Sukses


Robert Rene Alberts, di Antara PSM dan Timnas Malaysia

Bola.com, Jakarta - Robert Rene Alberts, yang belakangan namanya kembali muncul sebagai salah satu kandidat pelatih PSM Makassar, rupanya juga sedang jadi perbincangan di Malaysia.

Seperti dilansir dari laman Harian Metro Malaysia, pelatih berkewarganegaraan Belanda itu disebut-sebut masuk dalam bursa pelatih timnas senior Malaysia menggantikan Dollah Salleh yang mundur pada 4 September lalu selepas kekalahan telak 0-10 dari Uni Emirat Arab di Kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup A Zona Asia.

Selain Alberts, nama yang mengapung untuk duduk di kursi panas pelatih Harimau Malaya adalah Ong Kim Swee (pelatih timnas U-23 Malaysia dan pelatih sementara timnas senior) dan Bojan Hodak (bekas pelatih Johor Darul Ta'zim).

Ketiganya dikabarkan masuk dalam tahap akhir penilaian gugus tugas khusus FAM (Asosiasi Sepak Bola Malaysia) dari 84 calon pelatih yang diseleksi.

Seperti di Indonesia, meski kiprahnya tergolong singkat, rekam jejak Alberts di Malaysia masih membekas di kalangan penggemar sepak bola Negeri Jiran. Ia pernah membawa Kedah memenangi Piala Malaysia pada 1993.

Selain itu, Alberts pernah pula duduk di jabatan Direktur Teknik FAM pada 2007-2009. Ketika itu ia membawa road map yang ditawarkannya untuk diterapkan FAM dalam tatanan sepak bola Malaysia, namun tawaran itu ditolak FAM.

Meski begitu, Alberts mengaku terkejut dengan kabar ini. Namun, ia siap bila pada akhirnya ditunjuk FAM menggantikan Dollah Salleh. "Saya tidak tahu siapa yang akan jadi pilihan FAM, tapi saya tertarik membantu timnas ke tingkat lebih baik," ujarnya.

Bagi pelatih berusia 61 tahun itu, tugas melatih timnas jadi sesuatu yang memicu inspirasi setiap pelatih. Ia pun menanti keputusan diumumkan FAM.

"Bila saya kembali ke FAM, rasanya pasti berbeda dibandingkan kedatangan pertama karena ketika itu saya jadi direktur teknik yang bertugas mengarahkan semua tingkatan timnas, tidak hanya pemain senior saja," imbuhnya.

Di sisi lain, beberapa waktu lalu Robert Rene Alberts menyatakan ketertarikannya melatih PSM Makassar. Ia tidak sendirian karena Simon Pablo Elissetche Correa (Cile) juga tertarik melatih tim Juku Eja. Bila dibandingkan Simon, kalangan suporter PSM lebih mendukung Alberts.

Hanya, manajemen PSM Makassar terlihat lebih condong dengan kandida utama, Luciano Leandro. Pelatih asal Brasil itu dikabarkan akan tiba di Makassar pada 7 Januari 2016.

 

 Wenger kritik gol kedua Southampton. Baca di sini untuk berita kompletnya

 

Video Populer

Foto Populer