Sukses


SFC Nilai Wacana PT LI Ubah Penjadwalan Laga Tak Realistis

Bola.com, Palembang - Rencana PT Liga Indonesia (LI) mengubah sistem jadwal pertandingan Indonesia Super League (ISL) disambut dingin manajemen Sriwijaya FC. Menurut Sekretaris tim Laskar Wong Kito, Achmad Haris, perubahan konsep jadwal pertandingan harus dipikirkan lebih matang karena akan sangat merugikan pihak klub dan juga pemain.

"Saat ini lebih baik kita terlebih dulu berkonsentrasi agar kompetisi bisa bergulir lagi secara normal, karena baru saja PSSI mengeluarkan rencana menggulirkan kembali ISL sudah ada pihak lain yang menentangnya. SFC melihat wacana perubahan sistem penjadwalan pertandingan tersebut harus dikaji lagi. Konsep klub yang harus bertanding sekali di kandang dan tandang, apakah cocok dengan karakteristik serta luasnya geografis di Indonesia," ujar Haris.

Menurut Haris, konsep yang sudah dilaksanakan PT LI selama ini dengan sistem pasangan sudah cukup baik. "Jadi artinya saat SFC bertanding ke Surabaya juga dapat meneruskan pertandingan melawan klub seperti Persela Lamongan atau Gresik United yang lokasinya tidak terlalu jauh dan bisa menghemat waktu," jelasnya.

Selain penghematan waktu, klub juga dapat menekan biaya operasional yang saat ini masih menjadi salah satu sektor pengeluaran terbesar. "Bayangkan jika harus kembali dulu ke Palembang, tentu akan sangat menambah beban tim. Rasanya klub di luar negeri juga tidak sepenuhnya menerapkan aturan satu laga kandang dan tandang," ungkapnya.

Tidak hanya itu, luasnya geografis di Indonesia juga menurutnya menjadi salah satu faktor yang dapat membuat pemain merasa kelelahan selama di perjalanan.

"Pemain juga pasti akan merasa capek jika harus bolak-balik, apalagi penerbangan di Indonesia terkadang ada penyesuaian jadwal. Jadi kami pikir rencana tersebut harus dikaji terlebih dulu, tidak usah tergesa-gesa dan jangan dipaksakan jika memang klub belum siap,” tegas sekretaris tim SFC itu.

Beberapa waktu lalu PT Liga Indonesia melalui Sekretaris PT LI, Tigorshalom Boboy, mengungkapkan wacana PT LI untuk mengubah penjadwalan pertandingan di ISL 2015-2016 dari yang sebelumnya klub menjalani beberapa laga tandang dan kandang sekaligus, menjadi berselang di tiap pertandingan, kandang dan tandang atau sebaliknya.

 

Baca juga :

Tak Punya Klub Usai Kontrak Diputus SFC, Ini Kata Raphael Maitimo

SFC Enggan Kumpulkan Pemain Sebelum Ada Kejelasan dari PSSI

SFC Kalem Tanggapi Ketertarikan PSM Pinang Ferdinand Sinaga

 

Video Populer

Foto Populer