Sukses


Mantan Pelatih Arema Gagal Latih Timnas Malaysia

Bola.com, Jakarta - Robert Rene Alberts gagal menduduki kursi pelatih kepala di timnas Malaysia senior. Gugus tugas khusus yang dibentuk Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) untuk menyeleksi kandidat pelatih timnas Malaysia, memutuskan memberikan kursi panas itu kepada Ong Kim Swee.

FAM semula memberikan ancar-ancar akan mengumumkan perihal pelatih anyar pada akhir bulan ini. Namun, pada akhirnya keputusan itu disampaikan FAM, pada Senin (18/1/2016).

Seperti dilansir dari sejumlah media massa di Negeri Jiran, Ong Kim Swee dikontrak selama dua tahun, hingga 2017. Kim Swee secara resmi terpilih menggantikan Dollah Salleh, yang mundur usai kekalahan 0-10 dari Uni Emirat Arab di kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Asia Grup A sekaligus kualifikasi Piala Asia 2019, pada awal September 2015.

Sosok Kim Swee tak asing lagi dan bahkan jadi kandidat kuat mengingat pelatih berusia 45 tahun itu berstatus caretaker sejak Dollah Salleh mundur. Sebelum ditunjuk jadi pelatih sementara timnas senior, Kim Swee merupakan pelatih timnas U-23 Malaysia. Prestasinya termasuk mempersembahkan medali emas SEA Games 2011 di Jakarta dengan mengalahkan Indonesia lewat adu penalti di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Wakil Presiden FAM, Datuk Abdul Mokhtar Ahmad, pada awal Januari lalu memberi sinyal bila pihaknya akan lebih memprioritaskan pada calon yang dianggap memiliki lebih banyak pengalaman dengan sepak bola lokal Malaysia.

Dalam pemilihan pelatih timnas Malaysia ini, Kim Swee bersaing dengan Robert Rene Alberts, yang pernah membesut Sarawak FA serta jadi Direktur Teknik FAM pada 2007-2009. Kandidat lain adalah eks pelatih Johor Darul Ta'zim, Bojan Hodak.

Keputusan FAM praktis memupus asa Robert Rene Alberts. Kini, pelatih yang berhasil membawa Arema menjuarai ISL 2010 itu harus mencari pelabuhan lain. Bisa jadi namanya kembali dikaitkan dengan PSM Makassar mengingat pelatih asal Belanda itu beberapa waktu lalu juga menyatakan ketertarikan melatih tim Juku Eja. 

Video Populer

Foto Populer