Sukses


Rosicky Terinspirasi Pesan Bocah Korban Perang Suriah

Bola.com, Prague - Kapten tim nasional Ceska, Tomas Rosicky, mengungkapkan, motivasinya tampil di ajang Piala Eropa 2016 adalah surat dari salah satu korban perang saudara di Suriah. 

Pada musim 2015-16, Rosicky hanya tampil dalam satu pertandingan dan itu pun tidak penuh bermain selama 90 menit. Meski begitu, pemain berusia 35 tahun tersebut tetap dimasukkan pelatih Pavel Vrba ke dalam skuat sementara Ceska untuk ajang Piala Eropa 2016. 

"Setelah mengalami cedera, saya tahu tidak ingin mengakhiri karier seperti ini. Saya kemudian mendapatkan pesan, tidak hanya dari rekan-rekan, tetapi juga dari orang di seluruh dunia yang mengatakan cerita saya telah memberi inspirasi kepada yang lainnya," ungkap Rosicky. 

"Saya mendapatkan pesan dari seorang anak kecil di kamp pengungsian di Suriah yang berharap dan menunggu saya kembali bermain lagi. Ini membuat saya tersentuh. Saya melihat begitu pentingnya sepak bola bagi kehidupan orang."

"Saya kemudian berpikir dan pesan itu benar-benar memengaruhi saya agar tidak menyerah. Ini membuat saya untuk tidak mengatakan selamat tinggal karier saya karena selama ini hanya duduk di bangku cadangan," kata mantan gelandang Borussia Dortmund itu. 

Ceska tergabung di Grup D Piala Eropa 2016 bersama Turki, Kroasia, dan juara bertahan, Spanyol. Pada pertandingan pertama, Rosicky dan kawan-kawan bakal menghadapi skuat asuhan Vicente Del Bosque, di Stadium Municipal, Toulouse, pada 13 Juni mendatang. 

"Saya senang kami berada di grup sulit. Kami akan memainkan sepak bola yang lebih baik melawan tim-tim kuat, ketika kami bukan favorit. Di ajang Piala Eropa, Anda harus bermain melawan tim yang lebih baik. Ini akan menjadi pengalaman yang bagus untuk karier kami," harap Rosicky. 

Sumber: UEFA

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer