Sukses


Wawancara Nilmaizar: Semen Padang Bermain dengan Hati

Bola.com, Jakarta - Semen Padang jadi salah satu tim yang tampil mengejutkan di babak 8 besar Piala Jenderal Sudirman. Lolos dengan predikat peringkat tiga terbaik dari Grup B babak penyisihan, tim Kabau Sirah membalikkan keadaan dengan lolos ke babak semifinal sebagai juara Grup D babak 8 besar.

Pelatih Nilmaizar menyebut beberapa kunci sukses Semen Padang menembus semifinal Piala Jenderal Sudirman. Berikut petikan wawancara bola.com dengan Nilmaizar, beberapa waktu lalu di Solo, Jawa Tengah.

Persiapan Semen Padang cukup minimalis sebelum tampil di Piala Jenderal Sudirman. Apa yang Anda tekankan hingga tim mampu meraih hasil maksimal dan lolos semifinal?

Cukup satu kata yang membuat kami bisa membalikkan keadaan, Semen Padang bermain dengan hati. Anak-anak nyaman dan tidak terbebani dengan turnamen karena awalnya kami tak punya target tinggi.

Apalagi di babak penyisihan, kami juga melewati perjuangan yang sulit, termasuk banyak hal nonteknis yang merugikan kami. Tapi sekarang semua sudah dijalani dengan baik. Kami tinggal menuntaskan perjuangan di babak semifinal.

Bila dikalkulasi, berapa hari Semen Padang melakukan persiapan menuju babak penyisihan dan 8 besar?

Semuanya serba singkat. Untuk babak penyisihan, persiapan kami hanya dua minggu. Setelah lolos ke babak 8 besar, persiapan intens hanya satu pekan. 

Motivasi besar apa dibalik sukses tim Anda ke babak semifinal?

Kami punya harga diri. Semen Padang tim besar dan pernah melesat ke pentas Asia. Anak-anak tahu betul bagaimana menjaga kebanggaan mereka.

Apakah kemenangan pertama atas PS TNI di babak 8 besar berpengaruh besar terhadap pemain?

PS TNI adalah salah satu tim yang membuat kami penasaran. Mungkin anak-anak sangat termotivasi untuk mengalahkan PS TNI yang berstatus juara grup babak penyisihan dan belum pernah terkalahkan waktu itu.

Saya juga termasuk pelatih yang memuji pemain PS TNI yang punya kekuatan fisik bagus. Persiapan mereka juga lebih matang. Untuk sebuah tim baru, PS TNI tampil mengejutkan di babak penyisihan. 

Apakah laga tersebut jadi yang terberat buat Semen Padang?

Mungkin lebih berat di babak penyisihan grup. Tetapi, saya menekankan pemain untuk bermain sabar di pertandingan pertama babak 8 besar. Hasilnya memang signifikan setelah kami membuat PS TNI frustrasi dan akhirnya mengalahkan mereka. Selanjutnya kami mampu mengalahkan Mitra Kukar.

Menurut Anda, bagaimana persaingan babak semifinal melawan Pusamania Borneo FC?

Semuanya tidak ada yang mudah. Bisa saja ada kejutan di semifinal. Untuk itu kami harus waspada dan memanfaatkan waktu untuk persiapan semaksimal mungkin.

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer