ini malah membentur tangan Komang Teguh. Dari hasil tinjauan VAR, wasit memutuskan untuk memberikan penalti.

Ini menjadi kali kedua bagi skuad Garuda Muda mendapatkan hukuman penalti. Pada laga sebelumnya, Indonesia mendapat hal serupa saat menghadapi Qatar U-23. Bedanya, tayangan VAR memperlihatkan Rizky Ridho yang melakukan pelanggaran di kotak penalti.

 

3 dari 4 halaman

2. Peran Baru Nathan

Daftar susunan pemain yang dirilis Timnas Indonesia U-23 menghadirkan kejutan. Nathan Tjoe-A-On akhirnya mendapatkan kepercayaan bermain sebagai starter.

Uniknya, Nathan tak menempati posisi aslinya sebagai bek kiri. Pemain asal klub Heerenveen SC ini justru dipasang Shin Tae-yong untuk mengisi pos lini tengah dan berduet bersama Marselino Ferdinan.

Keputusan ini diambil karena absennya Ivar Jenner yang terkena sanksi larangan bermain. Hasilnya cukup memuaskan. Sepakan Nathan pada menit ke-45 sukses ditanduk Komang Teguh untuk membuka keunggulan Garuda Muda.

 

4 dari 4 halaman

3. Dinamika Komang Teguh

Komang Teguh Trisnanda menjadi salah satu pemain yang memperlihatkan dinamika performa di atas lapangan. Pasalnya, dia mengawali pertandingan dengan aksi yang mengejutkan karena menyebabkan penalti.

Namun, menjelang berakhirnya babak pertama, Komang Teguh bisa menjebol gawang Timnas Australia U-23 setelah menanduk bola sepakan Nathan Tjoe-A-On dari dalam kotak penalti lawan.

Penampilan pemain Borneo FC ini akhirnya harus diakhiri pada menjelang akhir babak kedua. Komang Teguh mengalami cedera sehingga harus ditandu keluar lapangan karena tak bisa melanjutkan pertandingan.   

Video Populer

Foto Populer