Sukses


Sensasi Mantan Gelandang Persib Raih 5 Gelar Juara di Thailand

Bola.com, Jakarta - Dalam sepekan terakhir, dua pemain Thailand yang sama-sama pernah membela Persib Bandung, membuat sensasi yang menghebohkan. Selain Kosin Hathairattanakool yang jadi perhatian dengan nilai transfer pemecah rekor 5,7 miliar rupiah dari Chonburi ke Suphanburi FC, ada pula Suchao Nuchnum yang bergelimang prestasi sepanjang 2015.

Bersama Buriram United, Suchao mengukir prestasi sensasional sepanjang 2015. Suchao mengantarkan Buriram memenangi lima gelar pada 2015. Lima gelar itu, yakni King's Trophy, Piala Liga, Thai Premier League (TPL), Mekong Club Championship, dan Piala FA.

Memang, dari raihan itu tercatat hanya ada tiga gelar yang berstatus utama, seperti TPL, Piala Liga, dan Piala FA. Tetapi, raihan itu tetap jadi sejarah tersendiri buat klub di pentas sepak bola Negeri Gajah Putih.

Sama seperti Kosin, Suchao juga sulit dilupakan para bobotoh Persib Bandung. Keberadaannya di Persib, kendati hanya setengah musim di ISL 2009, meninggalkan kesan mendalam. Golnya dari tendangan sudut ke gawang Persik Kediri, termasuk jadi salah satu yang senantiasa diingat bobotoh.

Mantan pemain Persib, Suchao Nuchnum (kanan), tampil gemilang dengan meraih lima gelar sepanjang 2015 bersama Buriram United. (Buriram United Facebook)

Bermain di 13 pertandingan dengan koleksi tiga gol sudah cukup buat Suchao mencuri hati warga Bandung, bobotoh serta penggemar sepak bola di negeri ini. Jelang  kepulangannya ke Thailand seusai masa peminjamannya berakhir, penyerang  sayap kelahiran 17 Mei 1983 itu berjanji suatu saat akan kembali ke Bandung dan membela tim Pangeran Biru lagi.

Namun, performanya yang cemerlang bersama Buriram membuat kontraknya terus diperpanjang klub berjulukan The Thunder Castles itu. Bahkan pada 2013 ia diberi kepercayaan jadi kapten tim.

Suchao pantas bangga dengan pencapaiannya bersama Buriram sepanjang tahun ini, yang ditutup dengan kemenangan 3-1 atas musuh bebuyutan, Muangthong United, di final Piala FA, Minggu (27/12/2015), di Bangkok, Thailand. Tidak sembarang pesepak bola bisa meraih gelar sebanyak itu dalam satu musim kompetisi.

Hina Catalunya, Barcelona putus kontrak Guardiola. Baca selengkapnya di sini

Video Populer

Foto Populer