Sukses


Statistik Dominasi Persipura atas PSM: Pugliara Jadi Bintang

Bola.com, Jakarta - Persipura Jayapura mengalahkan PSM Makassar 1-0 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Senin (23/11/2015). Gol tunggal Lancine Kone pada menit ke-46 memastikan 3 angka direngkuh dan menjaga asa Mutiara Hitam untuk lolos ke babak 8 besar.

Anak asuh Oswaldo Lessa menguasai jalannya pertandingan degan penguasaan bola sebanyak 65 persen. Ricardo Salampessy dan kawan-kawan total melepaskan 553 umpan dengan 463 di antaranya sukses. Tingkat akurasi umpannya mencapai 84 persen.

Sedangkan PSM yang hanya menguasai 35 persen bola, hanya melakukan 284 umpan 284. Juku Eja juga hanya menghasilkan 209 umpan sukses yang berarti akurasinya hanya 73 persen.

Penguasaan bola itu berimbas pada peluang yang dihasilkan. Persipura mampu melepaskan 16 tembakan dengan 4 di antaranya menemui sasaran, 7 melebar, dan 5 lainnya diblok pemain PSM.

Ayam Jantan dari Timur hanya membuat 7 tembakan dan hanya 1 saja yang menemui sasaran. Sementara sisanya, 3 melebar, dan 3 diblok pemain Persipura.

Peluang terbaik anak asuh Lestiadi terjadi pada menit ke-75 ketika memperoleh penalti setelah Syamsul Chaeruddin dijatuhkan kiper Persipura, Ferdiansyah. Sayang eksekusi Syamsul berhasil digagalkan oleh kiper nomor dua tim asal Papua itu.

Untuk catatan aksi bertahan, Persipura dan PSM relatif berimbang. Persipura melakukan 16 tekel sukses, 15 intersep, dan 18 kali sapuan. Sementara PSM melakukan 19 kali tekel sukses dan 15 intersep.

Meski gagal membendung sundulan pemain pengganti Persipura, Lancine Kone, kiper Dimas Galih berhasil menahan 4 peluang lainnya. Sedangkan Ferdiansyah jadi pahlawan dengan menahan penalti Syamsul yang jadi satu-satunya peluang terbaik PSM.

Kedua tim bermain biasa, tidak keras. Persipura melakukan 15 pelanggaran dan PSM 12 pelanggaran. Keduanya sama-sama menerima 2 kartu kuning.

Pugliara pemain terbaik

Lancine Kone jelas dinilai sebagai pahlawan kemenangan Persipura. Baru masuk pada awal babak kedua, dia langsung mencetak gol kemenangan hanya 1 menit setelah masuk ke lapangan. Pencapaian yang amat baik tentunya.

Tapi, Labbola lebih memilih Robertino Pugliara sebagai pemain terbaik dalam pertandingan ini berkat kontribusi apiknya sepanjang pertandingan. Pemain bernomor punggung 10 ini menciptakan 3 peluang yang salah satunya merupakan umpan yang jadi gol Lancine Kone.

Robertino total melepaskan 53 umpan sukses dan 12 lainnya gagal. Selama 90 menit di lapangan Robertino juga mencatatkan 1 tekel sukses, 5 sundulan sukses, dan 4 kali dribble sukses.

Setelah sempat kalah di pertandingan pertama dari Bali United, perlahan tapi pasti Persipura mulai menemukan permainan terbaiknya. Persipura Jayapura jelas ingin mengalahkan Mitra Kukar yang mereka jumpai di laga keempat untuk bisa melenggang ke perempatfinal.

Video Populer

Foto Populer