Sukses


Persija Semestinya Bisa Bangkit karena Memiliki Jakmania

Bola.com, Jakarta - Kisah sedih krisis finansial klub Persija Jakarta menarik perhatian Adhyaksa Dault. Sang mantan Menpora menilai Tim Macan Kemayoran yang punya sejarah panjang prestasi di era Perserikatan dan Liga Indonesia tidak sepantasnya terpuruk seperti saat ini.

Adhyaksa Dault secara terus terang mengaku memiliki ketertarikan besar membantu Persija keluar dari krisis. "Saya pribadi amat optimistis Persija bisa bangkit. Tim yang satu ini sejatinya punya segalanya," ungkap pria asal Makassar tersebut pada Selasa (27/10/2015).

Maksud Adhyaksa, Persija memiliki suporter berlimpah yang semestinya bisa diberdayakan untuk mendatangkan pemasukan dari sponsor. ”The Jakmania adalah kebanggaan Persija, Persija tidak akan besar tanpa Jakmania, Persija harus bersyukur memiliki suporter yang militan dan loyal seperti mereka. Kehadiran mereka semestinya bisa dimaksimalkan untuk mendatangkan sponsor,” ujarnya.

Kata Adhyaksa, ucapannya ini bukan tanpa alasan. Persija memiliki nama besar dengan suporter yang juga sangat besar. Suporter yang lahir dari tahap demi tahap dan tumbuh secara perlahan namun pasti, suporter yang punya kebanggaan pada klub kesayangan. Saat ini, anggota resmi Jakmania menembus angka 100 ribu orang.

Dengan nama besar dan suporter yang loyal, sudah semestinya berdampak kepada kekuatan finansial. Kata Adhyaksa, Persija merupakan tim yang sangat seksi dan berpotensi dekat dengan para pendukung terutama sponsor.

"Hanya bagaimana nanti mengelolanya dengan cara profesional. Harus diisi juga oleh sumber daya manusia yang potensial dan memang berada di habitat sepak bola itu sendiri. Persija tim besar dan tetap akan menjadi tim besar jika manajemennya profesional," tutur pria kelahiran Donggala, 7 Juni 1963 tersebut.

Bukan tanpa alasan tiba-tiba Adhyaksa Dault bicara soal Tim Macan Kemayoran. Adhyaksa telah mencalonkan secara resmi sebagai Gubernur DKI.

Tak ingin dicap mencari muka ke Persija dan Jakmania, Adhyaksa Dault menjanjikan akan turun tangan langsung membenahi Persija jika nantinya terpilih sebagai orang nomor satu ibu kota. Persija dinilai sangat butuh sosok pemimpin daerah yang memiliki kepedulian besar pada dunia olahraga.

Sejarah mencatat Persija selalu mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi. Ali Sadikin, Basofi Sudirman, dan Sutiyoso, deretan Gubernur DKI Jakarta yang aktif menyokong pendanaan Tim Macan Kemayoran. 

Saat ini Persija yang dimpimpin Ferry Paulus tengah berada dalam kondisi limbung. Salah satu klub yang diklaim sebagai salah satu kontestan Jenderal Sudirman Cup aktivitasnya mati suri karena krisis finansial. Belum tahu kapan Bambang Pamungkas dkk. bakal memulai aktivitas latihan.

Menarik untuk ditunggu realisasi janji Adhyaksa.

 

Video Populer

Foto Populer