Sukses


Ramdani Lestaluhu vs Rizky Pellu: Kecepatan vs Agresif ala Tulehu

Bola.com, Gianyar - Laga terakhir Grup C Piala Presiden 2015, yang mempertemukan Persija Jakarta kontra Mitra Kukar akan berlangsung pada Senin (7/9/2015) malam WIB. Bentrok kedua tim bisa dibilang sebagai pertaruhan "hidup dan mati."

Siapa yang memenangi laga berpeluang lolos ke perempat final. Guna memuluskan target memenangi laga kedua kubu bakal menurunkan pilar-pilar terbaiknya.

Macan Kemayoran dan Naga Mekes memiliki pemain andalan yang sama-sama ditempa di sepak bola antarkampung (tarkam) Tulehu, Maluku, tersbeut.

Persija dengan formasi 4-5-1 akan mengandalkan Ramdani Lestaluhu untuk dapat membongkar pertahanan Naga Mekes yang dikomandoi Zulkifli Syukur.

Sementara itu, Mitra Kukar yang gemar memakai formasi 4-3-2-1 akan mengandalkan Rizky Pelu untuk menjadi gelandang angkut air yang menyulitkan Macan Kemayoran menembus pertahanan Naga Mekes.

Baik Ramadani dan Rizky Pelu diprediksi akan punya peran besar di pertandingan terakhir Grup C. Mereka bisa jadi pembeda yang mempengaruhi hasil akhir duel Persija vs Mitra Kukar.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang peran vital kedua pemain itu, berikut analisisnya seperti dirangkum Bola.com:

Ramdani Lestaluhu (Persija Jakarta)

Ramdani Lestaluhu bisa dibilang memiliki kemampuan yang lengkap sebagai seorang gelandang. Ia memiliki kecepatan dan kemampuan mendribel bola di atas rata-rata pemain Persija lainnya. Dengan kemampuannya itu, Ramdani kerap berhasil membongkar pertahanan lawan dari sektor sayap untuk memberikan umpan matang ke pemain depan Macan Kemayoran di kotak penalti.

Selain itu, Ramdani mempunyai akurasi tendangan yang terarah. Beberapa kali, pemain kelahiran Tulehu, Maluku tersebut kerap menciptakan gol melalui tendangan spekulasi. Tak mengherankan kalau, pelatih Persija, Rahmad Darmawan menjadikan pemain kelahiran 5 November 1991 itu sebagai barometer penyerangan Macan Kemayoran.

Pemain Persija, Ramdani Lestaluhu melompat menghindari pemain Persita, Zikri Akbar pada laga Piala Presiden di Stadion Dipta, Kamis (3/9/2015). Pertandingan berakhir imbang 1-1. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Penampilan Ramdani belum mencapai titik maksimalnya dalam dua laga Persija saat menghadapi Bali United dan Persita Tangerang. Meski begitu, Rahmad Darmawan akan tetap menempatkan Ramdani sebagai motor serangan Persija saat menghadapi Persita di laga hidup mati Grup C Piala Presiden.

Keistimewaan Ramdani dibading gelandang-gelandang Persija lainnya adalah sang pemain bisa bermain di berbagai posisi. Ia bermain sama bagusnya di posisi sayap (kanan dan kiri), gelandang serang, atau penyerang lubang.

Wajib ditunggu penampilan salah satu pilar Timnas Indonesia tersebut untuk membongkar pertahanan Naga Mekes dan memberikan umpan matang kepada Bambang Pamungkas dkk.


Rizky Pellu (Mitra Kukar)

Peran Rizky Pellu sangat vital bagi lini tengah Mitra Kukar dalam ajang Piala Presiden. Pemain berumur 23 tahun tersebut diplot sebagai aktor utama Naga Mekes sebagai jangkar berduet dengan gelandang flamboyan, Eka Ramdani.

Gelandang yang terkenal agresif di lini tengah itu dikenal sebagai pemotong bola yang ulung. Ia jadi benteng kokoh menghalau serangan lawan dari sektor kedua.

Berbeda dengan kebanyakan gelandang bertahan lainnya, Pellu yang dimatangkan di SSB Putra Tulehu jago mendribel bola. Dengan berbekal kemampuan tersebut ia jadi pengatur tempo permainan mengikuti situasi yang berkembang di lapangan.

Kalaupun, mantan pemain PBR itu mempunyai kekurangan, ia hanya tidak memiliki kecepatan. Tapi tetap saja dengan postur tinggi besar menjulang Rizky Pellu  jadi tembok yang sulit dilalui para pemain ofensif Persija.

Pemain Persita, Bruno Kasmir berusaha menahan bola dari pemain Mitra Kukar, Rizky Pellu pada laga Piala Presiden di Stadion I Wayan Dipta, Bali, Minggu (30/8/2015). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Pelatih Mitra Kukar, Jafri Sastra, berharap ketangguhan Pellu melapisi lini pertahanan akan membuat kerja Eka Ramdani dalam membantu serangan menjadi lebih fokus.

Mitra Kukar, yang mengejar kemenangan, harus meningkatkan intensitas serangan untuk mengejar gol.

Baca Juga :

Kalahkan Persebaya United 2-0, Persib Melaju ke Perempatfinal

Seru di Menit Akhir, Persiba Balikpapan Kalahkan Martapura FC 3-2

Persija Terbawah, Ini Klasemen Sementara Grup C Piala Presiden

 

Video Populer

Foto Populer