Sukses


Trio Gaek Tantan-Firman-Ridwan Masih Jadi Tulang Punggung Persib

Bola.com, Bandung - Saat keluar sebagai juara ISL 2014, skuat Persib Bandung mencatat rata-rata usia 27,7 tahun. Hal ini menunjukkan Persib banyak mengandalkan pemain di usia puncak karier. Sangat sedikit tenaga muda yang menghuni tim kebanggaan bobotoh ini. Bahkan musim 2015 ini saat Persib berusaha meremajakan skuatnya, masih cukup banyak pemain senior yang dapat kepercayaan untuk menjadi tulang punggung.

Dari sekian banyak pemain senior yang ada dalam skuat Persib, barangkali ketiga pemain ini bisa dikatakan merupakan andalan pelatih Djadjang Nurdjaman. Mereka adalah M. Ridwan, Firman Utina, dan Tantan. Ketiga pemain ini selalu jadi pilihan utama Djadjang Nurdjaman di setiap pertandingan. Jika tidak ada halangan, mulai cedera atau akumulasi kartu, mereka pasti jadi pilihan untuk turun ke lapangan.

Semisal di pertandingan pertama Piala Presiden 2015 kontra Persiba Balikpapan (2/9/2015). Saat itu Ridwan dan Firman Utina turun sebagai starter. Kemudian Tantan masuk menggantikan Firman Utina pada menit ke-70. Hebatnya, Tantan sempat mencetak gol pada menit ke-90. Sedangkan Ridwan keluar pada menit ke-39 digantikan Zulham Zamrun. Ketika itu, jika bukan karena cedera, Ridwan tidak akan diganti pada menit tersebut. Dalam laga itu Persib menang 4-0.

Tantan (kanan), penyerang yang amat berbahaya lewat tusukannya dari sektor sayap. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pada pertandingan kedua melawan Persebaya United, M. Ridwan terpaksa disimpan karena belum sembuh dari cedera. Sedangkan Tantan dan Firman Utina masuk sebagai starter. Dalam laga itu produktivitas Tantan kembali terlihat, dengan mencetak gol pada menit ke-52. Untuk Firman Utina seperti biasa, diganti jelang pertandingan berakhir. Kali ini Firman digantikan M. Taufiq pada menit ke-78. Persib pun menutup pertandingan dengan kemenangan skor 2-0.

Meski Djadjang Nurdjaman berkali-kali menekankan timnya tidak tergantung terhadap pemain, tetap tidak bisa dibantah bila tim pelatih Persib masih butuh peran pemain gaek semacam Ridwan, Firman, dan Tantan. Namun demikian, pilihan itu terbilang wajar karena kualitas mereka masih mampu bersaing dengan para pemain muda, baik di dalam Persib maupun tim lain.

Menariknya, tim pelatih Persib tidak tutup mata dengan faktor usia mereka. Itulah kenapa Firman Utina kerap diganti pemain lain saat pertandingan memasuki menit-menit terakhir. Atau sebaliknya, Firman kerap jadi pemain pengganti saat pertandingan memasuki babak kedua. Hal ini untuk menyiasati faktor stamina yang jelas tidak bisa ditutupi buat pemain di usia kepala tiga.

Saat ini dalam skuat Persib, Ridwan juga punya pelapis sepadan seiring masuknya Zulham Zamrun. Posisi penyerang sayap yang ditempati Ridwan mensyaratkan stamina yang kuat. Begitu pula dengan Tantan yang sekarang jadi andalan di lini depan. Kecepatan pemain ini masih bisa diandalkan, termasuk gocekannya di dalam kotak penalti.

Di laga terakhir penyisihan Grup A melawan Martapura FC, yang sudah tak lagi menentukan buat Persib, ada kemungkinan tiga pemain itu disimpan atau tidak dimainkan secara penuh oleh tim pelatih Persib karena rencana rotasi yang akan diterapkan.

Baca Juga :

Persib Juara Piala Presiden? Kenapa Tidak

Highlights Piala Presiden 2015: Persib vs Persebaya 2-0

Zulham Zamrun di Antara Frustrasi, CR7, dan Persib

 

 

Video Populer

Foto Populer