Sukses


Ini Tips PSM Lolos ke Semifinal dari Legenda PSM

Bola.com, Makassar - PSM Makassar wajib menekuk Mitra Kukar dengan selisih dua gol pada partai kedua perempat final Piala Presiden 2015 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Sabtu (26/9/2015). Pasalnya, Juku Eja takluk 0-1 pada leg pertama di Stadion Aji Imbut. Tenggarong, akhir pekan lalu.

Di mata Alibaba, eks stoper yang membawa PSM juara Liga Indonesia 2000, Juku Eja bisa ke semifinal asal solid dan konsisten dalam menyerang. "Kalau boleh menyumbang saran, sebaiknya coach Assegaf Razak kembali memainkan pola 4-4-2 yang lebih dipahami oleh mayoritas pemain PSM," ujar Alibaba, yang juga bergelar Doktor Ilmu Manajemen ini.

Menurut dosen pada sejumlah perguruan tinggi di Indonesia Timur ini, dirinya tidak sependapat dengan Assegaf yang cenderung memaksakan pola 4-3-3 dengan alasan menyesuaikan dengan materi pemain yang ada sekarang. "Kalau menurut saya alasan itu justru tak cocok karena justru pola 4-4-2 lebih pas dengan materi sekarang," katanya.

Dengan pola 4-4-2 yang lebih memaksimalkan sisi sayap, PSM punya barisan pemain sayap yang punya kecepatan dengan umpan yang terukur. Di sisi kanan ada Kurniawan Karman dan Maldini Pali. Sedang sisi kiri dihuni Aditya Putra Dewa dan Rahmat Syamsuddin, yang bisa diturunkan bergantian.

Sementara di lini depan, duet Muchlis Hadi Ning Syaifulloh dan Ferdinand Sinaga tampil bersamaan. "Ferdinand bisa berperan sebagai second striker di belakang Muchlis," papar Alibaba

Di gelandang tengah, lanjut Alibaba, Assegaf bisa mengandalkan Ardan Aras dan Syamsul Chaeruddin sebagai pemutus serangan lawan. "Keduanya pun bisa dioptimalkan sebagai pemulai serangan dari tengah karena sama-sama punya umpan jauh yang akurat," tambahnya.

Di pihak lain, Alibaba sependapat dengan Assegaf yang menilai kekuatan Mitra Kukar dalam melakukan serangan bertumpuh pada kecepatan dua pemain sayap mereka, Hendra Adi Bayauw dan Defri Rizki. "Saya yakin Assegaf sudah memiliki solusi untuk mematikan kedua winger Mitra Kukar," pungkas Alibaba.

Baca Juga :

Pelatih PSM: Strategi Mitra Kukar Terbaca, Pasti Bakal Parkir Bus

Kalah di Tenggarong, Kapten PSM: "Kami Tunggu di Makassar!"

Bonus Ratusan Juta Guyur PSM bila Masuk 4 Besar Piala PresidenBonus Ratusan Juta Guyur PSM bila Masuk 4 Besar Piala Presiden

Video Populer

Foto Populer