Sukses


Zulham Zamrun di Antara Frustrasi, CR7, dan Persib

Bola.com, Bandung - Zulham Malik Zamrun terlihat begitu emosional saat merayakan gol perdananya buat Persib Bandung kala Tim Pangeran Biru bertemu Persiba Balikpapan di babak penyisihan Grup A Piala Presiden 2015 (2/9/2015).

Pada menit ke-74 Zulham mencetak gol pertama untuk Persib sekaligus gol ketiga Maung Bandung dalam pertandingan itu. Selebrasi gol yang dilakukan gelandang serang berusia 27 tahun itu cukup menarik perhatian. Zulham memilih melakukan selebrasi seperti yang kerap diperagakan megabintang Real Madrid dan Portugal, Cristiano Ronaldo.

Ya, Zulham terlihat memutar badannya di udara sambil mengangkat kedua tangan dan begitu mendarat, pose show-off ala Ronaldo, diperlihatkannya bagi seluruh penonton yang ada di Stadion Si Jalak Harupat dan yang menyaksikan melalui televisi maupun live streaming.

Tak hanya itu, sesaat setelah bergaya ala CR7, mantan pemain Persela Lamongan dan Pro Duta itu berlari sambil menciumi logo Persib yang ada di jersey yang dikenakannya.

Kepada Bola.com, yang menemuinya secara khusus, Zulham mengungkapkan perasaannya ketika itu.

"Saya memang cukup emosional. Mungkin disebabkan situasi sebelum itu. Seperti diketahui, saya sempat mengalami ketidakjelasan, apakah bisa bermain di Piala Presiden untuk Persib atau tidak," katanya.

Jelang kick-off Piala Presiden Grup A, 2 September lalu, Zulham memang diliputi ketidakpastian. Sebentar dikabarkan bisa membela Persib, tak lama kemudian ia disebut tak bisa tampil. Namun, selang beberapa hari, saudara kembar Zulvin Zamrun itu kembali dinyatakan bisa tampil. Tapi, kabar itu hanya sesaat karena tak lama berselang, lagi-lagi ia disebut tak bisa tampil.

Masa itu diakui Zulham membuatnya sangat frustrasi. "Hanya beberapa hari sebelum pertandingan pertama, saya memutuskan untuk pulang ke Ternate karena kabarnya saya tak bisa main. Eh, tak tahunya tak berapa lama kemudian saya dipastikan bisa tampil. Jadilah, selebrasi itu seperti pelampiasan perasaan frustrasi karena saya memang ingin main untuk Persib," papar gelandang serang timnas Indonesia itu.

Diakui Zulham, kubu Persib yang pertama mendekatinya seusai bermain di Liga Ramadhan di Makassar. Lantaran berstatus tak terikat dengan manapun, selepas diputus kontrak oleh Persipura, Zulham mengambil tawaran itu. Apalagi, selama ini ia juga penasaran ingin bermain di Persib.

Penampilan eksplosif kala bersua Persiba Balikpapan lalu juga disebabkan masa adaptasinya di Persib yang terbilang mulus. Ia bisa langsung nyetel dengan rekan-rekan barunya. Hal itu mengingat di kubu Maung Bandung bercokol sejumlah pemain yang sudah akrab dengan Zulham. Sebut saja Firman Utina, Achmad Jufriyanto, M. Ridwan, yang kerap bersamanya di Timnas Senior. Juga beberapa pemain lain. Bisa dibilang, ia tak perlu mengeluarkan banyak upaya untuk beradaptasi.

"Pelatih Djadjang Nurdjaman juga baik, memberikan saya kesempatan bermain dalam skemanya. Karena itu saya ingin membalas kesempatan itu dengan memberikan gol dan penampilan apik," ungkapnya.

Ekspresi Zulham Zamrun setelah mencetak gol ke gawang Persiba Balikpapan dalam turnamen Piala Presiden 2015 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung. Rabu (2/9/2015). (Bola.com/Peksi Cahyo)

Begitu sukses menceploskan gol ke gawang lawan di laga perdana "resmi" untuk Persib, Zulham langsung termotivasi untuk kembali melahirkan gol-gol. Ia berjanji memberikan yang terbaik buat Persib.

"Janji" lain, Zulham ingin mencetak gol lain agar bisa berselebrasi layaknya CR-7 lagi. Tak perlu basa-basi lagi, pemain asal Ternate itu mengakui ngefans berat dengan Cristiano Ronaldo. Hampir semua hal soal Ronaldo diikutinya. Tak hanya gaya bermain yang sebisa mungkin diconteknya untuk selanjutnya dipraktikkan saat ia bermain, melainkan juga gaya rambut dan seperti ditulis di atas, perihal perayaan gol.

"Saya memang mengidolakan Ronaldo, sudah sejak dulu. Dia pemain luar biasa, baik di dalam maupun luar lapangan. Saya rajin menonton permainannya dan mengikuti berita tentangnya," ucapnya.

Peluang mencetak gol senantiasa terbuka selama ia memperlihatkan performa mumpuni. Di laga kontra Persebaya United, Minggu (6/9/2015), Zulham turun sebagai starter dalam skema 4-3-3 yang diterapkan Djadjang Nurdjaman. Dan, keinginannya bergaya ala CR7 lagi, kesampaian.

Zulham mencetak gol indah lewat tendangan keras kaki kiri pada menit ke-12. Gol pembuka buat Persib malam itu disambut, lagi-lagi begitu emosional oleh Zulham. Ia berlari hingga ke luar lapangan menuju tribun, diakhiri selebrasi show-off bak Ronaldo sambil kembali menciumi logo Persib di kostum biru. Malam yang akan dikenang Zulham pastinya.

Bicara soal Persib, Zulham mengakui sangat nyaman dengan keberadaannya saat ini. Ia pun tertarik bisa membela Persib secara permanen di ISL 2015-2016. Hanya, mengenai hal itu, ia berujar belum mengambil keputusan apapun.

"Kebersamaan saya dengan Persib untuk saat ini hanya selama Piala Presiden. Saya belum memutuskan apakah akan kembali ke Persipura, bermain di Persib, atau bahkan bermain di luar negeri. Untuk sekarang, saya akan fokus membawa Persib menjuarai Piala Presiden dulu," tuturnya.

Bila Zulham terus on-fire seperti yang diperlihatkannya di dua pertandingan Grup A, bukan tak mungkin pencinta sepak bola nasional akan terus dihibur dengan perayaan gol menarik ala CR7.

Baca Juga :

Firman Utina Kaget Zulham Zamrun Jadi Rekan Setim di Persib

Zulham Zamrun Sibuk Tarkam di Liga Ramadan dan Geber Motor

Wawancara Zulham Zamrun: "Etikanya Saya Bicara ke Persipura Dulu"

Video Populer

Foto Populer