Sukses


Inilah Resep PSM Tak Kebobolan di Fase Grup Piala Presiden

Bola.com, Makassar - Bersama Persib Bandung, PSM Makassar tercatat sebagai klub yang tidak pernah kebobolan di fase Grup Piala Presiden. Padahal, awalnya lini belakang PSM diprediksi jadi titik lemah. Pelatih PSM, Assegaf Razak, sempat meminta manajemen mendatangkan pemain asing untuk mengawal lini belakang PSM.

Pasalnya, manajemen tidak lagi menggunakan jasa dua pilar Juku Eja di di ISL lalu yakni Markus Haris Maulana (kiper) dan Boman Aime (bek tengah). Parahnya lagi, duet bek sentral yang dipertahankan, Agung Prasetyo dan Ahmad Maulana, sempat diragukan tampil karena mengalami cedera dalam latihan.

Dalam tiga laga PSM di Grup D, Agung tampil penuh sedangkan Maulana hanya tampil pada laga perdana melawan Gresik United. Di laga berikutnya, dua bek kanan, Iqbal Samad dan Hendra Wijaya, absen saat PSM menekuk Persipasi Bandung Raya karena diganjar kartu merah di partai pertama.

Alhasil, Assegaf sempat memainkan Kurniawan Karman (sayap) jadi bek kanan dan Ardan Aras (gelandang) jadi stoper untuk menutup celah di belakang. Menurut Assegaf, semangat pantang menyerah dan kebersamaan plus kepiawaian kiper Dimas Galih Pratama mementahkan peluang lawan jadi kunci sukses timnya.

"Saya selalu tekankan kepada pemain bahwa keberhasilan dan kegagalan adalah milik bersama," ujar Assegaf.

Menghadapi tuan rumah Mitra Kukar di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Sabtu (19/9/2015), Assegaf kembali bereksprimen di lini belakang. Selain kembali memainkan Hendra Wijaya yang sejatinya adalah bek kanan sebagai stoper berduet dengan Agung, Assegaf mematok Aditya Putra Dewa sebagai bek kiri menggantikan peran Satrio Syam dan Rasul Zainuddin. Padahal pada tiga laga di Grup D, Dewa jadi salah satu tombak Juku Eja di formasi 4-3-3.

"Selain punya kemampuan menyerang, Dewa saya lihat punya naluri bertahan yang baik. Saya sudah mencobanya dalam gim internal jelang ke Tenggarong," papar Assegaf.

Di lain sisi, untuk mempermudah kinerja lini belakangnya, Assegaf memainkan lima gelandang bertipe pekerja saat dijamu Mitra Kukar yakni Syamsul Chaeruddin, Ardan Aras, Kurniawan, Rasyid Bakri dan Tamsil Sijaya. "Mereka saya nilai punya kemampuan bertahan dan menyerang sama baiknya," jelas eks striker PSM itu.

Ditunggu saja hasil eksprimen Assegaf Razak untuk PSM Makassar di Tenggarong.

Baca Juga :

Ini Daftar 34 Pemain yang Diboyong PSM untuk Ladeni Mitra Kukar

Dukung PSM di Tenggarong, Fans Minimal Rogoh Kocek Rp 750 Ribu

Panpel PSM Antisipasi Calo Tiket, Ancaman Calon Penonton, Flare

 

Video Populer

Foto Populer