Sukses


Kejutan Pemain Pilihan Deschamps untuk Piala Eropa 2016

Bola.com, Paris - Pelatih tim nasional (Timnas) Prancis, Didier Deschamps menegaskan, dirinya akan memberikan banyak kejutan jelang putaran final Euro 2016. Satu di antaranya terkait pemilihan pemain yang berhak mengenakan kostum kebesaran Les Bleus.

Seperti dirilis France Football, Kamis (3/3/2016), Deschamps sudah memetakan siapa saja yang akan menjadi bagian dari penggawa timnas Prancis untuk berlaga di depan publik sendiri. Kabarnya, beberapa nama 'aneh' sudah ada dalam genggaman sang pelatih.

Eks pelatih Juventus tersebut bakal mengumumkan kepastian nama skuat lengkap timnas Prancis pada 12 Mei mendatang. "Masih ada waktu bagiku untuk menimbang beberapa nama. Seluruh pemain Prancis memiliki kans, dan saya akan memberikan sedikit kejutan terkait nama di pasukanku," tegas Deschamps.

Ia tak ingin membeberkan secara detil siapa saja yang masuk dalam radar pilihannya. Beberapa pihak menilai, komposisi pemain ala Deschamps tak akan jauh dari apa yang akan diperlihatkan kala sang tuan rumah bersua Belanda dan Rusia, akhir bulan ini.

Latarnya tak lain, dua laga persahabatan internasional tersebut menjadi kesempatan terakhir bagi Deschamps untuk menguji para pemain. Tak heran jika siapa yang terpilih untuk bermain pada partai pemanasan tersebut, hampir dipastikan menjadi kandidat kuat penghuni timnas.

"Andai saya harus memilih skuat hari ini, saya akan melakukan itu. Itu tak akan terjadi, karena saya akan melakukan itu nanti, pada 12 Mei, dan sebagian pemain pasti sudah dikenal. Sedangkan deretan pemain yang di luar prediksi juga akan ada. Jadi, tunggu saja, karena ada beberapa kandidat yang bisa saja tak sesuai perkiraanku," beber Deschamps.

Satu di antara pemain yang dianggap memiliki kapasitas mumpuni adalah gelandang Leicester City, N'Golo Kante. Sayang, sang kandidat kini sedang bergelut dengan cedera. Deschamps mengakui masih mencari pengganti sang gelandang, yang bakal digunakan saat bersua Belanda (25/3) dan Rusia (29/3) di Paris.

"Berkostum timnas di tengah lapangan pertandingan adalah impian seluruh pesepakbola, apalagi kami akan bermain di rumah sendiri. Saya berharap bisa masuk ke tim utama, dan menikmati tantangan luar biasa untuk berjaya di kandang sendiri," tutur Kingsley Coman, pemain yang kini membela Bayern Munchen.

Sayang, persiapan timnas Prancis bukan tanpa kendala. Selain kuantitas dan kualitas pertandingan yang minim nuansa kompetitif, mereka juga sedang bermasalah dengan dua persona, Karim Benzema dan Mathieu Valbuena.

Masalah ini sebenarnya sudah selesai, setelah Benzema mendapat sanksi dari federasi sepak bola Prancis. Namun, melihat performa sang bomber asal Real Madrid, sebuah kerugian bagi Prancis jika tak menggunakan jasanya sebagai pelapis atau pendamping Olivier Giroud.

Sementara level permainan Valbuena semakin menurun sepanjang musim ini. "Jangan tanyakan itu padaku dalam situasi seperti sekarang. Saat ini, Karim tak bisa digunakan, Valbuena masih bisa dan selalu begitu," tegas Deschamps.

Sumber: France Football

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer