Sukses


GP Hungaria 2015: Finis Ke-6, Lewis Hamilton Kehabisan Kata-kata

Bola.com, Budapest - Dominasi pebalap Mercedes, Lewis Hamilton di Sirkuit Hungaroring berakhir pahit saat menjalani balapan GP Hungaria 2015, Minggu (26/7/2015) malam WIB. Memulai lomba dari pole position, Hamilton harus puas finis di urutan keenam.

Tak seperti empat sesi sebelumnya (tiga sesi latihan bebas dan satu sesi kualifikasi), ketika pebalap asal Inggris ini begitu digdaya dan selalu mencatat waktu tercepat, di sesi balapan malam ini, performa Hamilton berbalik 180 derajat. Selain start buruk, kehilangan kendali, hukuman penalti, dan kerusakan sayap depan mobil turut mewarnai jalannya balapan Hamilton.

"Saya tidak punya kata-kata untuk menjelaskan balapan hari ini. Yang jelas, hari ini adalah salah satu dari performa terburuk yang pernah saya lakukan," tutur Hamilton seusai balapan, dilansir BBC.

"Saya tidak tahu apakah karena faktor ketidakberuntungan atau masalah konsentrasi. Tapi sepanjang balapan, saya tetap berusaha dan tidak menyerah. Namun, terlalu banyak rintangan di depan saya. Saya juga banyak mengambil keputusan salah," sambungnya.

Di atas kertas, Hamilton sejatinya punya peluang besar menyelesaikan GP Hungaria dengan kemenangan. Apalagi, dia memulai balapan dari posisi terdepan.

Akan tetapi, buruknya start yang dilakukan Hamilton membuat kans tersebut lenyap separuhnya. Kesempatan juara semakin buram bagi Hamilton saat di lap pertama, mobil yang dikendarainya melebar keluar lintasan. Sontak, posisinya semakin turun dari posisi keempat ke posisi ke-10.

Tapi, Hamilton menolak menyerah. Bermodal jet darat pabrikan Mercedes yang mumpuni, juara dunia F1 dua kali ini pelan-pelan memperbaiki posisinya.

Di lap ke-29, Hamilton sudah berada kembali di urutan keempat. Posisi yang didapatnya seusai start.

Sayangnya, posisi Hamilton ini tidak berlangsung langgeng. Usai safety car keluar lintasan menyusul insiden patah sayap depan mobil yang dialami pebalap Force India-Mercedes, Nico Hulkenberg, posisi Hamilton kembali melorot.

Lagi-lagi, keterlambatan reaksi Hamilton saat balapan dimulai membuatnya disalip dua pebalap Red Bull-Renault, Daniel Ricciardo dan Daniil Kvyat. Hamilton pun menempati posisi keenam.

Mimpi buruk Hamilton terus berlanjut saat dia diminta menjalani drive through penalty usai terbukti menyebabkan senggolan dengan Ricciardo di lap ke-48. Setelah itu, pebalap berusia 30 tahun ini harus kembali masuk pit untuk mengganti bagian depan jet daratnya.

Banyaknya drama yang menghantam pada akhirnya membuat Hamilton hanya bisa menambah 8 poin dari hasil finis keenam. Namun begitu, statusnya sebagai pimpinan klasemen tetap aman. Hingga GP Hungaria 2015, Lewis Hamilton masih memuncaki klasemen pebalap dengan koleksi 202 poin.

Baca juga:

Sebastian Vettel Menangi GP Hungaria 2015

Suasana Momen Hening untuk Jules Bianchi di GP Hungaria 2015

Ukir Pole Position, Hamilton : Ini Akhir Pekan Menggembirakan!

Video Populer

Foto Populer