Sukses


Soal Rio Haryanto ke F1, DPR Sebut Bola di Tangan Pemerintah

Bola.com, Jakarta Anggota Komisi X DPR yang membidangi olahraga, pendidikan, budaya, dan pariwisata, Moreno Soeprapto, mengatakan pemerintah memegang peranan krusial untuk membantu mengantar Rio Haryanto ke pentas Formula 1 (F1). Mantan pebalap nasional tersebut juga berjanji terus mendukung Rio untuk mewujudkan impian tampil di ajang mobil paling bergengsi sejagat itu.

Kans Rio menembus ajang F1 sebenarnya sudah terbuka lebar. Tawaran sudah datang dari dua tim F1, Force India dan Manor Marussia. Dengan Manor, kedua belah pihak telah bernegosiasi namun belum ada kesepakatan karena terkendala dana. Rio belum memiliki dana yang dibutuhkan untuk masuk ke pentas F1, yang jumlahnya lebih dari Rp 400 miliar.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pertemuan dengan Rio di Istana Negara, Agustus lalu, telah berjanji ikut membantu dalam pencarian dana. Caranya dengan menginstruksikan Menteri BUMN supaya bergerilya mencari sumber dana.

Namun, sampai sekarang belum ada hasil signifikan terkait pencarian dana tersebut. Padahal waktu semakin mendesak karena tim-tim F1 tidak bisa menunggu terlalu lama. Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati, secara terang-terangan juga meminta perhatian dari pemerintah terkait kelanjutan karier sang putra. Hal itu diungkapkannya setelah Rio naik podium kedua di GP2 Rusia, Minggu (11/10/2015). 

“Saya berharap pencarian dana tersebut benar-benar terealisasi. Mencari dana lewat BUMN memang saat ini menjadi solusi paling realistis. Bola sekarang ada di tangan pemerintah. Rio kini sudah tinggal selangkah lagi menuju F1, dan tidak bisa menunggu lama karena tim F1 yang menawarinya pasti menunggu jawaban,” kata Moreno, saat dihubungi bola.com, Senin (12/10/2015) malam.

“Saya tentu juga akan tetap berdoa dan berusaha semaksimal mungkin mendukung bersama teman-teman di Dewan dan eksekutif. Jika Rio berhasil ke F1, nama Indonesia kan otomatis juga akan ikut terangkat. Kita semua bangga,” imbuhnya.

Moreno mengatakan Rio sangat layak didukung. Apalagi kiprahnya di ajang GP2 musim ini juga sangat menjanjikan, kini berada di posisi ketiga klasemen sementara. Jika berhasil naik level ke ajang F1, Rio akan mencatatkan sejarah baru. Dia bakal menjadi pebalap Indonesia pertama yang berpartisipasi di ajang balapan jet darat tersebut.

"Jika tahun ini anggaran yang dibutuhkan Rio tak bisa didapat. Pemerintah melalui Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga) harus memprioritaskan anggaran untuk Rio pada tahun berikutnya," kata Moreno. 

"Dana itu bisa diprioritaskan di Deputi IV, ada ruang dan kamar yang jelas, yaitu di Olahraga Industri dan Prestasi. Bisa dianggarkan lewat situ. Saya berharap tahun ini Rio bisa tembus ke F1, tetapi kalau sampai belum bisa, pemerintah melalui Kemenpora harus lebih siap tahun depan,” imbuh dia. 

Baca Juga: 

Ibunda Rio Haryanto Tagih Komitmen Pemerintah Terkait Dana ke F1

Hasil GP2 Rusia Diinvestigasi, Rio Haryanto Berpeluang Juara

Rio Haryanto Ditawari Gabung Manor, Dana Jadi Kendala

 

Video Populer

Foto Populer