Sukses


Analisis Aji Santoso: 5 Pilar Persib Absen, Tuan Rumah Unggul

Bola.com, Malang - Persib Bandung, salah satu tim yang difavoritkan menjuarai Piala Presiden 2015, akan menjawab tantangan Mitra Kukar di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Minggu (4/10/2015). Pertemuan ini terjadi di semifinal pertama Piala Presiden 2015.

Persib datang tanpa lima pemain intinya yang absen dengan sejumlah alasan, mulai hukuman bermain karena kartu merah dan akumulasi kartu kuning hingga cedera. 

Mantan pelatih Timnas U-23 di SEA Games 2015 Singapura, Aji Santoso, menuturkan analisisnya perihal pertandingan ini. Aji memprediksi absennya lima pemain inti Persib akan memengaruhi jalannya pertandingan. 

Seperti apa analisis Aji Santoso? Berikut selengkapnya:

Absennya lima Pilar Persib diyakini eks pelatih Timnas U-23, Aji Santoso, memengaruhi kekuatan Persib. Tanpa Vladimir Vujovic, Jufriyanto, Ilija Spasojevic, Zulham Zamrun, dan Hariono, tim berjulukan Pangeran Biru itu berada dalam masalah besar.

Meski pemain pelapis Persib memiliki kualitas yang nyaris sama, bagi Aji kekuatan Persib tetap mengalami penurunan. "Kualitas individu pemainnya boleh hampir sama. Tapi, secara kolektif pasti berbeda antara pemain yang biasa turun sebagai starter dengan yang bukan," ujar Aji.

Alasannya, pemain starter bisa langsung nyetel satu sama lain, sementara pemain pelapis terkadang butuh waktu untuk bisa padu. "Kekuatan Persib yang paling tereduksi ada pada barisan pertahanan. Siapa pun penggantinya, bakal sulit menyamai kemampuan Vladimir," tutur Aji.

Aji percaya Persib tetap main normal meski tanpa lima pilar mereka. Karena yang ia tahu, pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman, bukan tipikal pelatih yang suka bermain bertahan, baik saat tampil di kandang maupun tandang.

Menurut Aji kebiasaan inilah yang akan dimanfaatkan Mitra Kukar untuk mengeksploitasi beberapa titik lemah tim tamu. "Jika bisa melihat celah yang timbul dari absennya pemain starter Persib, Mitra Kukar memiliki kesempatan besar untuk memenangkan pertandingan," ucap skuat juara SEA Games 1991 ini.

Dengan kekuatan yang dimiliki Mitra Kukar, Aji memprediksi tuan rumah bisa memenangi laga meski dengan selisih skor tipis. Sebab dengan absennya lima pemain pilar Persib, kekuatan Mitra Kukar sedikit di atas tim tamu.

Dukungan publik Kutai Kartanegara di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, juga bisa menjadi keuntungan sekaligus keunggulan bagi tuan rumah. Ia yakin motivasi tinggi yang dimiliki pemain Mitra Kukar bakal membuat mereka percaya diri untuk tampil menyerang.

"Setiap tim yang bertemu lawan dengan level di atasnya, biasanya akan tampil lebih baik. Apalagi kali ini kekuatan lawannya menurun, pasti akan lebih termotivasi karena mereka tahu bahwa ini saat yang tepat bagi mereka mendapatkan hasil bagus sebelum giliran kekuatan Persib pulih di leg kedua nanti," jelas Aji.

Dari hitung-hitungan faktor teknis dan nonteknis itulah, Mitra Kukar ia yakini bakal menang dengan skor tipis antara 1-0 atau 2-0. "Ini pasti menjadi duel sengit, karena Persib juga tak akan mau kalah dengan selisih skor besar," katanya.

Baca Juga :

Curahan Hati 3 Mantan Pilar Persib yang Kini Membela Mitra Kukar

Ini Kata Yandi Sofyan soal Kans Bermain Melawan Mitra Kukar

6 Pemain Pilar Persib Absen, Mitra Kukar Janji Tampil Ofensif

Video Populer

Foto Populer